• Tutorial

Mengubah Format File Buku Kindle ke PDF

Selain banyak yang gratis, buku-buku elektronik yang disediakan di Amazon Kindle harganya juga relatif murah.

Pilihan

9 Distro Linux Terbaik

Linux merupakan sistem operasi (OS) yang bersifat open source, dan telah digunakan oleh banyak pengguna dari berbagai penjuru negara....

Windows OEM dan Perbedaannya dengan Versi Retail

Dua versi Windows yang paling dikenal oleh banyak pengguna adalah Windows OEM dan Windows Retail. Keduanya merupakan produk orisinil...

Facebook Luncurkan Layanan Kencan ‘Facebook Dating’

Facebook resmi meluncurkan layanan kencan mereka, "Facebook Dating." Dimumkan pada acara F8 tahun lalu, Facebook Dating tersedia mulai hari...

iPhone 11 Pro dan Pro Max Hadir dengan Tiga Kamera

Selain iPhone 11, Apple hari ini juga mengumumkan dua model ponsel termahalnya untuk tahun 2019 ini. iPhone 11 Pro...

Amazon Kindle merupakan salah satu perangkat pembaca buku elektronik, atau e-book, yang paling nyaman dan efisien. Format berkas yang dipakai biasanya adalah AZW, MOBI, dan PRC. Format-format tersebut terdengar “tidak biasa,” karena mayoritas pengguna, yang tidak memiliki Kindle, membaca buku elektronik dengan format PDF, atau EPUB. Oleh karena itu, berikut akan saya coba jelaskan bagaimana cara mengubah format berkas, atau file, buku Kindle ke format PDF, jika pengguna ingin membaca buku kesayangan dari Kindle di perangkat lain.

Perangkat Amazon Kindle, sesuai dengan namanya, diproduksi oleh Amazon dan dibuat oleh Foxconn. Selain mendukung format-format berkas yang sudah saya sebutkan di atas, menurut Wikipedia, perangkat Kindle generasi ke-empat dan setelahnya juga telah mendukung berkas dengan format AZW, AZW3, TXT, PDF, MOBI, PRC, HTML, DOC, DOCX, JPEG, GIF, PNG, dan BMP.

Mengubah Format File Buku Kindle ke PDF

Saya ingin memberikan dua alternatif yang dapat digunakan untuk mengubah format berkas buku Kindle ke PDF, yaitu melalui sebuah situs daring, atau online, atau dengan sebuah perangkat lunak, atau software.

Mengubah Format File Buku Kindle ke PDF Secara Online

IKLAN

Pengguna dapat mengubah format berkas buku Kindle ke PDF secara online melalui sebuah situs web. Situs tersebut adalah Online-convert.com. Selain dapat mengubah format berkas dokumen, situs ini juga dapat mengubah format berkas audio, video, dll.

Mengubah Format File Buku Kindle ke PDF
Kredit gambar: Naufal H. Rabbani / Koalakontent

Pada langkah pertama, pengguna dapat mengakses situs Online-convert.com, pada bagian untuk mengubah format berkas buku elektronik ke PDF, melalui tautan berikut.

Setelah itu, pada langkah kedua, pengguna dapat memilih berkas buku elektronik yang ingin dikonversi dengan mengklik tombol Choose Files pada situs web tersebut. Lalu, tunggu sejenak, sementara berkas yang dipilih sedang diunggah.

Mengubah Format File Buku Kindle ke PDF
Kredit gambar: Naufal H. Rabbani / Koalakontent

Setelah proses unggah selesai, pada langkah ketiga ini, pengguna dapat mengisi pengaturan opsional terhadap berkas yang ingin dikonversi, seperti judul buku, nama penulis, dll. Pengguna dapat melewati langkah ini jika tidak diperlukan.

Mengubah Format File Buku Kindle ke PDF
Kredit gambar: Naufal H. Rabbani / Koalakontent

Di langkah terakhir ini, pengguna dapat memulai proses konversi dengan mengklik tombol ‘Start conversion,’ dan menunggu sampai proses konversi selesai. Berkas hasil konversi, jika telah selesai prosesnya, akan terunduh secara otomatis. Namun, jika tidak, pengguna dapat mengklik tautan ‘Download your file‘ untuk mengunduhnya secara manual.

Menggunakan Perangkat Lunak ‘Calibre’ – untuk Windows dan Linux

Perangkat lunak ‘Calibre’ mendukung berbagai format berkas yang beragam, mulai dari MOBI dan HTML, sampai RRC dan AZW, dan mampu berfungsi dengan atau tanpa koneksi internet. Calibre tersedia untuk Windows, iOS, dan Linux.

Mengubah Format File Buku Kindle ke PDF
Kredit gambar: Naufal H. Rabbani / Koalakontent

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengunduh Calibre, menginstal, dan mejalankannya di perangkat kita. Pengguna dapat mengunduhnya melalu halaman situs resmi di tautan berikut.

Pada langkah kedua, kita dapat memulai proses konversi dengan menambahkan berkas buku Kindle ke dalam Calibre. Aksi ini dapat dilakukan dengan mengklik tombol ‘Add Books‘ yang terletak di sudut kiri atas jendela aplikasi. Setelah itu, pilih berkas yang ingin dikonversi, dan klik OK.

Setelah berkas dipilih, pada langkah ketiga, kita dapat mengkonversinya dengan mengklik tombol ‘Convert‘ yang terletak di sisi kiri dari bilah navigasi. Lalu, kita akan dihadapkan dengan jendela pop-up yang menampilkan berbagai opsi untuk mengubah sampul buku, judul, penulis, dan komponen metadata lainnya dari berkas tersebut.

Setelah itu, kita dapat memilih jenis format yang akan dipakai sebagai hasil konversi, dan dalam kasus ini, pengguna dapat memilih PDF. Selanjutnya, klik OK untuk memulai konversi. Proses ini dapat memakan waktu yang agak lama, tergantung pada ukuran berkas yang sedang dikonversi.

Langkah keempat merupakan langkah terakhir, yaitu untuk menyimpan hasil konversi tadi. Pilih berkas buku Kindle yang sudah dikonversi, lalui klik tautan biru yang bertuliskan PDF pada sisi kanan bilah navigasi. Setelah itu, pilih lokasi di mana berkas ingin disimpan, dan klik Save untuk menyimpannya dan mengakhiri proses konversi.

IKLAN

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

5 Aplikasi Keyboard Terbaik di Android

Aplikasi keyboard, atau papan tik, merupakan salah satu komponen penting, dan biasanya, semua ponsel sudah memilikinya sebagai salah satu...

Discord Segera Tutup Katalog ‘Nitro Games’

Discord mengumumkan jika akan menutup layanan Nitro Games, yang menyediakan akses terhadap beberapa gim gratis. Layanan ini merupakan salah satu keuntungan dari berlangganan layanan...

Aplikasi Slack di Desktop Dapatkan Mode Gelap

Slack, melalui sebuah artikel blognya, mengumumkan jika telah merilis 'mode gelap' untuk aplikasinya di desktop, termasuk Windows, Mac, dan Linux. Slack untuk perangkat mobile,...

Firefox Uji Coba Layanan VPN Gratis

Mozilla baru saja meluncurkan layanan VPN gratis miliknya, yang dapat diakses melalui peramban Firefox. Dinamai Firefox Private Network, layanan ini merupakan bagian dari program...