Telegram Memperkenalkan Fitur Passport untuk Verifikasi Online

Home Development Telegram Memperkenalkan Fitur Passport untuk Verifikasi Online

-

Telegram memperkenalkan fitur Passport, sebuah opsi sistem Single-Sign On (SSO) untuk layanan atau web yang membutuhkan ID atau dokumen asli penggunanya. Melalui Passport, Telegram akan menyimpan ID pengguna yang telah diunggah di sistem cloud mereka. Fitur ini diharapkan dapat mengurangi kerumitan yang akan dialami pengguna ketika harus mem-verifikasi identitasnya di suatu layanan yang memerlukan ID.

Telegram Memperkenalkan Fitur Passport

Telegram menargetkan pengguna untuk menggunakan Telegram Passport login ketika mendaftar di suatu layanan, seperti layanan keuangan atau ICO; yang cenderung membutuhkan kartu ID, paspor, atau dokumentasi lain dari pengguna. Dengan Passport, pengguna nantinya dapat mengunggah dokumen dan informasi pribadi. Melalui dokumen yang telah diunggah, pengguna nantinya tidak perlu lagi mem-verifikasi identitas ketika mendaftar pada jenis layanan yang disebutkan tadi.

Dengan adanya Fitur Passport ini, tentu saja ada kekhawatiran pengguna yang ditimbulkan. Di zaman di mana serangan cyber dan pelanggaran privasi meningkat, memberikan informasi rahasia pengguna tentu merupakan hal yang meresahkan. Namun, Telegram mengatakan jika pengguna tidak perlu khawatir karena data yang diunggah pengguna diamankan dengan enkripsi end-to-end. Selain itu, semua data pengguna juga dienkripsi dengan kata sandi. Telegram mengklaim bahwa mereka tidak akan dapat mengakses data pengguna; hanya pengguna dan layanan yang dipilih dapat melihat dokumen dan informasi pengguna. Jadi, data identitas pengguna yang diunggah ke sistem cloud Telegram akan bersifat rahasia.

Telegram Memperkenalkan Fitur Passport

Baca juga: WhatsApp Merilis Fitur One-way Messaging untuk Group Chat

Karena fitur ini adalah fitur baru, pengembang perlu mengintegrasikan Passport ke layanan mereka terlebih dahulu sebelum dapat digunakan. Untuk saat ini, hanya ada satu layanan yang mendukung Telegram Passport. Layanan tersebut adalah ePayments.com, sebuah sistem layanan pembayaran online. Selain itu, Telegram juga menyediakan halaman tryout untuk mencoba fitur Passport ini.

Update untuk pembaruan fitur (v4.9) ini sudah dapat pengguna unduh melalui Play Store untuk pengguna Android, dan App Store untuk pengguna iOS. Pengguna dapat menggunakan fitur ini dengan mengakses Settings > Privacy & Security > Telegram Passport.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

4 Emulator NES Terbaik di Android

Setelah sebelumnya menulis tentang beberapa emulator SNES terbaik di Android, kali ini saya ingin membahas terkait hal yang sama, namun untuk pendahulunya, yaitu NES...

RPAN: Reddit Uji Coba Fitur ‘Livestreaming’

Reddit sedang mengadakan uji coba fitur livestreaming yang sering kita jumpai di platform seperti YouTube dan Twitch. Fitur ini diumumkan hari ini, dan diberi...

PUBG Hadirkan Fitur ‘Cross-play’ untuk Xbox One dan PS4

PUBG Corporation, pengembang game battle royale PlayerUnknown's Battleground (PUBG), memberikan beberapa pengumuman pada acara livestream Inside Xbox Gamescom. Mereka mengatakan jika sedang bekerja untuk menghadirkan...