Sensor Sidik Jari di Samsung Galaxy S10 Bisa Dikelabui

Butuh waktu kurang dari 3 menit untuk melakukannya.

Home Mobile Sensor Sidik Jari di Samsung Galaxy S10 Bisa Dikelabui

-

Dalam beberapa tahun terakhir, produsen telah banyak membuat inovasi terkait keamanan untuk diimplementasikan di ponsel mereka; mulai dari pola dan kata sandi, pemindai sidik jari, sampai pemindai wajah. Tidak hanya sebagai penunjang keamanan, implementasi tersebut juga terkadang dijadikan sebuah fitur untuk meningkatkan nilai jual ponsel. Untuk itu, Samsung mengimplementasikan pemindai sidik jari ultrasonik pada ponsel flagship mereka, Galaxy S10 dan S10+, yang ternyata masih dapat dikelabui menggunakan sidik jari 3D palsu yang dicetak pengguna.

Sensor Sidik Jari di Samsung Galaxy S10 Bisa Dikelabui

Sensor sidik jari ultrasonik adalah inovasi baru yang diimplementasikan Samsung di ponsel flagship mereka, Galaxy S10 dan Galaxy S10+. Sensor ini berbeda dengan sensor sidik jari pada umumnya. Ditempatkan di layar ponsel, sensor sidik jari ultrasonik di Galaxy S10 dan Galaxy S10+ menggunakan gelombang suara untuk mengidentifikasi sidik jari pengguna. Proses identifikasi dilakukan dengan pemindaian pola sidik jari dan permukaan kulit secara 3D oleh sensor tersebut. Hasilnya diklaim lebih akurat dan dapat memberikan keamanan yang tinggi.

Artikel terkait: Samsung Menguji Koneksi 5G Miliknya di Jepang

Namun, baru-baru ini, pengguna reddit /u/darkshark9 menguji keamanan tersebut dan menemukan cela untuk mengelabui sensor sidik jari di Galaxy S10. Pengguna tersebut menggunakan foto sidik jarinya yang diambil dari gelas dan diproses menggunakan Photoshop untuk membuat kerangkanya. Kerangka tersebut kemudian diekspor ke 3ds Max untuk membuat salinan sidik jarinya dalam bentuk 3D, yang kemudian dicetak menggunakan printer 3D pula. Hasil cetakan 3D sidik jari tersebut kemudian berhasil digunakan untuk mengelabui sensor sidik jari ultrasonik di Galaxy S10.

Sidik Jari Samsung Galaxy S10 Dikelabui
Kredit gambar: /u/darkshark9 / Reddit

Pernah nonton film The Dark Knight Rises di mana Catwoman menggunakan salinan sidik jari Bruce Wayne untuk membuka lemari besi di rumahnya? Kasus ini hampir sama, namun menggunakan model 3D untuk mengelabui sensor sidik jari yang ada di Galaxy S10.

Cela keamanan di sensor sidik jari Galaxy S10 ini tentu akan meresahkan pengguna, terutama mereka yang menyimpan data-data berharga di ponsel. Pembayaran dan aplikasi perbankan juga biasanya menggunakan sensor sidik jari untuk proses autentikasi. “Saya dapat melakukan seluruh proses ini dalam waktu kurang dari 3 menit,” tulis /u/darkshark9. Maka dari itu, penggunaan sidik jari untuk proses autentikasi tidak seaman yang kita kira. Melihat dari kasus ini, sidik jari dapat dicuri dan dipalsukan, bahkan pada ponsel yang canggih sekalipun.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Valve Rilis Aplikasi Steam Chat di iOS dan Android

Valve resmi merilis aplikasi Steam Chat untuk perangkat iOS dan Android. Aplikasi native ini dirancang khusus untuk memudahkan pengguna berkomunikasi dengan pengguna lain yang...

Adobe Premiere Rush Resmi Tersedia di Android

Telah lama dinanti, Adobe kini resmi merilis Premiere Rush untuk perangkat Android. Sebelumnya, Premiere Rush, aplikasi edit video yang dikhususkan untuk content creator, dirilis...

Windows 10 ‘May 2019 Update’ Resmi Tersedia

Microsoft merilis Windows 10 May 2019 Update beberapa hari lalu untuk semua pengguna. Sebelumnya, update ini pertama kali dirilis melalui jalur Release Preview untuk...