Minecraft Earth Ramaikan Deretan Game AR di Ponsel

Minecraft Earth akan merubah semua titik dari seluruh dunia menjadi tempat bermain yang asik.

Home Gaming Minecraft Earth Ramaikan Deretan Game AR di Ponsel

-

Microsoft baru saja mengumumkan Minecraft Earth, sebuah game AR baru yang dikembangkan oleh Mojang. Game ini mengambil inspirasi dari Pokemon Go, game besutan Niantic yang sempat membuat kehebohan sejak pertama kali dirilis berkat teknologi AR yang dibawanya. Jika melirik kesuksesan dari Pokemon Go tersebut, Minecraft Earth memiliki peluang untuk menjadi game yang lebih heboh lagi.

Minecraft Earth Ramaikan Deretan Game AR di Ponsel

Pokemon Go berhasil memikat lebih dari 20jt pengguna sejak dirilis pada tahun 2016 lalu, sekaligus mempopulerkan AR yang dapat memberi kesan berbeda dari hanya sekedar bermain game di ponsel. Konsep AR tersebut memang menarik, apalagi jika disandingkan dengan game yang sudah populer. Melihat peluang tersebut, Microsoft berambisi untuk menghadirkan game AR yang lebih menyenangkan melalui Minecraft yang saat ini sudah memiliki 90jt pengguna aktif.

Artikel terkait: Harry Potter: Wizards Unite — Game AR Baru dari Niantic

Sama seperti Pokemon Go, mekanisme permainan Minecraft Earth nantinya juga akan melibatkan benda-benda yang ada di dunia nyata. Selain itu, menurut Microsoft, game ini akan memiliki inti permainan yang sama dengan Minecraft; dengan sedikit perubahan dan penambahan mode permainan. Trailer berikut menunjukkan mekanisme permainan Minecraft Earth, yang akan memerlukan pemainnya untuk berkreasi membangun dan menjelajah, seperti bagaimana Minecraft dimainkan—namun di dunia nyata.

Dikutip dari The Verge, Minecraft Earth akan mengadopsi peta dunia untuk digunakan sebagai peta di dalam game. “Keseluruhan planet telah kami cakup di Minecraft. Setiap danau adalah tempat di mana Anda bisa memancing, setiap taman adalah tempat di mana Anda bisa menebang pohon. Kami telah merangkul peta dari seluruh dunia dan mengonversinya menjadi Minecraft.” kata Torfi Olafsson, direktur Minecraft Earth. Peta itu sendiri diambil berdasarkan data dari OpenStreetMap.

Minecraft Earth AR
Kredit gambar: Microsoft

Minecrat Earth nantinya dapat diunduh secara gratis, dan program closed beta akan dibuka untuk pengguna Android dan iOS pada pertengahan tahun ini. Jika pengguna ingin mendaftar di program beta tersebut, Microsoft sudah menyediakan formulir pendaftarannya yang dapat diakses melalui tautan berikut. Pengguna perlu ponsel yang setidaknya sudah menjalankan Android Nougat, dan memiliki akun Microsoft atau Xbox Live untuk mendaftar. Pengguna yang mendaftar juga akan mendapatkan skin gratis yang nantinya dapat dipakai dalam permainan.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

4 Emulator NES Terbaik di Android

Setelah sebelumnya menulis tentang beberapa emulator SNES terbaik di Android, kali ini saya ingin membahas terkait hal yang sama, namun untuk pendahulunya, yaitu NES...

RPAN: Reddit Uji Coba Fitur ‘Livestreaming’

Reddit sedang mengadakan uji coba fitur livestreaming yang sering kita jumpai di platform seperti YouTube dan Twitch. Fitur ini diumumkan hari ini, dan diberi...

PUBG Hadirkan Fitur ‘Cross-play’ untuk Xbox One dan PS4

PUBG Corporation, pengembang game battle royale PlayerUnknown's Battleground (PUBG), memberikan beberapa pengumuman pada acara livestream Inside Xbox Gamescom. Mereka mengatakan jika sedang bekerja untuk menghadirkan...