Menghemat Penggunaan Data Menggunakan Aplikasi Datally dari Google

Google yakin bahwa Datally dapat menghemat penggunaan data penggunanya sebesar 30% dari data yang mereka pakai.

Home Development Menghemat Penggunaan Data Menggunakan Aplikasi Datally dari Google

-

Google meluncurkan sebuah aplikasi Android baru yang dirancang untuk membantu pengguna mengelola penggunaan data mereka. Perusaan teknologi terbesar ini ingin penggunanya menghemat penggunaan data menggunakan aplikasi Datally.

Menghemat Penggunaan Data Menggunakan Aplikasi Datally

Aplikasi baru ini diberi nama Datally, dan dapat membantu pengguna memonitor penggunaan data dan membantu mengurangi penggunaan data tersebut. Cara menggunakan Datally ini juga cukup mudah. Datally akan menunjukkan aplikasi mana yang menggunakan data paling banyak dan mengingatkan pengguna jika data mereka akan habis. Aplikasi ini juga akan merekomendasikan cara untuk mengurangi penggunaan data berdasarkan aktivitas pengguna; dan menyarankan jaringan Wi-Fi terdekat yang bisa dihubungkan.

Menghemat Penggunaan Data Menggunakan Aplikasi Datally
© Google Blog

Yang terpenting lagi, ada tombol besar di bagian atas aplikasi ini yang memungkinkan pengguna menghentikan semua penggunaan data dari aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang (background). Jadi, hanya aplikasi yang aktif di layar yang dapat menggunakan data seluler pengguna. Notifikasi bubble juga akan muncul sehingga dapat mengetahui berapa banyak data yang digunakan aplikasi yang sedang dijalankan. Tidak hanya itu, jika pengguna tidak ingin memblokir semua aplikasi dari penggunaan data di latar belakang, Datally juga mengizinkan pengguna mengontrol penggunaan data per aplikasi sesuai kebutuhan.

Namun, untuk pengguna Android lama, Datally mungkin tidak terlalu terdengar menarik. Hampir semua fitur dari aplikasi ini sudah terpasang ke dalam fitur bawaan Android. Namun, fitur tersebut tersembunyi di dalam menu pengaturan, dan tidak user-friendly seperti Datally. Sebagai aplikasi standalone, Datally akan lebih mudah dicari dan diingat oleh penggunanya. Ditambah lagi, cara menggunakan Datally ini juga cukup mudah.

Datally dirilis sebagai bagian dari inisiatif Google Next Billion Users, yang berfokus untuk membuat produk Google lebih bermanfaat di negara-negara yang memiliki koneksi seluler terbatas dan yang warga negaranya masih menggunakan perangkat keras (device) kelas bawah. Itulah sebabnya inisiatif ini berfokus pada fitur dasar seperti manajemen penyimpanan dan penggunaan data. Hal ini juga dibuktikan dengan Datally yang hanya mengambil ruang penyimpanan sekitar 6MB setelah diinstall.

Menurut Google, mereka telah menguji Datally di Filipina sejak musim panas lalu. Mereka juga mengatakan bahwa 500.000 penggunanya menghemat penggunaan data menggunakan aplikasi Datally sebesar 30% dari data mereka pakai. Saat ini, Datally telah diluncurkan secara global dan tersedia untuk smartphone yang menjalankan Android 5.0 atau di atasnya.

Untuk menghemat penggunaan data menggunakan aplikasi Datally, pengguna dapat mengunduhnya melalui Google Playstore dan mengintegrasikannya sesuai kebutuhan.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

4 Emulator NES Terbaik di Android

Setelah sebelumnya menulis tentang beberapa emulator SNES terbaik di Android, kali ini saya ingin membahas terkait hal yang sama, namun untuk pendahulunya, yaitu NES...

RPAN: Reddit Uji Coba Fitur ‘Livestreaming’

Reddit sedang mengadakan uji coba fitur livestreaming yang sering kita jumpai di platform seperti YouTube dan Twitch. Fitur ini diumumkan hari ini, dan diberi...

PUBG Hadirkan Fitur ‘Cross-play’ untuk Xbox One dan PS4

PUBG Corporation, pengembang game battle royale PlayerUnknown's Battleground (PUBG), memberikan beberapa pengumuman pada acara livestream Inside Xbox Gamescom. Mereka mengatakan jika sedang bekerja untuk menghadirkan...