Nintendo Mengumumkan Perangkat VR untuk Switch

VR di perangkat yang memiliki frame rate dan resolusi layar yang kacil; apakah akan optimal?

Home Gaming Nintendo Mengumumkan Perangkat VR untuk Switch

Nintendo sepertinya ingin kembali memasuki pasar Virtual Reality setelah pertama kali mengenalkan perangkat Virtual Boy di tahun 1995. Perusahaan gaming tersebut hari ini mengumumkan sebuah perangkat VR baru untuk Nintendo Switch. Perangkat ini merupakan bagian dari proyek Nintendo Labo yang telah diumumkan sejak 2018 lalu, yang merupakan mainan aksesoris yang dapat dibuat dari karton. Kreasi-kreasi tersebut nantinya dapat diintegrasikan dengan perangkat lunak di Switch.

Nintendo Mengumumkan Perangkat VR untuk Switch

Dikutip dari laman resmi Nintendo, perangkat ini diberi nama Nintendo Labo Toy-Con 04: VR Kit, dan akan mulai dijual oleh Nintendo pada 12 April 2019 mendatang. Nintendo akan menjualnya dalam dua paket yang berbeda. Paket lengkap akan dijual dengan harga 80 USD, dan paket starter dengan harga 40 USD.

Artikel terkaitMembaca Komik di Nintendo Switch dengan InkyPen

Paket lengkap berisi semua perangkat VR Toy-Con yang dijual, sebagaimana Nintendo menyebutnya, yaitu Toy-Con Blaster, Toy-Con Camera, Toy-Con Elephant, Toy-Con Bird, dan Toy-Con Wind Pedal. Sedangkan paket starter hanya berisi kamera dan blasternya saja. Namun, perangkat lainnya, seperti Toy-Con Elephant, dapat dibeli secara terpisah di kemudian hari dengan kisaran harga 20 USD.

Nintendo Mengumumkan Perangkat VR untuk Switch
Kredit gambar: Nintendo

“Kami ingin merancang pengalaman yang menyatukan interaksi virtual dan dunia nyata di antara para pemain melalui kreasi Toy-Con,” kata Doug Bowser, Senior Vice President of Sales and Marketing dari Nintendo Amerika. “Perangkat baru ini dibangun berdasarkan prinsip inti dari Nintendo Labo – buat, mainkan dan jelajahi – untuk memperkenalkan VR dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipelajari oleh anak-anak.”

Perangkat VR ini dikhususkan untuk anak-anak berusia di atas 7 tahun. Konsep ini hampir sama dengan konsep yang dimiliki Google Cardboard, perangkat kamera VR pertama yang terbuat dari karton, yang juga ingin memperkenalkan teknologi VR kepada anak-anak.

Dilihat dari spesifikasi Switch, menurut saya konsol ini tidak cocok jika disandingkan dengan teknologi VR; mengingat Switch yang hanya memiliki resolusi layar 720p. Selain itu, layarnya juga hanya dibekali dengan frame rate 60hz. Pengguna membutuhkan setidaknya 90 frames per second untuk mendapatkan pengalaman VR yang optimal. Maka dari itu, VR Kit ini sepertinya hanya ditujukan untuk konsep for fun saja; bukan untuk kebutuhan yang lebih mengutamakan mekanik dari sebuah gameplay.

SumberNintendo

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Browser Brave Rilis Iklan yang Membayar Pengguna

Browser Brave hari ini merilis Brave Ads, platform periklanan digital miliknya, untuk pengguna desktop di Kanada, Perancis, UK, dan Amerika Serikat. Melalui Brave Ads,...

Google Fit Resmi Tersedia untuk Perangkat iOS

Google Fit, aplikasi pencatat kesehatan yang dikembangkan oleh Google, resmi tersedia untuk perangkat iOS. Aplikasi ini pertama kali dirilis oleh Google pada 2014 lalu....

Tech & Society: Sebuah Podcast dari Mark Zuckerberg

Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg, resmi memiliki sebuah podcast sendiri. Diumumkan melalui akun Twitter milik Facebook, Zuckerberg melalui podcast-nya ingin membahas bagaimana perkembangan...