Microsoft Whiteboard Kini Tersedia untuk Windows

Home Development Microsoft Whiteboard Kini Tersedia untuk Windows

Melalui event Inspire, Microsoft mengumumkan bahwa Microsoft Whiteboard kini tersedia untuk Windows. Microsft juga menjanjikan untuk segera merilis Whiteboard untuk versi iOS dan web. Whiteboard sendiri telah dipratinjau di Windows 10 selama tujuh bulan terakhir bersamaan dengan pratinjau untuk Surface Pro. Secara singkat, Whiteboard memungkinkan pengguna membuat catatan di papan tulis virtual yang dapat dibagikan dan diedit dengan pengguna lainnya secara real time melalui perangkat yang berbeda.

Microsoft Whiteboard Kini Tersedia untuk Windows

Pengguna dapat mengunduh aplikasi Whiteboard dan memulai berkolaborasi dengan pengguna lainnya. Jika kalian log-in ke aplikasi Whiteboard melalui akun Office 365 untuk organisasi, akun kantor maupun sekolah, kalian juga dapat berkolaborasi dengan pengguna lainnya yang terhubung dengan organisasi tersebut. Untuk fitur, Whiteboard mendukung fitur inking pada Windows 10 sehingga stylus seperti Surface Pen dapat digunakan untuk kolaboratif inking, pengenalan geometri, konversi tabel, dan automatic table shading.

Dalam versi preview, pengguna Whiteboard telah menggunakan aplikasi ini untuk membuat tabel secara kolaboratif dan melakukan brainstorming untuk presentasi. Selain itu, pengguna Whiteboard tidak perlu menggunakan stylus untuk menggambar atau menyisipkan suatu note, input keyboard dan layar sentuh juga didukung sehingga semua perangkat modern akan dapat menggunakan aplikasi kolaboratif ini.

Baca juga: Microsoft Akan Menghadirkan Fitur Kartu SIM untuk Laptop Windows 10

Meskipun versi iOS akan segera diluncurkan, tim pengembang Whiteboard juga sedang bekerja untuk versi Android yang akan dirilis di kemudian hari. Waktu perilisan untuk versi Android ini masih belum ditetapkan. Namun, pengguna Android dapat menggunakan Whiteboard melalui versi web-nya. Microsoft tidak membatasi aplikasi Whiteboard untuk browser tertentu, jadi semua browser nanti akan dapat menjalankannya. Microsoft juga berencana untuk mengintegrasikan Whiteboard ke dalam aplikasi chat Microsoft Teams, dan membawanya ke perangkat Surface Hub.

Tidak ada batasan teknis mengenai berapa banyak pengguna yang dapat berkolaborasi di Whiteboard. Namun, untuk versi web dan versi iOS, saat ini Microsoft membatasi penggunaannya hanya untuk akun komersial Office 365 saja.

Inisiatif pembuatan Whiteboard awalnya bermula dari akuisisi Microsoft terhadap Intentional Software tahun lalu. Setalah itu, para pengembang Whiteboard telah bekerja untuk mengintegrasikan perangkat lunak ini ke dalam produk Microsoft. Intentional Software didirikan oleh Charles Simonyi, yang merupakan mantan kepala arsitek perangkat lunak di Microsoft. Simonyi meninggalkan Microsoft pada tahun 2002 setelah membantu membuat aplikasi Office, termasuk Excel dan Word.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Browser Brave Rilis Iklan yang Membayar Pengguna

Browser Brave hari ini merilis Brave Ads, platform periklanan digital miliknya, untuk pengguna desktop di Kanada, Perancis, UK, dan Amerika Serikat. Melalui Brave Ads,...

Google Fit Resmi Tersedia untuk Perangkat iOS

Google Fit, aplikasi pencatat kesehatan yang dikembangkan oleh Google, resmi tersedia untuk perangkat iOS. Aplikasi ini pertama kali dirilis oleh Google pada 2014 lalu....

Tech & Society: Sebuah Podcast dari Mark Zuckerberg

Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg, resmi memiliki sebuah podcast sendiri. Diumumkan melalui akun Twitter milik Facebook, Zuckerberg melalui podcast-nya ingin membahas bagaimana perkembangan...