Mengatasi Error 80248015 Saat Update Windows 7

Home Fix Mengatasi Error 80248015 Saat Update Windows 7

-

Jika kalian menjalankan perangkat yang menggunakan OS Microsoft Windows 7, kalian mungkin sadar bahwa ada sedikit masalah pada saat melakukan update sistem per tanggal 3 Desember 2017. Ketika mengecek pembaruan, kalian akan dihadapkan dengan pesan error 80248015 yang berbunyi; “Windows Update cannot currently check for updates, because the service is not running. You may need to restart your computer”. Untuk mengatasi error 80248015 saat update Windows 7 ini dibutuhkan beberapa cara yang cukup mudah. Namun, melakukan restart pada perangkat kalian saja tidak akn cukup.

Sebuah thread di forum Microsoft’s Answers menunjukkan bahwa masalah ini banyak dialami oleh pengguna yang lain. Namun, sampai saat ini masih tidak jelas apakah semua sistem Windows 7 terpengaruh oleh masalah ini, atau jika hanya sebagian sistem yang terpengaruh.

Cara untuk Mengatasi Error 80248015 Saat Update Windows 7

Woody, dari web Computerworld, menyarankan agar Microsoft dapat mengatasi maslah pembaruan pada Windows 7 ini. Dia menyarankan, berdasarkan laporan pengguna di situs Ask Woody-nya, bahwa Microsoft mungkin lupa memperbarui tanggal kadaluarsa sebuah file. Menurutnya, hal ini lah yang mungkin menjadi penyebab masalah pembaruan ini.

File yang dimaksud adalah file authorization.xml, yang dapat kalian akses di C:\Windows\SoftwareDistribution\AuthCabs\authcab.cab.

Mengatasi Error 80248015 Saat Update Windows 7

Ada dua cara untuk mengatasi error 80248015 saat update Windows 7 ini. Pertama adalah dengan mengganti tanggal di PC kalian ke tanggal yang lebih tua dari tanggal 03.12.2017. Namun, cara ini hanya bersifat sementara.

Cara kedua adalah dengan menonaktifkan fungsi “Give me updates for Microsoft products and check for new optional Microsoft software when I update Windows” di pengaturan Windows Update.

Ini bukan kali pertama pengguna Windows mempunyai masalah Microsoft Update dengan error 80248015. Masalah ini juga terjadi tiga tahun yang lalu di bulan November 2014 kepada pengguna Windows XP dan Server 2003 yang juga tidak dapat menggunakan Windows Updates pada waktu itu.

Jika kalian baru-baru ini mencari cara untuk mengatasi error 80248015 saat update Windows 7 ini, mungkin kalian telah diarahkan ke cara untuk mengatasi masalah ini untuk Windows XP dan Server 2003. Pada waktu itu, masalah ini disebabkan oleh pengguna yang menonaktifkan fungsi Pembaruan Windows; yang sama sekali bebeda dengan masalah yang sekarang.

Hal seperti ini sangat tidak wajar bagi perusahaan sekelas Microsoft jika error seperti 80248015 sering terjadi. Windows 7 masih mendapatkan support, dan Microsoft dapat diaggap perusahaan amatiran jika benar masalah ini memang disebabkan oleh mereka yang lupa mengupdate sebuah file pada sistem Windows 7 ini.

Sampai saat ini, masih belum diketahui pasti apa yang menyebabkan masalah ini terjadi. Namun, masalah ini sepertinya dimulai dari tanggal kadaluwarsa pada sebuah file tadi.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Valve Rilis Aplikasi Steam Chat di iOS dan Android

Valve resmi merilis aplikasi Steam Chat untuk perangkat iOS dan Android. Aplikasi native ini dirancang khusus untuk memudahkan pengguna berkomunikasi dengan pengguna lain yang...

Adobe Premiere Rush Resmi Tersedia di Android

Telah lama dinanti, Adobe kini resmi merilis Premiere Rush untuk perangkat Android. Sebelumnya, Premiere Rush, aplikasi edit video yang dikhususkan untuk content creator, dirilis...

Windows 10 ‘May 2019 Update’ Resmi Tersedia

Microsoft merilis Windows 10 May 2019 Update beberapa hari lalu untuk semua pengguna. Sebelumnya, update ini pertama kali dirilis melalui jalur Release Preview untuk...