YouTube Go Sekarang Tersedia di 130 Negara

Home Development YouTube Go Sekarang Tersedia di 130 Negara

-

YouTube Go sekarang tersedia di 130 negara. Aplikasi ini pertama kali diluncurkan di India tahun 2017 lalu. Diperuntukkan bagi pengguna yang berada di lokasi dengan konektivitas data seluler yang berkualitas rendah atau sangat mahal, aplikasi besutan Google ini dirancang untuk meminimalkan penggunaan data ketika mengakses YouTube.

YouTube Go Sekarang Tersedia di 130 Negara

Setelah India, Google meluncurkan YouTube Go ke 14 negara lain dalam satu tahun terakhir, dan, hari ini, YouTube Go telah tersedia di lebih dari 130 negara. Mereka juga menambahkan beberapa fitur ke dalam aplikasi YouTube Go; yaitu kemampuan untuk melakukan streaming video dengan kualitas tinggi, dan fitur untuk menampilkan hasil rekomendasi yang lebih sesuai dengan personalisasi pengguna.

Baca juga: 10 Video YouTube Yang Paling Populer untuk Tahun 2017

YouTube Go pada dasarnya memiliki fitur yang sama dengan aplikasi YouTube biasa. Hanya saja, YouTube Go memiliki banyak opsi untuk pengelolaan penggunaan data. Pengguna dapat mendownload video dengan tiga ukuran kualitas video yang berbeda. Pengguna juga dapat mengirim video hasil dowload tersebut ke ponsel lain tanpa mengakses data sama sekali. Pengiriman video dari suatu perangkat ke perangkat yang lain dapat dilakukan melalui Bluetooth atau Wi-Fi Direct. Aplikasi YouTube Go juga dilengkapi fitur pratinjau video, sehingga pengguna dapat melihat sekilas video tersebut sebelum melakukan streaming atau mendownloadnya. Aplikasi ini sendiri berukuran kurang dari 10MB. Google secara khusus membuatnya untuk ponsel low-end dengan kapasitas penyimpanan ruang yang cenderung sedikit.

YouTube Go Sekarang Tersedia di 130 Negara
Credit: Google Play

YouTube Go adalah bagian dari rangkaian aplikasi untuk OS Android Go; yang dirancang untuk digunakan pada perangkat kelas bawah dengan memori dan penyimpanan terbatas. Aplikasi ini masuk dalam golongan yang sama seperti aplikasi Maps Go, Datally dan Files Go, dan akan digabungkan pada ponsel dengan OS yang optimal, Android Go.

Baca juga: YouTube Remix: Layanan Streaming Lagu dari Google

Google masih memfokuskan perilisan aplikasi YouTube Go di negara-negara dengan konektivitas data yang kurang ideal. YouTube Go kini tersedia untuk diunduh dari Google Play Store di negara-negara termasuk Indonesia, Nigeria, dan Thailand.

Dikutip dari TechRadar, Google masih tidak mempunyai rencana untuk meluncurkannya di negara-negara dengan konektivitas internet yang lebih mapan dan terjangkau, termasuk Amerika Serikat, Inggris dan Australia.

Pengguna, khususnya yang berasal dari Indonesia, sudah dapat mendownload YouTube Go di Google Playstore. Untuk alternatif lain, pengguna dapat mendownloadnya melalui APK Mirror.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

4 Emulator NES Terbaik di Android

Setelah sebelumnya menulis tentang beberapa emulator SNES terbaik di Android, kali ini saya ingin membahas terkait hal yang sama, namun untuk pendahulunya, yaitu NES...

RPAN: Reddit Uji Coba Fitur ‘Livestreaming’

Reddit sedang mengadakan uji coba fitur livestreaming yang sering kita jumpai di platform seperti YouTube dan Twitch. Fitur ini diumumkan hari ini, dan diberi...

PUBG Hadirkan Fitur ‘Cross-play’ untuk Xbox One dan PS4

PUBG Corporation, pengembang game battle royale PlayerUnknown's Battleground (PUBG), memberikan beberapa pengumuman pada acara livestream Inside Xbox Gamescom. Mereka mengatakan jika sedang bekerja untuk menghadirkan...