Pengertian dan Pengaruh Penting dari Net Neutrality

Tanpa Net Neutrality, apakah bisa blog yang baru terjun lapangan seperti Koalakontent.com naik daun dan meraih sukses?

Home Teknopedia Pengertian dan Pengaruh Penting dari Net Neutrality

Akhir-akhir ini, banyak muncul isu penghapusan Net Neutrality di negara Amerika Serikat. Proposal penghapusan Net Neutrality ini diusulkan oleh Ajit Pai, Chairman dari Federal Communications Commission (FCC). Isu penghapusan Net Neutrality ini merupakan suatu topik yang penting untuk dibahas, karena dapat mempengaruhi penggunaan Internet di masa mendatang. Karenanya, proposal penghapusan Net Neutrality ini sendiri ditentang oleh banyak warga yang tinggal di Amerika Serikat dengan alasan yang bermacam-macam. Apa itu Net Neutrality? Berikut adalah pengertian dan pengaruh penting dari Net Neutrality.

Pengertian dan Pengaruh Penting dari Net Neutrality

Definisi Net Neutrality

Menurut Wikipedia, Net Neutrality (netralitas net) adalah asas yang menyatakan bahwa penyedia jasa internet (ISP) dan pemerintah harus memperlakukan semua data di Internet tanpa diskriminasi berdasarkan pengguna, isi, situs, platform, aplikasi, jenis peralatan yang dipasang atau mode komunikasi. Istilah ini diciptakan oleh profesor hukum media Universitas Columbia Tim Wu pada tahun 2003.

Dikutip dari Kompas.com, Net Neutrality menjamin perlakuan yang adil dari ISP ke penyedia konten internet semacam Google dkk. Tanpa aturan itu, ISP bisa semena-mena memblokir, mempercepat, atau memperlambat akses netizen ke konten tertentu.

Pengertian dan Pengaruh Penting dari Net Neutrality
Credit: TechCrunch

Dengan kata lain, Net Neutrality adalah prinsip dasar yang melarang ISP seperti Telkomsel, XL, Three, dan lainnya mempercepat, memperlambat atau memblokir konten, aplikasi, atau situs web yang ingin kita akses. Selama ini, kita dapat mengakses berbagai konten di Internet secara bebas karena adanya Net Neutrality; tidak termasuk situs web yang diblokir pemerintah karena mengandung unsur pornografi, sara, piracy, dll.

Pengaruh Penting dari Net Neutrality

Net Neutrality merupakan prinsip yang menjadi pedoman ketika berselancar di internet. Net Neutrality melindungi hak kita untuk melakukan komunikasi dengan bebas secara online. Artinya, dengan adanya Net Neutrality, pihak ISP harus menyediakan jaringan terbuka kepada kita, dan tidak boleh menghalangi atau membeda-bedakan konten yang melintas di jaringan mereka. Hal ini sama seperti perusahaan jaringan seluler yang tidak seharusnya memutuskan siapa yang harus kita hubungi saat akan melakukan panggilan telepon dan apa yang harus kita bicarakan dalam panggilan tersebut. ISP seharusnya tidak mencampuri tentang konten yang diakses kita secara online.

Tanpa Net Neutrality, perusahaan kabel dan telepon dapat menguasai internet dengan mudah. ISP dapat memperlambat konten pesaingnya atau bahkan memblokir suatu pendapat politik yang tidak disetujuinya. ISP juga bahkan dapat mengenakan biaya tambahan untuk beberapa perusahaan konten yang mampu membayar lebih; yang dapat membuat layanan dari perusahaan penyedia konten lainnya diakses dengan jalur yang lebih lambat — semacam sogok-menyogok. Hal-hal ini tentu akan menghancurkan internet yang bersifat terbuka.

Tidak adanya Net Neutrality akan memiliki dampak yang sangat besar. Perusahaan ISP seperti Telkomsel, XL, Three, dan lainnya akan dapat dapat menguasai internet; memutuskan yang mana yang dipublikasikan dan yang mana yang tidak. Mereka bisa memblokir situs web atau konten yang tidak mereka sukai atau aplikasi yang merupakan saingan mereka sendiri.

Sebagai contoh, jika Net Neutrality dihapus dan kita menggunakan ISP XL, maka bisa saja pihak XL akan memblokir akses kita ke aplikasi seperti LangitMusik, yang saat ini sedang diakuisisi oleh Telkomsel.

Tanpa Net Neutrality, bagaimana aktivis bisa melawan penindasan? Apa yang akan terjadi dengan gerakan-gerakan sosial? Bagaimana pendatang baru seperti perusahaan, website, dan blog baru yang mempunyai potensi untuk sukses bisa berkembang jika para ISP lebih mem-favoritkan pendatang lama yang sudah lama sukses?

Yang terakhir dan yang terpenting, terkait dengan pengertian dan pengaruh penting dari Net Neutrality, apa yang akan terjadi jika Net Neutrality juga dihapus oleh pemerintah di Indonesia? Apakah masyarakat akan setuju dengan keputusan tersebut?

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Browser Brave Rilis Iklan yang Membayar Pengguna

Browser Brave hari ini merilis Brave Ads, platform periklanan digital miliknya, untuk pengguna desktop di Kanada, Perancis, UK, dan Amerika Serikat. Melalui Brave Ads,...

Google Fit Resmi Tersedia untuk Perangkat iOS

Google Fit, aplikasi pencatat kesehatan yang dikembangkan oleh Google, resmi tersedia untuk perangkat iOS. Aplikasi ini pertama kali dirilis oleh Google pada 2014 lalu....

Tech & Society: Sebuah Podcast dari Mark Zuckerberg

Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg, resmi memiliki sebuah podcast sendiri. Diumumkan melalui akun Twitter milik Facebook, Zuckerberg melalui podcast-nya ingin membahas bagaimana perkembangan...