Microsoft Office untuk Chromebook Kini Tersedia di Google Play Store

Salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu oleh kebanyakan pengguna Chromebook telah tiba; Microsoft Office kini tersedia di Google Play Store.

Home Development Microsoft Office untuk Chromebook Kini Tersedia di Google Play Store

-

Pengguna kini dapat mengunduh Microsoft Office untuk Chromebook melalui Google Play Store; meski kedua perusuhaan tersebut, Microsoft dan Google, bersaing dalam pendistribusian office productivity (Office) software. Baik Google maupun Microsoft masih belum membuat pengumuman resmi tentang ketersediaannya aplikasi Microsoft Office untuk Chromebook ini. Aplikasi Office Android ini hanya akan direstribusikan secara gratis oleh Microsoft untuk pengguna dengan perangkat tertentu, sementara yang lain perlu berlangganan Office 365 untuk menggunakannya.

Ini adalah kali pertama Microsoft Office untuk Chromebook dapat diunduh melalui Google Play Store sebagai rilisan resmi. Beberapa pengguna Chromebook sebelumnya dapat men-unduh Microsoft Office dari versi beta Play Store. Ketersediaan Microsoft Office untuk Chromebook tidak terlalu mengejutkan. Microsoft, dikutip dari TechCrunch tahun lalu mengatakan jika mereka akan membuat aplikasi Microsoft Office versi Android untuk semua perangkat yang kompatibel saat Google Play Store untuk Chromebook tidak lagi dalam versi beta.

Kedatangan Microsoft Office untuk Chromebook

Seperti yang kita ketahui, Google tahun lalu membuat Chrome OS dapat menjalankan aplikasi Android; dengan dukungan yang terbatas pada model tertentu. Namun, pada tahun 2017 ini Google melakukan banyak perubahan. Salah satu perusahaan terbesar ini menjanjikan jika semua peluncuran Chromebook 2017 yang baru akan sepenuhnya mendukung Google Play.

Microsoft Office untuk Chromebook
© Chrome Unboxed

Terlepas dari semua perubahan ini, Microsoft masih belum memberikan timeline dan pernyataan jika telah menyediakan aplikasi Office Android-nya ke Chromebook. Hal ini tentu akan membuat orang bertanya-tanya apakah Microsoft Office untuk Chromebook ini hanyalah sebuah wacana saja.

Kini aplikasi Android Microsoft Office untuk Chromebook telah hadir; namun ada beberapa hal yang perlu kita ketahui.

Pertama, meskipun semua Chromebook baru sekarang mendukung Google Play, kemampuan untuk menjalankan aplikasi Android pada model lama masih terbatas. (Daftar perangkat yang dapat menjalankan Google Play tersedia di sini).

Selain itu, dikutip dari TechCrunch, pengguna dengan perangkat yang layarnya 10,1 inci atau lebih besar memerlukan langganan Office 365 untuk menggunakan aplikasi Microsoft Office untuk Chromebook.

Dan tentunya, Google G Suite masih menjadi pilihan utama bagi sejumlah pengguna Chromebook untuk kebutuhan produktifitas. Maka dari itu, dengan adanya Microsoft Office untuk Chromebook menjadikan G Suite alternative yang lebih layak untuk perusahaan bisnis yang akan menggunakan perangkat lunak Microsoft. Tentu, para pengguna ini tidak ingin membayar dua kali, dan Google G Suite tetap akan menjadi pilihannya untuk kebutuhan produktifitas.

Hal ini mungkin menjadi salah satu alasan mengapa Microsoft masih belum membuat pernyataan resmi mengenai ketersediaannya aplikasi Office-nya untuk Chromebook. Alasan yang lain mungkin saja karena mereka sedang mempersiapkan Windows 10 S; versi sederhana Windows 10 yang mereka klaim sebagai pesaing dari Chrome OS.

Dikutip dari TechCrunch, Microsoft masih belum memberikan komentar atas ketersediaan Microsoft Office untuk Chromebook; dan Google juga menolak untuk berkomentar.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

4 Emulator NES Terbaik di Android

Setelah sebelumnya menulis tentang beberapa emulator SNES terbaik di Android, kali ini saya ingin membahas terkait hal yang sama, namun untuk pendahulunya, yaitu NES...

RPAN: Reddit Uji Coba Fitur ‘Livestreaming’

Reddit sedang mengadakan uji coba fitur livestreaming yang sering kita jumpai di platform seperti YouTube dan Twitch. Fitur ini diumumkan hari ini, dan diberi...

PUBG Hadirkan Fitur ‘Cross-play’ untuk Xbox One dan PS4

PUBG Corporation, pengembang game battle royale PlayerUnknown's Battleground (PUBG), memberikan beberapa pengumuman pada acara livestream Inside Xbox Gamescom. Mereka mengatakan jika sedang bekerja untuk menghadirkan...