Microsoft Edge Berbasis Chromium Tersedia untuk Diuji

Untuk saat ini masih tersedia dalam dua versi pratinjau: Dev dan Canary.

Home Development Microsoft Edge Berbasis Chromium Tersedia untuk Diuji

Microsoft kemarin merilis versi pratinjau dari Microsoft Edge yang ditenagai oleh Chromium, browser engine yang juga dipakai di Google Chrome. Versi pratinjau ini dirancang untuk pengembang, dengan tujuan untuk menguji kompatibilitas dan kinerja situs web yang sedang diakses. Rencana penggantian browser engine di Edge ini telah diumumkan oleh Microosft pada Desember tahun lalu.

Microsoft Edge Berbasis Chromium Tersedia untuk Diuji

Versi pratinjau dari Microsoft Edge berbasis Chromium ini masih tersedia hanya untuk Windows 10, termasuk Windows 10 S. Ketersediaan untuk Windows versi lain, termasuk macOS, juga akan segera hadir. Pengguna saat ini dapat mengunduhnya melalui dua versi pratinjau yang disediakan, yakni versi Dev dan Canary. Microsoft merencanakan empat versi yang dapat dipilih pengguna dalam beberapa bulan ke depan, yaitu:

  • Canary: Tersedia sekarang. Versi ini dirancang untuk mengimplementasikan kode yang belum dirilis dan belum sepenuhnya diuji. Oleh karena itu, versi ini adalah versi yang paling tidak stabil, dan ditujukan bagi pengguna yang ingin mencoba fitur-fitur baru. Versi ini akan diperbarui setiap hari.
  • Dev: Tersedia sekarang. Versi ini dirancang untuk pengembang, yang membutuhkan akses ke fitur-fitur yang akan dirilis, untuk memastikan situs-situs web dan ekstensi yang tersedia berfungsi sebagaimana mestinya. Versi ini diperbarui seminggu sekali, dengan kode yang telah diuji di versi Canary, membuat versi ini setidaknya sedikit lebih stabil.
  • Beta: Direncanakan hadir pada pertengahan tahun ini. Versi ini ditujukan untuk pengguna pada umumnya yang ingin mengakses fitur-fitur yang belum dirilis, tanpa perlu khawatir tentang bug dan masalah stabilitas. Versi ini akan diperbarui lebih jarang daripada Canary atau Dev tetapi akan mendapatkan fitur baru yang akan segera dirilis.
  • Production: Direncanakan hadir pada akhir tahun ini. Versi ini ditujukan untuk publik. Versi ini adalah versi Edge yang akan dipasang secara default pada Windows 10 dan dirancang untuk konsumen dan pelanggan komersial.

microsoft edge chromium

Pembagian perilisan ini sama persis dengan yang dilakukan Google untuk merilis dan mengembangkan Google Chrome, dengan menggunakan empat versi yang disebutkan di atas. Seperti Chrome pula, Microsoft Edge berbasis Chromium juga nantinya akan diperbarui secara otomatis. Meskipun begitu, Microsoft telah menghapus atau mengganti lebih dari 50 layanan Google yang tersedia sebagai bagian dari Chromium, termasuk Google Now, Google Cloud Messaging, dan layanan lainnya yang terkait dengan Chrome OS.

Pengguna saat ini dapat mengunduh dan memantau perkembangan dari Microsoft Edge berbasis Chromium melalui tautan berikut.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Browser Brave Rilis Iklan yang Membayar Pengguna

Browser Brave hari ini merilis Brave Ads, platform periklanan digital miliknya, untuk pengguna desktop di Kanada, Perancis, UK, dan Amerika Serikat. Melalui Brave Ads,...

Google Fit Resmi Tersedia untuk Perangkat iOS

Google Fit, aplikasi pencatat kesehatan yang dikembangkan oleh Google, resmi tersedia untuk perangkat iOS. Aplikasi ini pertama kali dirilis oleh Google pada 2014 lalu....

Tech & Society: Sebuah Podcast dari Mark Zuckerberg

Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg, resmi memiliki sebuah podcast sendiri. Diumumkan melalui akun Twitter milik Facebook, Zuckerberg melalui podcast-nya ingin membahas bagaimana perkembangan...