Qualcomm Merilis Daftar Laptop Yang Menggunakan Prosesor Snapdragon

Qualcomm menyebut laptop dan perangkat komputer yang menggunakan prosesor atau chipset Snapdragon dengan sebutan Always Connected PCs.

Home Enterprise Qualcomm Merilis Daftar Laptop Yang Menggunakan Prosesor Snapdragon

Perilisan Snapdragon 845 bukanlah satu-satunya diumumkan oleh Qualcomm di Snapdragon Technology Summit di Mauwi, Hawaii pada hari Selasa. Namun, perusahaan chipset tersebut juga mengumumkan daftar laptop yang menggunakan prosesor Snapdragon. Qualcomm menyebutnya dengan Always Connected PCs, platform berbasis Snapdragon untuk PC dengan OS Windows 2-in-1.

Berikut Daftar Laptop Yang Menggunakan Prosesor Snapdragon

1. Asus NovaGo

Daftar Laptop Yang Menggunakan Prosesor Snapdragon
© ASUS

Asus mengumumkan NovaGo, sebuah laptop LTE Windows 10S yang dilengkapi dengan stylus, modem Qualcomm X16, antena 4×4 MIMO, dan 4CA. Perangkat ini menggunakan Snapdragon 835; hadir dengan penyimpanan UFS 2.0 256GB dan RAM 8GB; dan memiliki daya tahan baterai selama 22 jam untuk pemutaran video dan hingga 30 hari untuk standby.

Versi RAM 4GB (dengan penyimpanan 64GB) akan dijual dengan harga mulai dari $600. Sedangkan untuk model RAM 8GB (dengan penyimpanan 256GB) akan dijual seharga $800 ketika NovaGo tersedia di AS, China, Italia, Inggris, Prancis, Jerman, dan Taiwan.

2. HP Envy X2

Daftar Laptop Yang Menggunakan Prosesor Snapdragon
© HP

HP juga merilis Envy X2, sebuah laptop dengan Windows 10S 2-in-1 yang mempunyai ketebalan berukuran hanya 6.9mm. Laptop ini menggunakan prosesor Snapdragon 835 dan RAM hingga 8GB, seperti NovaGo. Daya pakai baterainya berlangsung hingga 20 jam dengan sekali charge. Dikutip dari XDA Developers, HP juga mengatakan bahwa laptop ini akan mulai dipasarkan pada musim semi 2018.

Definisi dan Penjelasan Singkat Tentang Always Connected PCs

Apa itu Always Connected PCs? Always Connected PCs adalah perangkat semacam komputer atau laptop yang menggunakan prosesor Snapdragon. Perangkat ini menyuguhkan pengalaman konektivitas gigabit saat dalam perjalanan, tanpa mengurangi masa pakai baterai. Dikutip dari Qualcomm, ada sejumlah 65 persen pelanggannya di A.S. yang menginginkan konektivitas lebih cepat dan 51 persen lainnya menginginkan baterai dengan performa dan daya tahan yang lebih baik.

“[Always Connected PCs] allow you to work for the day and not take the PC power cord with you. They change the definition of what you should expect in a PC.” – Cristiano Amon, Executive Vice President of Qualcomm’s QCT division.

Dalam mode sleep, Always Connected PC dapat dihidupkan kembali dengan cepat. Perangkat ini juga dapat mendownload email dan pembaruan media sosial bahkan saat dimatikan. Untuk kompatibilitas, Always Connected PC menyuguhkan versi “optimized” dari Office365 dan fitur Windows 10 yang lainnya seperti Windows Hello authentication, Ink, and Touch.

Yang sangat spesial dari Always Connected PC adalah mereka berbasis ARM, sama seperti kebanyakan smartphone Android. Pereangkat-perangkat tersebut memiliki emulator x86. Hal ini memungkinkan sebagian besar aplikasi x86 32-bit berjalan tanpa perlu dimodifikasi. Dan juga sistem library-nya dikompilasi untuk dapat merspons aplikasi x86.

Qualcomm juga menjanjikan akan merakit perangkat baru dari pembuat PC besar seperti Lenovo, yang akan kita saksikan di CES pada bulan Januari mendatang.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Browser Brave Rilis Iklan yang Membayar Pengguna

Browser Brave hari ini merilis Brave Ads, platform periklanan digital miliknya, untuk pengguna desktop di Kanada, Perancis, UK, dan Amerika Serikat. Melalui Brave Ads,...

Google Fit Resmi Tersedia untuk Perangkat iOS

Google Fit, aplikasi pencatat kesehatan yang dikembangkan oleh Google, resmi tersedia untuk perangkat iOS. Aplikasi ini pertama kali dirilis oleh Google pada 2014 lalu....

Tech & Society: Sebuah Podcast dari Mark Zuckerberg

Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg, resmi memiliki sebuah podcast sendiri. Diumumkan melalui akun Twitter milik Facebook, Zuckerberg melalui podcast-nya ingin membahas bagaimana perkembangan...