Merekam dan Mengedit Layar iPhone, iPad atau iPod di iOS 11

Home Tips & Trick Merekam dan Mengedit Layar iPhone, iPad atau iPod di iOS 11

Fitur merekam layar pada sebuah smartphone akan sangat berguna pada saat-saat tertentu. Sebagai contoh, jika kita ingin menunjukkan tips atau trik untuk smartphone kita kepada seorang teman, maka kita hanya perlu merekam layar smartphone kita tanpa harus mendatanginya langsung. Apple memperkenalkan sebuah fitur bawaan yang memungkinkan kita untuk merekam dan mengedit layar iPhone, iPad atau iPod di iOS 11. Nama dari fitur ini adalah screen recording.

Merekam dan Mengedit Layar iPhone, iPad atau iPod di iOS 11

Pertama yang harus dilakukan adalah mengatur fitur screen recording yang dapat kita temukan di Control Center. Untuk mengaktifkan screen recording, buka Settings> Control Center> Customize Controls. Lalu pilih ikon plus di samping menu Screen Recording. Setelah itu, ikon Screen Recording akan muncul sebagai salah satu menu di menu Control Center kita. Kita dapat Anda mengaksesnya dengan menggesek layar ke atas dari bawah lar smaprtphone kita, atau menggeseknya ke bawah dari tepi kanan atas jika smartphone yang digunakan adalah iPhone X.

Merekam layar iPhone, iPad atau iPod di iOS 11

Apple telah membuat proses merekam layar pada smartphone sangat mudah dan sederhana. Kita cukup membuka menu Control Center dan mengklik ikon Screen Recording. Ikon ini digambarkan dengan lingkaran putih dengan lingkaran melingkar di sekelilingnya.

Setelah kita mengkliknya, kita akan diberi waktu tiga detik untuk menutup Control Center sebelum smartphone kita memulai merekam layarnya. Bar merah akan muncul di bagian atas layar untuk memberi tahu bahwa kita sedang dalam proses perekaman.

Jika kita ingin menambahkan audio ke rekaman layar smartphone kita, ada sedikit langkah yang harus dilakukan. Tekan ikon Screen Recording (via 3D Touch) selama beberap detik sampai muncul menu pop-up di tengah layar. Pop-up ini ditujukan untuk menunjukkan advanced options dari fitur Screen Recording. Dari pop-up tersebut, untuk menambahka audio, kita tinggal mengklik ikon Mikrofon, dan diikuti tombol Start Recording untuk melanjutkan rekaman kita.

Setelah selesai merekam, cara tercepat untuk berhenti adalah dengan menekan timer yang berwarna merah di bagian atas layar. Kita akan diberi pesan “Screen Recording video save to Photos” yang akan muncul di Pusat Pemberitahuan. Kita dapat mengklik pemberitahuan tersebut untuk menonton hasil rekaman yang tadi.

Mengedit hasil rekaman layar iPhone, iPad atau iPod di iOS 11

Setelah selesai merekam, kita mungkin menginginkan untuk mengedit video rekaman tadi. Untuk melakukannya, kita dapat menggunakan aplikasi bawaan dari Apple yang bernama “Photos”.

Mengedit dan Merekam Layar iPhone, iPad atau iPod di iOS 11
© Digital Trends

Sebenarnya, pada pesan “Screen Recording video save to Photos” yang muncul di Pusat Pemberitahuan tadi, kita dapat mengkliknya untuk membuka aplikasi “Photos”. Dari sini, kita langsung bisa mengedit video hasil rekaman tadi.

Mengedit rekaman layar sama seperti mengedit video lain di aplikasi Photos. Setelah membuka aplikasi Photos, sebuah slider bar akan muncul di bawah Screen Recording. Di kedua ujung slider adalah toggle bars yang memungkinkan kita untuk mengedit frame per frame. Seret toggle bar untuk menentukan durasi, seperti menit awal dan akhir, dari hasil rekaman layar kita tadi.

Jika dibandingkan dengan kebanyakan smartphone Android, pengguna produk Apple sangat diuntungkan dengan adanya fitur ini. Merekam dan mengedit layar iPhone, iPad atau iPod di iOS 11 akan sangat berguna di saat-saat tertentu.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Pandora Luncurkan Aplikasi untuk Mac

Pandora, platform streaming musik dan radio, akhirnya meluncurkan aplikasi native untuk desktop yang saat ini hanya tersedia bagi pengguna Mac, dengan dukungan untuk Windows...

Glass Enterprise 2: Perangkat AR Terbaru dari Google

Google telah merilis perangkat AR terbaru mereka yang diberi nama Glass Enterprise Edition 2. Perangkat ini merupakan perangkat kacamata pintar, dan merupakan penerus dari...

Versi Pratinjau Microsoft Edge Tersedia untuk Mac

Pertama kali diumumkan pada Desember kemarin, dan sempat dipamerkan melalui acara Microsoft Build 2019 beberapa minggu lalu, Microsoft kini resmi merilis versi pratinjau dari...