Onavo Protect VPN Milik Facebook Dihapus dari App Store

Home Internet Onavo Protect VPN Milik Facebook Dihapus dari App Store

Menurut laporan dari The Wall Street Journal, aplikasi Onavo Protect VPN milik Facebook dihapus dari App Store setalah diklaim melanggar kebijakan privasi pengguna oleh Apple. Aplikasi VPN ini diakusisi oleh Facebook pada tahun 2013. Layaknya aplikasi VPN lainnya, Onavo ditujukan untuk melindungi pengguna saat melakukan browsing dengan memblokir situs berbahaya, memperingatkan mereka tentang penipuan phishing, dan mencegah hacker untuk menyadap lalu lintas web mereka.

Onavo Protect VPN Milik Facebook Dihapus dari App Store

Sebelum diakuisisi oleh Facebook, Onavo merupakan startup dari Israel yang bergerak di bidang analytics; berfokus untuk memonitor penggunaan data di negara tersebut. Kemudian, layanan VPN-nya menjadi alat pengumpulan data untuk Facebook guna memantau perilaku pengguna ponsel di luar aplikasi intinya. Aplikasi ini secara sengaja membantu Facebook mengumpulkan informasi-informasi penting, seperti: persaingan dari aplikasi sosial lainnya; dan keputusannya untuk mengakuisisi perusahaan lain termasuk WhatsApp.

Apple tidak menghapus aplikasi VPN ini dari App Store secara paksa, namun tampaknya menekan Facebook untuk menghapusnya. Menurut laporan dari WSJ, Apple menginformasikan Facebook awal bulan ini bahwa Onavo Protect melanggar aturan privasi baru yang diimplementasikan pada bulan Juni lalu, yang membatasi pengembang untuk membuat database dari informasi pengguna dan menjualnya kepada pihak ketiga.

Baca juga: Facebook Segera Rilis Fitur ‘Unsend’ di Messenger

Dikutip dari TechCrunch, berikut adalah pernyataan juru bicara Apple mengenai pelanggaran Onavo terhadap kebijakan privasi penggunanya:

“Kami bekerja keras untuk melindungi privasi pengguna dan keamanan data di seluruh lingkungan kerja Apple. Dari pedoman kebijakan kami yang terbaru, kami telah menjelaskan secara eksplisit bahwa aplikasi tidak boleh mengumpulkan informasi tentang aplikasi lain yang dipasang pada perangkat pengguna untuk keperluan analitik atau iklan / pemasaran, dan harus memperjelas data pengguna apa yang akan dikumpulkan dan bagaimana data tersebut akan digunakan. ”

Pada bulan Februari tahun ini, aplikasi Onavo Protect telah diunduh lebih dari 33 juta kali di iOS dan Android. Pada saat artikel ini ditulis, aplikasi Onavo tidak lagi tersedia di App Store. Namun, jika aplikasi ini sudah terpasang di ponsel pengguna, aplikasi ini akan tetap berfungsi seperti biasanya tanpa pembaruan. Untuk versi Android, aplikasi ini masih dapat diunduh di Google Play Store, di mana tampakanya Google tidak terlalu memperhatikan kepentingan privasi penggunanya; jika Onavo melakukan pelanggaran yang sama terhadap penggunanya yang menggunakan Android.

Jika pengguna membutuhkan aplikasi VPN untuk melindungi data ketika browsing, pengguna disarankan untuk menggunakan layanan VPN yang premium. Onavo Protect VPN adalah satu dari sekian banyak layanan VPN gratis yang ketahuan menyalah gunakan data penggunanya.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Pandora Luncurkan Aplikasi untuk Mac

Pandora, platform streaming musik dan radio, akhirnya meluncurkan aplikasi native untuk desktop yang saat ini hanya tersedia bagi pengguna Mac, dengan dukungan untuk Windows...

Glass Enterprise 2: Perangkat AR Terbaru dari Google

Google telah merilis perangkat AR terbaru mereka yang diberi nama Glass Enterprise Edition 2. Perangkat ini merupakan perangkat kacamata pintar, dan merupakan penerus dari...

Versi Pratinjau Microsoft Edge Tersedia untuk Mac

Pertama kali diumumkan pada Desember kemarin, dan sempat dipamerkan melalui acara Microsoft Build 2019 beberapa minggu lalu, Microsoft kini resmi merilis versi pratinjau dari...