Steam Link Resmi Tersedia untuk Perangkat iOS

Pengguna kini bisa memainkan game-game di Steam menggunakan perangkat iOS.

Home Development Steam Link Resmi Tersedia untuk Perangkat iOS

Steam Link resmi tersedia untuk perangkat iOS, termasuk iPhone, iPad, dan juga Apple TV. Setahun sebelumnya, Apple mencabut perizinan aplikasi besutan Valve ini untuk dirilis di App Store karena adanya “konflik bisnis,” yang nampaknya sekarang telah terselesaikan.

Steam Link Resmi Tersedia untuk Perangkat iOS

Dikutip dari The Verge, Steam Link mulai dikembangkan Valve sekitar satu tahun lalu. Aplikasi ini merupakan pengganti dari Steam Link “box” yang telah dihentikan produksinya. Steam Link berfungsi untuk memungkinkan pengguna memainkan game-game dari Steam di perangkat Android dan iOS. Game-game tersebut di-stream dari PC yang terhubung di jaringan yang sama dengan perangkat yang digunakan.

Steam Link iOS
Kredit gambar: Steam

Ketersediaan Steam Link secara resmi di App Store bukanlah yang pertama kalinya. Setahun sebelumnya, setelah pertama kali disetujui untuk diunggah di App Store, Apple mencabut persetujuannya karena Steam Link diduga memiliki konflik bisnis dengan pedoman App Store yang tidak diketahui oleh tim peninjau. Steam juga telah mengajukan banding, menjelaskan jika “Steam Link hanya berfungsi sebagai aplikasi pengontrol desktop jarak jauh berbasis LAN, yang mirip dengan banyak aplikasi pengontrol desktop jarak jauh lainnya yang sudah tersedia di App Store.” Namun, ajuan banding tersebut ditolak mentah-mentah oleh Apple.

Artikel terkait: Bermain Game Windows di Linux melalui Steam Play

Sekarang, masalah tersebut nampaknya sudah terselesaikan. Pengguna iOS sudah dapat mengunduh Steam Link langsung dari App Store. Meskipun begitu, tidak seperti di Android, ketersediaannya di App Store mengharuskan Valve untuk menghapus fitur pembelian game di Steam melalui Steam Link. Sepertinya, hal ini berkaitan dengan masalah yang sedang menimpa Apple terkait praktek monopoli di App Store.

Untuk mendapatkan kinerja terbaik dari Steam Link, PC yang melakukan streaming harus terhubung ke router pengguna melalui kabel. Perangkat iOS yang digunakan juga harus terhubung dengan jaringan WiFi yang sama yang menggunakan pita frekuensi 5Ghz. Meskipun masih belum muncul di pencarian App Store, pengguna dapat mengunduh Steam Link langsung melalui tautan berikut.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Pandora Luncurkan Aplikasi untuk Mac

Pandora, platform streaming musik dan radio, akhirnya meluncurkan aplikasi native untuk desktop yang saat ini hanya tersedia bagi pengguna Mac, dengan dukungan untuk Windows...

Glass Enterprise 2: Perangkat AR Terbaru dari Google

Google telah merilis perangkat AR terbaru mereka yang diberi nama Glass Enterprise Edition 2. Perangkat ini merupakan perangkat kacamata pintar, dan merupakan penerus dari...

Versi Pratinjau Microsoft Edge Tersedia untuk Mac

Pertama kali diumumkan pada Desember kemarin, dan sempat dipamerkan melalui acara Microsoft Build 2019 beberapa minggu lalu, Microsoft kini resmi merilis versi pratinjau dari...