Tor Browser Resmi Diluncurkan di Android

Home Development Tor Browser Resmi Diluncurkan di Android

Setalah sekian lama ditunggu kehadirannya, Tor Project akhirnya merilis browser web mereka untuk pengguna Android. Tor Browser resmi diluncurkan di Android dalam versi alpha. Aplikasi ini dapat diunduh pengguna melalui Play Store Google dan halaman web resmi Tor Project. Meskipun masih dalam versi alpha, Tor Browser di Android ini juga menyediakan perlindungan privasi yang sama dengan versi desktop.

Tor Browser Resmi Diluncurkan di Android

Sebagai aplikasi untuk melindungi privasi di internet, Tor Browser menyalurkan lalu lintas internet penggunanya melalui jaringan Tor yang terletak pada server terpilih yang beroperasi di seluruh dunia. Dengan melakukan hal ini, Tor Browser dapat menyembunyikan aktivitas internet penggunanya dengan mengacak detail lokasi dan alamat IP mereka.

Tor browser Banyak digunakan UNTUK MENGAKSES DARK WEB

Mengakses jaringan Tor di Android sebelumnya dapat dilakukan melalui aplikasi lain bernama Orfox. Aplikasi ini dikembangkan oleh kelompok aktivis dengan nama Project Guardian. Namun, Tor Project mengatakan bahwa Orfox akan berhenti beroperasi awal tahun depan; di mana versi stable dari aplikasi resmi Tor Browser diharapkan telah tersedia.

Tor Browser Resmi Diluncurkan di Android
Credit: Tor Blog

Baca juga: Firefox Quantum: Versi Terbaru Mozilla Firefox

Selain itu, pengguna juga perlu menginstall Orbot untuk sepenuhnya dapat menggunakan Tor Browser yang masih dalam versi alpha ini. Orbot adalah aplikasi proxy seluler yang akan membantu browser terhubung ke jaringan Tor. Untuk rilisan mendatang setelah keluar dari versi alpha, Tor Project mengatakan menginstall aplikasi semacam Orbot tidak perlu lagi diperlukan untuk menjalankan Tor Browser.

Menurut daftar fitur yang dirilis oleh Tor Project, Tor Browser di Android dilengkapi dengan:

  • Tracker Blocker; Tor Browser mengisolasi setiap pengguna yang mengunjungi suatu situs web, sehingga pelacak pihak ketiga dan iklan tidak dapat mengikutinya. Cookie apa pun akan secara otomatis dihapus saat pengguna selesai melakukan browsing.
  • Fingerprinting Protection; Fingerprinting dilakukan untuk menyimpan informasi pengguna berdasarkan informasi browser dan perangkat mereka. Tor Browser di Android akan mempersulit web untuk melakukan fingerprinting terhadap pengguna.
  • No ISP Blocks; Pengguna akan bebas mengakses situs apa pun, bahkan yang situs yang telah diblokir oleh ISP lokal.
  • Connections Through the Tor Network; Pengguna akan menggunakan jaringan yang terhubung dengan Tor.
  • Multi-Layered Encryption; Semua traffic yang diakses dengan jaringan Tor telah dienkripsi dengan bantuan protokol Onion.

Untuk versi iOS, Tor Project tidak mengatakan jika berencana untuk mengembangkannya dalam waktu dekat. Namun, mereka merekomendasikan bahwa pengguna iOS dapat menggunakan aplikasi Onion Browser yang dikembangkan oleh Mike Taggs.

SumberTor Blog

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Browser Brave Rilis Iklan yang Membayar Pengguna

Browser Brave hari ini merilis Brave Ads, platform periklanan digital miliknya, untuk pengguna desktop di Kanada, Perancis, UK, dan Amerika Serikat. Melalui Brave Ads,...

Google Fit Resmi Tersedia untuk Perangkat iOS

Google Fit, aplikasi pencatat kesehatan yang dikembangkan oleh Google, resmi tersedia untuk perangkat iOS. Aplikasi ini pertama kali dirilis oleh Google pada 2014 lalu....

Tech & Society: Sebuah Podcast dari Mark Zuckerberg

Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg, resmi memiliki sebuah podcast sendiri. Diumumkan melalui akun Twitter milik Facebook, Zuckerberg melalui podcast-nya ingin membahas bagaimana perkembangan...