Microsoft dan Sony Bekerja Sama Bangun ‘Cloud Gaming’

Kerja sama untuk masa depan yang cerah bagi kedua perusahaan di dunia "cloud gaming" yang banyak dinanti.

Home Enterprise Microsoft dan Sony Bekerja Sama Bangun 'Cloud Gaming'

-

Sony dan Microsoft hari ini mengumumkan jalinan kerja sama untuk membangun layanan “cloud gaming” di kemudian hari. Dikutip dari halaman situs Microsoft, kedua perusahaan berencana untuk mengembangkan teknologi cloud baru melalui Microsoft Azure yang diharapkan akan mendukung game dan konten streaming. Sony kedepannya juga akan menggunakan Microsoft Azure untuk mentenagai game-game dan konten steaming mereka yang sudah ada.

Microsoft dan Sony Bekerja Sama Kembangkan ‘Cloud Gaming’

Melalui Xbox dan PlayStation, persaingan antara Microsoft dan Sony di dunia gaming telah banyak diketahui sejak lama. Namun, akhir-akhir ini, istilah cloud gaming juga banyak diperbincangkan, dan sepertinya akan menjadi terobosan baru. Singkatnya, dengan ditenagai cloud, pengguna tidak perlu lagi membutuhkan console untuk memainkan suatu game. Hal tersebut tentu merupakan ancaman bagi masa depan Xbox dan PlayStation.

Selain itu, ancaman lainnya datang dari Google, yang kemarin juga telah mengumumkan layanan game streaming mereka, Google Stadia. Google berencana akan menggunakan YouTube untuk mendongkrak eksistensi Stadia. Selain itu, Stadia juga akan memungkinkan pengguna melakukan streaming game dari cloud ke browser Chrome, Chromecast, dan perangkat Google Pixel. Dengan dukungan dari nama-nama besar tersebut, Google Stadia diyakini memiliki “higher ground” dari perusahaan lain untuk menghadirkan layanan cloud gaming.

Microsoft Sony Cloud Gaming-0
CEO Sony, Kenichiro Yoshida, dan CEO Microsoft, Satya Nadella. Kredit gambar: Microsoft

Oleh karena itu, kerja sama ini terasa sangat dibutuhkan baik oleh Microsoft dan Sony untuk memberikan persaingan yang nyata tehadap Google Stadia. “Sony selalu menjadi yang terdepan dalam hiburan dan teknologi, dan kolaborasi yang kami umumkan hari ini dibangun atas dasar sejarah inovasi tersebut,” kata CEO Microsoft, Satya Nadella. “Kerja sama kami membawa tenaga Azure dan Azure AI untuk Sony guna menghadirkan pengalaman gaming dan hiburan baru bagi pelanggan.”

Kedua perusahaan, Microsoft dan Sony, sebenarnya telah memiliki layanan cloud gaming mereka sendiri, yaitu xCloud dan PlayStation Now. Dengan adanya kerja sama ini, masih belum diketahui bagaimana masa depan dari kedua layanan tersebut. Selain itu, kerja sama ini, menurut saya, akan membuka kemungkinan adanya fitur cross-platform antara pengguna Xbox dan PlayStation di masa mendatang.

SumberMicrosoft

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Facebook Menguping Pesan Suara di Messenger

Facebook selama ini telah membayar orang atau kontraktor untuk menguping percakapan pengguna di Messenger, dengan mentranskrip audio dari pesan suara. Menurut laporan dari Bloomberg,...

4 Emulator SNES Terbaik di Android

SNES, atau Super Nintendo Entertainment System, adalah salah satu konsol klasik terbaik yang pernah ada. Mario, Zelda, Mario Kart, dan Metroit adalah sebagian dari...

Automattic, Pemilik WordPress, Beli Tumblr dari Verizon

Menurut laporan dari The Wall Street Journal, Verizon resmi menjual Tumblr ke Automattic Inc. Ketentuan dari kesepakatan pembelian ini dirahasiakan, namun jumlahnya 'lebih kecil'...