Windows Defender Segera Hadir di Mac

Software antivirus baru di Mac dari Microsoft.

Home Development Windows Defender Segera Hadir di Mac

-

Microsoft kemarin mengumumkan jika Windows Defender akan segera hadir di Mac OS. Untuk itu, namanya juga diperbarui, dari Windows Defender Advance Threat Protection (ATP) menjadi Microsoft Defender Advance Threat Protection (ATP). Sama seperti di Windows, Defender di Mac juga akan menawarkan perlindungan penuh terhadap virus dan ancaman lainnya; termasuk juga fitur pemindaian cepat dan keseluruhan.

Windows Defender Segera Hadir di Mac

Melalui program ini, Microsoft juga telah mennciptakan klien Defender ATP khusus untuk Mac, dengan menggunakan Threat and Vulnerability Management (TVM). Tugasnya adalah untuk memfasilitasi para profesional TI dalam menemukan, memprioritaskan, dan memulihkan kerentanan yang ditemukan dan kesalahan konfigurasi yang dieksploitasi oleh ancaman virus.

Berikut adalah fitur-fitur TVM yang dijanjikan Microsoft:

  • Wawasan real-time dari hasil deteksi yang berkorelasi dengan titik akhir kerentanan;
  • Konteks kerentanan yang menggunakan mesin selama melakukan investigasi;
  • Proses remediasi bawaan melalui integrasi dengan Microsoft Intune dan Microsoft Configuration Manager.

Windows Defender Segera Hadir di Mac
Kredit gambar: Microsoft

Microsoft Defender Advance Threat Protection di Mac kini masih tersedia dalam versi limited preview untuk pengguna bisnis. Microsoft akan menggunakan software AutoUpdate mereka di Mac untuk memastikan Microsoft Defender selalu diperbarui. Selain itu, Microsoft juga mengkonfirmasi jika Microsoft Defender akan dapat dijalankan di perangkat yang menjalankan macOS Mojave, macOS High Sierra, atau macOS Sierra. Pengguna dapat mendaftar untuk mencobanya melalui tautan ini.

Artikel terkait: Microsoft Whiteboard Kini Tersedia untuk Windows

Serangan virus atau malware di MacOS memang jarang sekali kita jumpai, namun bukan berarti tidak ada. Salah satu contohnya adalah kejadian di tahun 2016 lalu. Ada banyak pengguna yang telah menjadi korban ransomware yang meminta korbannya untuk membayar 1 Bitcoin. Ransomware ini merupakan virus pertama yang menyerang Mac, yang juga mengakibatkan kepanikan pengguna dari selurh dunia.

Microsoft sepertinya ingin mengisi peluang tersebut, yaitu untuk menyediakan perlindungan pengguna terhadap serangan virus di Mac, atau di platform lain. Kemarin, Microsoft juga sempat mengumumkan jika mereka telah merilis ekstensi Windows Defender di Chrome dan Firefox, yang semulanya hanya eksklusif untuk Microsoft Edge. Microsoft saat ini juga sedang gencar memperlihatkan dukungannya untuk komunitas Open Source, di mana mereka terakhir telah merilis kode sumber dari Kalkulator. Hal ini tidak menutup kemungkinan jika nantinya Microsoft juga akan merilis Defender di Linux.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Facebook Menguping Pesan Suara di Messenger

Facebook selama ini telah membayar orang atau kontraktor untuk menguping percakapan pengguna di Messenger, dengan mentranskrip audio dari pesan suara. Menurut laporan dari Bloomberg,...

4 Emulator SNES Terbaik di Android

SNES, atau Super Nintendo Entertainment System, adalah salah satu konsol klasik terbaik yang pernah ada. Mario, Zelda, Mario Kart, dan Metroit adalah sebagian dari...

Automattic, Pemilik WordPress, Beli Tumblr dari Verizon

Menurut laporan dari The Wall Street Journal, Verizon resmi menjual Tumblr ke Automattic Inc. Ketentuan dari kesepakatan pembelian ini dirahasiakan, namun jumlahnya 'lebih kecil'...