Seorang Pakar Security Membuat Wikipedia di Deep Web

Home Internet Seorang Pakar Security Membuat Wikipedia di Deep Web

-

Wikipedia adalah sumber informasi yang sangat penting, dan biasanya sangat mudah diakses untuk di negara-negara Barat. Namun, ada juga negara yang mem-blokir akses penggunanya terhadap website Wikipedia ini. Contohnya Turki, yang memblokir warganya untuk mengakses situs tersebut pada bulan April lalu. Pemerintah Turki waktu itu juga menolak permintaan banding Wikimedia Foundation. Untuk mengatasi hal ini, seorang pakar security membuat Wikipedia di Deep Web. Pembuatan situs unofficial Wikipedia ini ditujukan untuk warga yang negaranya melarang mengakses situs ensiklopedia gratis tersebut. Tujuannya tidak lain supaya pemerintah tidak bisa melacak warganya yang mengakses situs tersebut.

Seorang Pakar Security Membuat Wikipedia di Deep Web

Mantan pakar keamanan Facebook, Alec Muffett, membuat layanan Wikipedia di Deep Web. Situs ini dapat diakses melalui browser Tor, yang tujuannya untuk menyembunyikan identitas penggunanya. Lebih lagi, situs ini juga menggunakan onion servicenya sendiri untuk mengenkripsi semua lalu lintas pengguna dengan aman saat mereka berselancar di website kloning Wikipedia tersebut.

Alec Muffett sendiri telah meluncurkan sebuah onion service untuk Facebook pada tahun 2014. Dia juga kemudian merilis open-source Enterprise Onion Toolkit (EOTK) yang kemudian digunakan The New York Times untuk membangun layanan terenkripsi mereka sendiri. Namun, karena Wikipedia di Deep Web ini sama sekali tidak terafiliasi dengan yayasan Wikimedia, maka hasil karya Muffett ini bida dibilang layanan yang tidak resmi dan mungkin saja masih banyak bug di dalamnya. Website ini menggunakan self-signed certificates yang sepertinya tidak sesuai dengan kebijakan keamanan Tor browser. Jadi, kalian perlu menambahkan pengecualian keamanan untuk halaman Wikipedia di Deep Web ini.

Dikutip dari Engadget, Muffett hanya akan membuat Wikipedia di Deep Web ini online selama beberapa hari ke depan. Wikipedia di Deep Web ini disebut Muffett sebagai sebuah konsep dan pondasi untuk situs ensiklopedia bebas di dark net/deep web. Muffet berharap untuk pihak Wikipedia supaya mengambil langkah untuk membuat karyanya official dan meng-adopsinya untuk dilanjutkan sebagai proyek dari Wikipedia foundation sendiri.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

4 Emulator NES Terbaik di Android

Setelah sebelumnya menulis tentang beberapa emulator SNES terbaik di Android, kali ini saya ingin membahas terkait hal yang sama, namun untuk pendahulunya, yaitu NES...

RPAN: Reddit Uji Coba Fitur ‘Livestreaming’

Reddit sedang mengadakan uji coba fitur livestreaming yang sering kita jumpai di platform seperti YouTube dan Twitch. Fitur ini diumumkan hari ini, dan diberi...

PUBG Hadirkan Fitur ‘Cross-play’ untuk Xbox One dan PS4

PUBG Corporation, pengembang game battle royale PlayerUnknown's Battleground (PUBG), memberikan beberapa pengumuman pada acara livestream Inside Xbox Gamescom. Mereka mengatakan jika sedang bekerja untuk menghadirkan...