PlayStation Izinkan Pengguna Mengganti Nama PSN

Kabar baik bagi pengguna yang memiliki nama PSN 'alay.'

Home Gaming PlayStation Izinkan Pengguna Mengganti Nama PSN

Diumumkan kemarin, Sony akhirnya mengizinkan pengguna PlayStation untuk mengganti nama PSN mereka. Nama PSN, PlayStation Network, adalah ID yang dipakai pengguna untuk memainkan game di konsol tersebut. Program penggantian nama ini yang telah direncanakan Sony sejak November 2018 lalu akan membantu pengguna mengganti nama ‘alay’ pada akun PSN mereka.

PlayStation Izinkan Pengguna Mengganti Nama PSN

Penggantian nama PSN, menurut Sony, tidak akan menghapus data akun pengguna, seperti informasi akun atau daftar teman yang sudah ditambahkan. Pegguna yang merubah nama PSN mereka akan diberi opsi untuk menampilkan nama PSN lama di profil selama 30 hari. Sony mengatakan jika opsi ini adalah untuk memberitahu teman pengguna terkait penggantian nama PSN yang dilakukan.

Pengguna dapat melakukan penggantian nama PSN beberapa kali tanpa ada batasan. Biaya penggantian nama PSN disediakan gratis untuk pertama kali, dan dikenakan biaya $9.99 USD setelahnya; $4.99 USD untuk pengguna PlayStation Plus. Pengguna juga dapat menggunakan kembali nama PSN lama secara gratis dengan menghubungi pusat bantuan PlayStation, selama nama PSN lama tersebut tidak melanggar kebijakan.

Artikel terkait: Stadia: Layanan Game Streaming dari Google

Berikut adalah cara mengganti nama PSN, baik langsung melalui PS4 atau situb web PSN.

Melalui PS4:

  • Melalui halaman utama PS4, masuk menu Settings;
  • Pilih Account Management, lalu Account Information;
  • Lalu pilih Profile, dan pilih opsi Online ID;
  • Lalu masukkan nama PSN baru yang diinginkan.

Melalui situs web PSN:

  • Masuk ke akun PlayStation Network;
  • Pilih Profile PSN dari menu utama;
  • Di samping tombol Online ID, pilih tombol Edit;
  • Lalu masukkan nama PSN baru yang diinginkan.

Sony mengatakan jika penggantian nama PSN akan diaplikasikan ke game-game yang dirilis pertama kali pada atau setelah 1 April 2018; berberapa game yang dirilis sebelum tanggal tersebut juga mendukung, dengan beberapa pengecualian. Sony mengatakan jika game-game yang dirilis setelah tanggal 1 April 2018 sudah dibekali dengan dukungan penggantian nama PSN.

Sony juga mengatakan jika pengguna mungkin akan mendapati isu ketika memainkan game yang tidak mendukung penggantian nama ini. Isu tersebut dapat berupa isu kecil, di mana pengguna akan tetap menggunakan nama PSN lama ketika memainkan game tersebut. Isu besarnya, pengguna dapat kehilangan data simpanan atau akses terhadap beberapa DLC dari game tersebut. Jika pengguna mendapati isu-isu tersebut, Sony menyarankan untuk mengganti nama PSN ke yang lama ketika memainkan game yang tidak didukung.

Daftar game yang mendukung penggantian nama PSN dapat pengguna lihat melalui tautan berikut. Pengguna juga dapat melihat FAQ dari penggantian nama ini langsung dari blog PlayStation.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Browser Brave Rilis Iklan yang Membayar Pengguna

Browser Brave hari ini merilis Brave Ads, platform periklanan digital miliknya, untuk pengguna desktop di Kanada, Perancis, UK, dan Amerika Serikat. Melalui Brave Ads,...

Google Fit Resmi Tersedia untuk Perangkat iOS

Google Fit, aplikasi pencatat kesehatan yang dikembangkan oleh Google, resmi tersedia untuk perangkat iOS. Aplikasi ini pertama kali dirilis oleh Google pada 2014 lalu....

Tech & Society: Sebuah Podcast dari Mark Zuckerberg

Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg, resmi memiliki sebuah podcast sendiri. Diumumkan melalui akun Twitter milik Facebook, Zuckerberg melalui podcast-nya ingin membahas bagaimana perkembangan...