Microsoft Umumkan Adanya Peretasan pada Akun Outlook

Belum jelas berapa jumlah akun yang terdampak dari isu peretasan ini.

Home Internet Microsoft Umumkan Adanya Peretasan pada Akun Outlook

Microsoft mengumumkan kemarin jika ada aksi peretasan yang dilakukan terhadap beberapa akun Outlook, suatu layanan email gratis dari Microsoft. Dikutip dari The Verge, peretas memiliki akses terhadap data kredensial pengguna selama tiga bulan sebelum pengumuman ini dibuat, yaitu pada 1 Januari sampai 28 Maret kemarin.

Microsoft Umumkan Adanya Peretasan pada Akun Outlook

Peretas tersebut mendapatkan akses melalui kredensial akun yang dimiliki oleh agen Microsoft. Microsoft mengatakan jika data kredensial yang diakses peeretas adalah alamat email, nama folder, dan judul subyek dari email pengguna. Kabar baiknya, jika peretas tidak dapat melihat isi dan lampiran dari email pengguna. Selain itu, kredensial yang digunakan peretas untuk mengakses data pengguna telah dinonaktifkan.

Artikel terkait: Facebook Menyimpan Kata Sandi Pengguna Tanpa Proteksi

Microsoft juga mengatakan jika peretas tidak memiliki detail login akun Outlook pengguna, begitu juga informasi pribadi yang tersimpan di dalamnya. Namun, untuk menjaga keamanan, Microsoft merekomendasikan pengguna yang terdampak dari isu peretasan ini agar mengganti kata sandi mereka. Microsoft juga menyarankan agar pengguna berhati-hati terhadap aktifitas penipuan, seperti phishing, yang meminta detail login pengguna.

Peretasan akun Outlook
Kredit gambar: Microsoft via The Verge

Detail mengenai peretesan ini masih belum jelas sampai sekarang. Microsoft belum dapat memastikan berapa jumlah akun pengguna yang terdampak dari isu peretasan ini. Bagaimana peretas mendapatkan akses terhadap kredensial akun dari agen Microsoft untuk melakukan peretasan juga masih belum diketahui sampai saat ini.

Microsoft mengakatan kepada The Verge jika isu ini telah diselesaikan. “Kami telah menangani isi ini, yang memengaruhi sebagian kecil dari akun konsumen, dengan menonaktifkan kredensial yang terkompromi dan memblokir akses para pelaku,”

Jika pengguna merupakan salah satu korban dari isu peretasan ini, pengguna akan mendapatkan email notifikasi dari Microsoft yang akan mengatakan demikian. Meskipun peretas tidak memiliki akses terhadap kata sandi akun Outlook pengguna, mengubahnya dapat menjadi opsi terbaik demi menjaga keamanan. Informasi lebih lanjut mengenai cara mengubah kata sandi akun dapat dibaca melalui situs web dukungan Microsoft berikut. Pengguna juga dapat megirimkan email ke ipg-ir@microsoft.com jika memiliki pertanyaan atau membutuhkan bantu

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Browser Brave Rilis Iklan yang Membayar Pengguna

Browser Brave hari ini merilis Brave Ads, platform periklanan digital miliknya, untuk pengguna desktop di Kanada, Perancis, UK, dan Amerika Serikat. Melalui Brave Ads,...

Google Fit Resmi Tersedia untuk Perangkat iOS

Google Fit, aplikasi pencatat kesehatan yang dikembangkan oleh Google, resmi tersedia untuk perangkat iOS. Aplikasi ini pertama kali dirilis oleh Google pada 2014 lalu....

Tech & Society: Sebuah Podcast dari Mark Zuckerberg

Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg, resmi memiliki sebuah podcast sendiri. Diumumkan melalui akun Twitter milik Facebook, Zuckerberg melalui podcast-nya ingin membahas bagaimana perkembangan...