• Buletin

Rilisnya Android Oreo di Samsung Galaxy S8 dan S8+

Android Oreo akans segera dirilis untuk ponsel flagship Samsung, Galaxy S8 dan S8 Plus.

Pilihan

9 Distro Linux Terbaik

Linux merupakan sistem operasi (OS) yang bersifat open source, dan telah digunakan oleh banyak pengguna dari berbagai penjuru negara....

Windows OEM dan Perbedaannya dengan Versi Retail

Dua versi Windows yang paling dikenal oleh banyak pengguna adalah Windows OEM dan Windows Retail. Keduanya merupakan produk orisinil...

Facebook Luncurkan Layanan Kencan ‘Facebook Dating’

Facebook resmi meluncurkan layanan kencan mereka, "Facebook Dating." Dimumkan pada acara F8 tahun lalu, Facebook Dating tersedia mulai hari...

iPhone 11 Pro dan Pro Max Hadir dengan Tiga Kamera

Selain iPhone 11, Apple hari ini juga mengumumkan dua model ponsel termahalnya untuk tahun 2019 ini. iPhone 11 Pro...

Tidak lama lagi, Samsung akan merilis Android Oreo di ponsel Galaxy S8 dan S8 Plus, yang juga akan menyertakan Samsung Experience 9.0 Beta. Pembaruan ini akan membawa berberapa perbaikan dan fitur baru, seperti pada sistem notofikasi, pengisian form otomatis, Adaptive Icons, emoji baru, sistem menyalin dan menempal teks yang lebih canggih, dan banyak lagi.

Meskipun akan memperbaruinya ke Android Oreo, menurut sebuah utas di XDA, nampaknya Samsung tidak akan menyertakan Project Treble di Galaxy S8 dan S8 Plus. Project Treble kian menjadi salah satu fitur yang penting untuk dimiliki oleh sebuah ponsel, terutama yag baru saja diperbarui ke Android Oreo. Dengan Project Treble, pabrikan ponsel dapat memperbarui perangkatnya ke OS yang lebih tinggi dengan mudah.

Terlepas dari Project Treble, saya sudah merangkum beberapa fitur baru yang akan ditawarkan di Galaxy S8 dan S8 Plus yang sudah menjalankan Android Oreo. Fitur-fitur barunya meliputi:

1. Good Lock

IKLAN

Android Oreo di Samsung Galaxy S8 dan S8+
Kredit gambar: /u/zOmbieunit / Reddit

Jika pernah menggunakan TouchWiz berbasis Android di Galaxy S7, pengguna pasti telah mengenal dengan antarmuka Good Lock. Good Lock merupakan sebuah aplikasi di Galaxy App Store yang memungkinkan pengguna mengedit tampilan dari TouchWiz.

Tampilan yang dapat diedit adalah elemen-elemen dari antarmuka OS, seperti lock screen, status bar dan juga panel Quick Settings. Menu Recent Apps, yang menunjukkan aplikasi yang baru saja dipakai, juga dapat diedit tanpa akses root.

Pengguna dapat membuat tampilannya menyerupai kartu, seperti yang ada di tangkapan layar di berikut. Penyesuaian ini dipercara oleh banyak pengguna dapat meringankan kinerja ponsel.

2. Samsung Keyboard

Android Oreo di Samsung Galaxy S8 dan S8+
Kredit gambar: SamMobile

Melalui Samsung Experience 9.0, aplikasi keyboard bawaan Samsung juga diperbarui. Samsung menambahkan menu bergaya toolbar untuk mempermudah akses terhadap pengaturan Samsung Keyboard tersebut. Selain itu, Samsung Keyboard juga sudah dilengkapi dengan jalan pintas untuk mengirim GIF dan empat pilihan kontras untuk meningkatkan visibilitas layar.

3. Efek Pencahayaan di Lengkungan Ponsel Edge

Salah satu fitur yang dimiliki oleh Galaxy S8 dan S8 Plus adalah Edge Lighting. Fitur ini  dapat mencerahkan lengkungan layar ponsel AMOLED setiap kali ada notifikasi.

Android Oreo di Samsung Galaxy S8 dan S8+
Kredit gambar: SamMobile

Melalui Samsung Experience 9.0, Edge Lighting akan memiliki efek pencahayaan yang lebih banyak. Akan ada juga efek “Glitter” yang dapat menampilkan urutan warna secara acak, dan efek multi warna yang dapat berputar mengelilingi lengkungan ponsel.

4. Kustomisasi Lock Screen

Samsung Experience 9.0 akan membawa sejumlah opsi penyesuaian terhadap lock screen yang sedang dipakai, termasuk opsi pewarnaan baru yang dapat menyesuaikan warna jam warna latar belakang ponsel. Selain itu, jam yang ada di lock screen juga akan dapat disesuaikan untuk menampilkan jam, menit dan detik secara bersamaan.

Android Oreo di Samsung Galaxy S8 dan S8+
Kredit gambar: GadgetHacks.com

Melalui Samsung Experience 9.0, pengguna juga dapat mengubah gaya dari jam di lock screen tersebut. Kustomisasi terhadap apa yang ditampilkan di AOD (Always On Display) juga akan dapat diatur, serta dapat menyesuaikan opsi transparansi pemberitahuan.

Fitur-fitur lainnya juga meliputi:

  • Meningkatnya kecepatan dan keamanan untuk Samsung Pay;
  • Pemutar video bawaan sekarang juga memiliki kontrol ‘Auto-Repeat’ dan ‘2X Speed’;
  • Adanya notifikasi pemberitahuan untuk melacak jumlah langkah di Samsung Health;
  • Widget jam digital dapat disentuh untuk menampilkan aplikasi Jam.

Sebuah utas di laman XDA menjelaskan secara rinci tentang semua fitur yang “mungkin” akan ditawarkan di Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus melalui Samsung Experience 9.0. Pengguna dapat mengaksesnya melalui tautan berikut.

Pembaruan 15/09/2019: Penyesuaian gambar unggulan dan penambahan anak judul.

IKLAN
ViaXDA

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

5 Aplikasi Keyboard Terbaik di Android

Aplikasi keyboard, atau papan tik, merupakan salah satu komponen penting, dan biasanya, semua ponsel sudah memilikinya sebagai salah satu...

Discord Segera Tutup Katalog ‘Nitro Games’

Discord mengumumkan jika akan menutup layanan Nitro Games, yang menyediakan akses terhadap beberapa gim gratis. Layanan ini merupakan salah satu keuntungan dari berlangganan layanan...

Aplikasi Slack di Desktop Dapatkan Mode Gelap

Slack, melalui sebuah artikel blognya, mengumumkan jika telah merilis 'mode gelap' untuk aplikasinya di desktop, termasuk Windows, Mac, dan Linux. Slack untuk perangkat mobile,...

Firefox Uji Coba Layanan VPN Gratis

Mozilla baru saja meluncurkan layanan VPN gratis miliknya, yang dapat diakses melalui peramban Firefox. Dinamai Firefox Private Network, layanan ini merupakan bagian dari program...