Messenger 4 dengan Tampilan yang Lebih Sederhana

Home Development Messenger 4 dengan Tampilan yang Lebih Sederhana

-

Facebook baru saja mengumumkan versi baru dari aplikasi Messenger, yaitu Messenger 4 dengan tampilan yang lebih sederhana. Artinya, Facebook telah menyembunyikan banyak fitur yang kurang berguna dari versi sebelumnya di Messenger 4 ini. Yang biasanya memiliki 9 tab, kali ini pengguna hanya disuguhkan dengan 3 tab. Ada tab Chat yang menampilkan seluruh obrolan pengguna, tab People yang menampilkan pengguna yang sedang online, dan tab Discover yang difokuskan untuk hal lainnya, seperti bermain Game, melihat stories orang lain, dsb.

Messenger 4 dengan Tampilan yang Lebih Sederhana

Melalui Messenger 4, Facebook ingin menjadikan Messenger aplikasi yang lebih mudah digunakan pengguna. Jadi, sebagai contoh, yang biasanya harus mengetuk beberapa kali untuk mengirim foto atau memulai panggilan video, pengguna sekarang dapat menggesek nama teman pada tab Chat untuk mengakses fitur-fitur tersebut langsung dari layar awal.

Messenger 4 Mulai Dirilis Hari Ini Secara Global

Selain itu, pengguna juga dapat mengakses fitur kamera dan video ketika sedang menulis pesan. Messenger 4 juga menempatkan ikon-ikon dari fitur tersebut ke bagian atas kanan dari tab Chat untuk pengalaman penggunaan yang lebih efisien.

Artikel terkait: Facebook Segera Rilis Fitur ‘Unsend’ di Messenger

Terlebih lagi, di setiap obrolan, sekarang telah ditampilkan ikon kontekstual yang memberi tahu pengguna jika ada game atau video call yang sedang berlangsung. Contoh lainnya dari penyederhanaan di Messenger 4 adalah tab Discover dan Games yang dulunya adalah dua tab terpisah; sekarang sudah menjadi satu tab.

Messenger 4 dengan Tampilan yang Lebih Sederhana
Credit: Facebook

Namun, meskipun telah disederhanakan, Facebook Stories masih akan nampak di aplikasi Messenger 4. Pengguna dapat mengaksesnya melalui tab Chat dan People. Fitur yang serasa kurang berguna di aplikasi Messenger ini sepertinya terus menjadi fokus besar di platform Facebook; di mana ada 300 juta pengguna yang menggunakannya setiap hari.

Messenger 4 dengan Tampilan yang Lebih Sederhana
Credit: Facebook

Selain tampilan baru yang disederhanakan, Messenger juga memperkenalkan fitur baru lainnya. Ada fitur untuk mengatur gradien warna, di mana pengguna dapat mempersonalisasi obrolan dan menyesuaikan chat bubble mereka. Selain itu, Facebook mengumumkan jika fitur Dark Mode juga akan hadir di aplikasi Messenger.

Meskipun tampil lebih sederhana, Facebook juga menegaskan jika Messenger 4 tidak menghapus fungsi maupun fitur penting lainnya. Versi baru ini hanya membawa penyederhanaan saja, namun dalam hal desain dan tampilan. Pengguna masih dapat melakukan live polling, bermain games, dan juga melakukan group video chat, seperti di versi aplikasi sebelumnya.

SumberFacebook

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Valve Rilis Aplikasi Steam Chat di iOS dan Android

Valve resmi merilis aplikasi Steam Chat untuk perangkat iOS dan Android. Aplikasi native ini dirancang khusus untuk memudahkan pengguna berkomunikasi dengan pengguna lain yang...

Adobe Premiere Rush Resmi Tersedia di Android

Telah lama dinanti, Adobe kini resmi merilis Premiere Rush untuk perangkat Android. Sebelumnya, Premiere Rush, aplikasi edit video yang dikhususkan untuk content creator, dirilis...

Windows 10 ‘May 2019 Update’ Resmi Tersedia

Microsoft merilis Windows 10 May 2019 Update beberapa hari lalu untuk semua pengguna. Sebelumnya, update ini pertama kali dirilis melalui jalur Release Preview untuk...