5 Situs Edit Foto Terbaik Edisi 2019

Situs-situs berikut dapat diandalkan untuk mengedit foto ketika tidak dapat mengakses software edit foto yang biasa dipakai.

Home Listicle 5 Situs Edit Foto Terbaik Edisi 2019

Ada banyak sekali situs edit foto yang dapat diakses online di internet. Kebanyakan dari situs-situs tersebut memiliki kinerja yang sangat terbatas. Saya sendiri lebih terbiasa menggunakan software yang sudah terpasang daripada harus membuka sebuah situs. Namun, keadaan terkadang mengharuskan saya untuk melakukannya. Untuk itu, saya sudah merangkum beberapa situs edit foto terbaik yang dapat pengguna gunakan secara online.

Situs edit foto yang bagus menurut saya adalah yang memiliki fitur-fitur yang lengkap. Fitur-fitur yang saya maksud meliputi alat seperti layers, customizable brushes, masks, dan curves, seperti yang ada di software edit foto professional. Situs-situs tersebut juga harus gampang diakses dan memiliki kompatibilitas yang luas. Satu lagi, karena saya sudah terbiasa dengan Photoshop, situs edit foto yang dapat mengimpor dan mengekspor file format .psd akan mempunyai nilai tambah.

Berikut adalah daftar situs edit foto terbaik yang menurut saya memiliki fitur yang banyam dan kinerja yang bagus. Situs-situs berikut dapat diandalkan sebagai alternatif dari Photoshop, atau software edit foto lain yang biasa pengguna gunakan.

5 Situs Edit Foto Terbaik Edisi 2019

1. Photopea

Situs edit foto terbaik yang pertama ingin saya bahas adalah Photopea. Nilai jual unik Photopea adalah kemampuannya untuk mengimpor, membuka dan mengekspor file Photoshop berformat .psd. Selain itu, situs ini juga menggunakan shortcut keyboard yang sama seperti di Photoshop. Tidak seperti edit foto kebanyakan, situs web Photopea sudah berbasis HTML5. Jadi, pengguna dapat langsung membuka website Photopea tanpa harus menggunakan plugin tambahan.

Situs edit foto terbaik
Photopea

Dari segi tampilannya, Photopea juga memiliki antarmuka yang sangat mirip dengan Photoshop. Jadi, sudah jelas sekali jika semua toolnya akan mudah dikenali, dan menu-menunya juga telah ditata dengan rapi.

Selain itu, pengguna juga dapat mengerjakan beberapa gambar secara bersamaan, dan dapat menggunakan tab di browser untuk mengerjakan gambar yang lain. Photopea juga mendukung layers dan masks (raster dan vector). Ada juga alat seperti brushes and color editing tools, filters, and advanced text editing tools untuk menunjang pekerjaan editing pengguna.

Versi premium Photopea akan menghapus iklan yang ada di situs. Namun, versi gratisnya meniloki kinerja dan dapat berfungsi sama persis dengan versi premium.

2. Pixlr Editor

Pixlr Editor dapat membuka semua format file gambar populer, termasuk .psd. Situs ini dapat mengekspor file sebagai JPG, PNG, BMP dan PXD. Sayangnya, situs ini tidak dapat mengekspor file dalam bentuk .psd. Antarmuka situs ini juga tampak sangat bagus, dan tool-tool di dalamnya juga ditata dengan rapi. Ada tool layers dan masks, automatic dan manual color adjustments.

Situs edit foto terbaik
Pixlr

Pixlr Editor adalah salah satu situs edit foto terbaik yang paling mudah diakses. Alat ini tersedia dalam 28 bahasa, dan memiliki halaman FAQ yang komprehensif. Kelemahan pada Pixlr Editor terletak di basis websitenya sendiri. Situs ini menggunakan Flash, bukan HTML5. Jadi, pengguna harus memasang plugin untuk menggunakannya. Namun, tampaknya pengembang Pixlr Editor akan merubah websitenya menggunakan HTML5 dalam waktu dekat.

Update: Pixlr sudah mendukung HTML5, dengan nama Pixlr X. Pengguna dapat mengaksesnya melalui tautan berikut.

Artikel terkait: 7 Aplikasi Desain Grafis Terbaik di Android Edisi 2019

3. Sumo Paint

Sumo Paint berbasis Flash, jadi pengguna harus memasang plugin terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Seperti namanya, Sumo Paint merupakan situs edit foto yang berfokus pada penerapan filter. Namun, situs edit foto ini juga memiliki beragam tool lain yang mendukung editing foto secara manual, membuatnya menjadi salah satu situs edit foto terbaik saat ini.

Situs edit foto terbaik
Sumo Paint

Sumo Paint cukup unik karena memiliki fitur yang mengizinkan pengguna untuk lebih kreatif. Fitur yang ditawarkan bermacam-macam, mulai dari adjustable size, orientation, scattering, gravity, ditambah pilihan lain seperti random rotation, smoothing dan wet edges untuk membuat efek cat yang realistis.

Sumo Paint juga mendukung fitur layers dan menyertakan pilihan untuk memanipulasi layer-layer tersebut. Namun, Sumo Paint untuk saat ini tidak mempunyai fitur masker. Fitur Sumo Paint yang lain adalah kemampuannya untuk menyimpan hasil editing pengguna di server cloudnya.

Pengguna dapat berlangganan Pro untuk menghapus iklan dari situs. Namun, iklan-iklan yang ada di situs menurut saya tidak mengganggu dan tidak merusak kenyaman ketika dalam menggunakan Sumo Paint.

4. Polarr

Polarr tersedia dalam bentuk software desktop premium dan situs web. Seperti kebanyakan, versi web memiliki beberapa keterbatasan. Namun, versi web Polarr juga masih dapat diandalkan. Sama seperti Sumo Paint, Polarr juga merupakan situs edit foto yang berfokus pada penerapan filter.

Situs edit foto terbaik
Polarr

Polarr memberi pengguna pilihan layout ‘Express’ dan ‘Pro,’ yang mirip dengan Photoshop. Antarmuka dari situs ini bersih, namun ada beberapa icon yang mungkin terlihat sedikit membingungkan di awal penggunaan. Untuk itu, disediakan fitur tooltips yang dapat membantu memperjelas fungsi dari setiap icon tersebut.

Polarr juga sudah dilengkapi dengan shortcut keyboard, yang merupakan fitur langka untuk dimiliki sebuah situs web edit foto.

Berikut adalah tool-tool yang ada di Polarr:

  • Adjustments (curves, levels and warping)
  • Brushes (masks)
  • Face (untuk mengidentifikasi wajah orang)
  • Filters
  • Text, lines and shapes
  • Cropping

Pengguna juga dapat melakukan undo ketika sedang mengedit foto melalu tab History yang ada di Polarr. Pilihan ekspor file di Polarr juga menarik. Pengguna dapat mengekspor dalam format JPG, TIFF atau PNG, menerapkan watermark sendiri, memilih dari tiga pengaturan kualitas, dan mengubah ukuran gambar jika. Pengguna bahkan dapat menghapus atau mengedit metadata yang ada di gambar.

5. Photo Raster

Photo Raster tidak bisa dianggap sebagai situs edit foto yang disediakan secara gratis seutuhnya. Penggunaanya memerlukan alamat email pengguna yang nantinya akan ditukarkan sebuah lisensi.

Situs edit foto terbaik
Photo Raster

Antarmuma Photo Raster memiliki banyak kesamaan dengan yang ada di GIMP, sebuah software edit foto yang paling pupuler di Linux. Photo Raster saat ini tidak dapat membuka atau mengekspor file .psd. Meskipun begitu, Photo Raster memiliki alat seperti filter dan brush yang dapat bekerja dengan baik.

Photo Raster juga tidak stabil, tidak seperti situs edit foto lainnya. Situs ini kabarnya akan nyaman dijalankan menggunakan browser Safari dan Firefox, namun terkadang membeku saat dijalankan di Chrome.

Catatan: Tool dan fitur yang disebutkan di masing-masing situs di atas adalah sebagian dari tool dan fitur yang ditawarkan oleh setiap situs, dipilih berdasarkan kegunaan dan keunikannya. Pengguna dapat mengunjugi langsung situs tersebut untuk melihat tool dan fitur lengkapnya.

Daftar di atas merupakan kompilasi dari situs edit foto terbaik. Pengguna disarankan untuk memilih salah satu sesuai dengan kebutuhan.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Browser Brave Rilis Iklan yang Membayar Pengguna

Browser Brave hari ini merilis Brave Ads, platform periklanan digital miliknya, untuk pengguna desktop di Kanada, Perancis, UK, dan Amerika Serikat. Melalui Brave Ads,...

Google Fit Resmi Tersedia untuk Perangkat iOS

Google Fit, aplikasi pencatat kesehatan yang dikembangkan oleh Google, resmi tersedia untuk perangkat iOS. Aplikasi ini pertama kali dirilis oleh Google pada 2014 lalu....

Tech & Society: Sebuah Podcast dari Mark Zuckerberg

Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg, resmi memiliki sebuah podcast sendiri. Diumumkan melalui akun Twitter milik Facebook, Zuckerberg melalui podcast-nya ingin membahas bagaimana perkembangan...