Rilisnya Android Oreo di Samsung Galaxy S8 dan S8+

Home Mobile Rilisnya Android Oreo di Samsung Galaxy S8 dan S8+

-

Melalui Samsung Experience 9.0 beta, tidak lama lagi Samsung akan merilis Android Oreo di Samsung Galaxy S8 dan S8+. Pembaruan ini akan membawa perbaikan seperti pada sistem notification, system-wide autofill, Adaptive Icons, emoji baru, sistem copy-paste yang lebih canggih, dan banyak lagi.

Namun, ada sedikit fitur Android Oreo yang tidak akan diimplementasi ke Samsung Experience 9.0. Salah satu fiturnya adalah Project Treble. Fitur ini merupakan sebuah framework yang dapat menyederhanakan proses pembaruan perangkat lunak untuk penggunanya. Dikutip dari XDA, Project Treble ini mungkin saja akan hadir di Samsung Experience 9.0 jika Samsung memang benar-benar serius terhadap kepentingan fitur ini.

Fitur-fitur Baru Android Oreo di Samsung Galaxy S8 dan S8+

Recent List View via Good Look

Android Oreo di Samsung Galaxy S8 dan S8+
© Reddit /u/zOmbieunit

Jika kalian pernah menggunakan firmware TouchWiz berbasis Android di Galaxy S7, kalian pasti familiar dengan Good Lock. Good Lock merupakan sebuah aplikasi di Galaxy App Store yang memungkinkan pengguna mengedit tampilan dari TouchWiz. Tampilan yang dapat diedit adalah elemen-elemen di UI; mulai dari lock screen, status bar dan juga panel Quick Settings. Bahkan menu Recent Apps, yang biasanya tidak dapat di-tweak di perangkat Android tanpa rooting, dapat diedit agar lebih ringan dan mengubah tampilannya yang mengadopsi card list view.

Meski Good Look tidak ada di Galaxy S8 dan S8+ yang masih berbasis Nougat, namun aplikasi ini akan hadir kembali melalui Samsung Experience 9.0. Pengguna jadi akan dapat mengubah tampilan Recent Apps menjadi card list view yang dipercaya akan meringankan kinerja ponsel.

Samsung Keyboard

Android Oreo di Samsung Galaxy S8 dan S8+
© SamMobile

Samsung Experience 9.0 meningkatkan Keyboard Samsung dengan menambahkan toolbar bergaya Google di atas agar pengaturan keyboard lebih mudah diakses. Keyboardnya sekarang juga dilengkapi dengan shortcut pembuatan GIF dan empat pilihan “kontras” untuk meningkatkan visibilitas layar.

Efek Pencahayaan Pada Lengkungan Ponsel “Edge”

Salah satu fitur Galaxy S8 dan S8+ adalah Edge Lighting, yang mencerahkan lengkungan layar ponsel AMOLED setiap kali ada notifikasi.

Android Oreo di Samsung Galaxy S8 dan S8+
© SamMobile

Pada Android Oreo di Samsung Galaxy S8 dan S8+, Edge Lighting memiliki efek pencahayaan yang lebih banyak. Pertama adalah pilihan cahaya yang lebih halus dari pada penerangan default. Ada efek glitter yang memainkan urutan warna secara acak, dan efek multi warna yang dapat berputar mengelilingi lengkungan ponsel.

Kustomisasi Warna Pada Folder

Meskipun nyatanya TouchWiz susah sekali untuk dilakukan kustomisasi, masih ada fitur yang layak untuk dilirik. Dengan update Oreo, launcher Samsung ini akan mendapatkan beberapa fitur kustomisasi dengan berbagai pilihan.

Android Oreo di Samsung Galaxy S8 dan S8+
© GadgetHacks.com

Android Oreo di Samsung Galaxy S8 dan S8+ juga menambahkan pengaturan untuk mewarnai folder tertentu pada launcher. Warna dapat dipilih melalui color wheels, yang tentunya akan membuat pengguna dapat memilih sekian banyaknya warna yang disediakan.

Kustomisasi Lock Screen

Oreo membawa sejumlah opsi penyesuaian terhadap lock screennya, termasuk opsi pewarnaan baru yang dapat menyesuaikan warna jam pada lockscreen dengan warna background ponsel. Selain itu, format waktu jam widget bisa diubah untuk menampilkan jam, menit dan detik secara bersamaan.

Android Oreo di Samsung Galaxy S8 dan S8+
© GadgetHacks.com

Pada update Android Oreo di Samsung Galaxy S8 dan S8+, kalian juga dapat mengubah style jam di lock screen dan juga di AOD (Always On Display), dan juga dapat menyesuaikan opsi transparansi pemberitahuan.

Fitur-fitur lainnya juga meliputi:

  • Meningkatnya kecepatan dan keamanan untuk Samsung Pay;
  • Pemutar video bawaan sekarang juga memiliki kontrol ‘Auto-Repeat’ dan ‘2x speed’;
  • Adanya notifikasi pemberitahuan untuk melacak jumlah langkah di Samsung Health;
  • Widget jam digital dapat desentuh untuk menampilkan aplikasi Jam.

Untuk fitur-fitur lengkap dari Android Oreo di Samsung Galaxy S8 dan S8+, kalian dapat mengunjung thread tentang Samsung Experience 9.0 ini di XDA.

ViaXDA

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Valve Rilis Aplikasi Steam Chat di iOS dan Android

Valve resmi merilis aplikasi Steam Chat untuk perangkat iOS dan Android. Aplikasi native ini dirancang khusus untuk memudahkan pengguna berkomunikasi dengan pengguna lain yang...

Adobe Premiere Rush Resmi Tersedia di Android

Telah lama dinanti, Adobe kini resmi merilis Premiere Rush untuk perangkat Android. Sebelumnya, Premiere Rush, aplikasi edit video yang dikhususkan untuk content creator, dirilis...

Windows 10 ‘May 2019 Update’ Resmi Tersedia

Microsoft merilis Windows 10 May 2019 Update beberapa hari lalu untuk semua pengguna. Sebelumnya, update ini pertama kali dirilis melalui jalur Release Preview untuk...