Windows 10 ‘May 2019 Update’ Resmi Tersedia

Membawa beberapa fitur baru yang menarik untuk dicoba.

Home Development Windows 10 'May 2019 Update' Resmi Tersedia

-

Microsoft merilis Windows 10 May 2019 Update beberapa hari lalu untuk semua pengguna. Sebelumnya, update ini pertama kali dirilis melalui jalur Release Preview untuk pengguna yang terdaftar di Windows Insider Program. Hal tersebut dilakukan Microsoft untuk mengatasi dan menghindari masalah-masalah yang dapat muncul kedepannya.

Windows 10 ‘May 2019 Update’ Resmi Tersedia

Ada beberapa fitur baru yang dibawa oleh update ini. Salah satu yang paling menarik adalah fitur ‘Light theme’ yang telah didesain ulang. Meskipun sebagian besar antarmuka Windows 10 didesain dengan warna putih, ada sebagian elemen yang dilatar belakangi dengan warna hitam transparan, seperti Taskbar dan Start Menu. ‘Light theme’ akan mempercantik antarmuka tersebut dengan merubah warna elemen yang dimaksud menjadi putih seutuhnya.

Windows 10 May 2019 Update

Selain ‘Light theme,’ ada juga beberapa fitur lainnya yang cukup menarik perhatian. Berikut adalah beberapa perubahan yang dibawa Microsoft melalui Windows 10 May 2019 Update:

  • Ada dukungan untuk Kaomoji, seperti (⊃。•́‿•̀。)⊃, ヽ(ˇヘˇ)ノ, ٩(╬ʘ益ʘ╬)۶, dll;
  • Aplikasi kini dapat dijalankan melalui jendela ‘sandbox’ sebagai alat untuk meningkatkan keamanan. Cara kerjanya hampir sama seperti ketika menjalankan sebuah ‘virtual machine,’ namun dengan proses yang lebih sederhana;
  • Cortana dan Search kini dipisah agar tidak membingungkan;
  • Ada aplikasi baru bernama Snip & Sketch yang menggantikan Snipping Tool untuk mengambil tangkapan layar;
  • Update ‘major’ kini dapat diatur untuk tidak dipasang secara otomatis. Pembaruan keamanan juga dapat ditunga hingga 5 minggu.

Selain itu, setelah mendapatkan update ini, pengguna juga dapat mencopot pemasangan aplikasi bawaan Windows, seperti 3D Viewer, Calculator, Groove Music, Mail and Calendar, Movies & TV, Paint 3D, Snip & Sketch, Sticky Notes, dan Voice Recorder. Kabar baik bagi pengguna yang tidak menginginkan atau yang jarang memakai aplikasi-aplikasi tersebut.

Artikel terkait: Windows Defender Segera Hadir di Mac

Bersamaan dengan perilisan update ini, Microsoft juga meluncurkan Windows Release Health, sebuah program yang berfungsi untuk menerangkan status dan masalah-masalah yang berpotensi muncul di May 2019 Update ini atau di update reguler lainnya. Mungkin, program ini dirancang untuk tidak mengulangi masalah seperti yang muncul pada peluncuran October 2018 Update lalu, yang menyebabkan Windows menghapus berkas-berkas pengguna.

Pengguna dapat mengunduh Windows 10 May 2019 Update langsung dari menu Windows Update, yang dapat diakses melalui Settings > Update & Security > Windows Update. Selain dari menu tersebut, pengguna juga dapat menggunakan Windows 10 Media Creation Tool.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

4 Emulator NES Terbaik di Android

Setelah sebelumnya menulis tentang beberapa emulator SNES terbaik di Android, kali ini saya ingin membahas terkait hal yang sama, namun untuk pendahulunya, yaitu NES...

RPAN: Reddit Uji Coba Fitur ‘Livestreaming’

Reddit sedang mengadakan uji coba fitur livestreaming yang sering kita jumpai di platform seperti YouTube dan Twitch. Fitur ini diumumkan hari ini, dan diberi...

PUBG Hadirkan Fitur ‘Cross-play’ untuk Xbox One dan PS4

PUBG Corporation, pengembang game battle royale PlayerUnknown's Battleground (PUBG), memberikan beberapa pengumuman pada acara livestream Inside Xbox Gamescom. Mereka mengatakan jika sedang bekerja untuk menghadirkan...