Windows 95 Kini Tersedia dalam Bentuk Aplikasi

Home Development Windows 95 Kini Tersedia dalam Bentuk Aplikasi

Windows 95 merupakan sistem operasi yang dirilis oleh Microsoft pada tahun 1995, sebelum digantikan oleh Windows 98 pada tahun 1998. Bagi sebagian orang yang telah mengenal komputer pada tahun tersebut, Windows 95 merupakan bagian dari pengalaman pertama mereka dengan komputer. Di era digital sekarang, Windows jadul ini mungkin sudah tidak banyak digunakan lagi; kecuali bagi mereka yang ingin bernostalgia. Kabar baiknya, Windows 95 kini tersedia dalam bentuk aplikasi yang dapat diunduh dan diinstall di Mac, Windows, dan Linux.

Windows 95 Kini Tersedia dalam Bentuk Aplikasi

Dikembangkan oleh developer dari Slack, Felix Rieseberg, aplikasi Windows 95 ini dapat diunduh pengguna melalui GitHub dengan ukuran file sekitar 129MB. Aplikasi ini berbasis pada Electron, suatu framework untuk membangun aplikasi cross-platform dengan HTML dan CSS. Pada halaman GitHub tadi, selain installer dari aplikasi Windows 95, Rieseberg juga membagikan kode sumber dari proyek ini.

Setelah dijalankan, aplikasi Windows 95 ini hanya akan menggunakan sekitar 200MB RAM dari komputer pengguna; bahkan juga saat menjalankan semua program utilitas, aplikasi, dan game pada sistem Windows 95 lama. Jika pengguna mengalami masalah dengan aplikasi ini, pengguna selalu dapat mengatur ulang aplikasi Windows 95 melalui opsi di dalam aplikasi dan memulainya dari awal lagi.

Windows 95 Kini Tersedia dalam Bentuk Aplikasi
Credit: Felix Rieseberg / GitHub

Baca juga: Bermain Game Windows di Linux melalui Steam Play

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengunduh dan menginstall aplikasi Windows 95 di Mac, Windows, maupun Linux:

  • Kunjungi halaman GitHub, tempat di mana aplikasi ini pertama kali diumumkan oleh pengembangnya Felix Rieseberg;
  • Download file yang tersedia di sana: windows95-1.1.0-macos.zip untuk Mac, windows95-1.1.0-setup-x64.exe untuk Windows, dan windows95_1.1.0_amd64.deb untuk Linux;
  • Install seperti biasa, sesuai dengan OS yang sedang dipakai.

Installer dari aplikasi ini mungkin hanya berukuran kurang lebih 129MB, namun ketika telah diinstall, aplikasi ini akan memakan ruang sekitar 450MB dari penyimpanan pengguna.

Aplikasi seperti Wordpad, telepon dialer, MS Paint, dan Minesweeper semua berjalan seperti yang diharapkan. Keyboard sepenuhnya juga telah terintegrasi dengan baik. Sayangnya, tidak semua fitur dan aplikasi pada Windows 95 dapat dijalankan melalui aplikasi ini. Internet Explorer, sebagai contoh, tidak sepenuhnya dapat berfungsi karena tidak bisa aplikasi ini tidak dapat terkoneksi pada internet. Meskipun begitu, aplikasi ini patut dicoba bagi yang ingin bernostalgia, maupun juga bagi mereka yang ingin merasakan bagaimana rasanya menjalankan Windows 95.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Pandora Luncurkan Aplikasi untuk Mac

Pandora, platform streaming musik dan radio, akhirnya meluncurkan aplikasi native untuk desktop yang saat ini hanya tersedia bagi pengguna Mac, dengan dukungan untuk Windows...

Glass Enterprise 2: Perangkat AR Terbaru dari Google

Google telah merilis perangkat AR terbaru mereka yang diberi nama Glass Enterprise Edition 2. Perangkat ini merupakan perangkat kacamata pintar, dan merupakan penerus dari...

Versi Pratinjau Microsoft Edge Tersedia untuk Mac

Pertama kali diumumkan pada Desember kemarin, dan sempat dipamerkan melalui acara Microsoft Build 2019 beberapa minggu lalu, Microsoft kini resmi merilis versi pratinjau dari...