Cara Membuat System Restore Point di Windows 10

Home How To Cara Membuat System Restore Point di Windows 10

-

System Restore Point adalah cadangan pengaturan sistem Windows yang mencakup aplikasi yang diinstal, Windows Registry, dan file sistem. Restore Point sangat berguna ketika terjadi kerusakan pada sistem, misalnya setelah pengguna memperbarui versi Windows mereka ke versi yang terbaru. Ketika hal semacam tersebut terjadi, pengguna dapat menggunakan System Restore Point yang telah dibuat untuk memulihkan sistem mereka ke keadaan sebelumnya. Berikut adalah cara membuat System Restore Point di Windows 10.

Cara Membuat System Restore Point di Windows 10

Hal pertama yang harus diketahui sebelum membuat System Restore Point di Windows 10 adalah pengguna harus login melalui akun administrator. Jika tidak, maka langkah-langkah berikut tidak akan dapat dijalankan.

Melalui akun administrator, buka File Explorer dan di bilah navigasi di sebelah kiri, klik kanan This PC dan pilih Properties. Di jendela Properties yang terbuka, lihat opsi di sebelah kiri, dan klik Advanced System Settings.

Membuat System Restore Point

Mengaktifkan System Protection

Sebelum membuat System Restore Point, kita diwajibkan untuk mengaktifkan System Protection terlebih dahulu untuk memastikan bahwa sistem Windows kita telah diproteksi dan siap untuk dicadangkan.

Untuk mengaktifkannya, pada jendela System Properties, buka tab System Protection. Tab System Protection akan menampilkan semua drive yang saat ini dikonfigurasi pada sistem kita. Sebagai contoh pada gambar di bawah, saat ini sistem Windows yang digunakan penulis mempunyai dua drive yang aktif, yaitu drive C untuk Windows dan drive D untuk file lokal. Kita dapat membuat System Restore Point untuk setiap drive, tetapi dalam banyak kasus, membuat satu saja untuk drive Windows sudah cukup.

Baca juga: Cara Menghapus Folder 3D Objects di Windows 10

Membuat System Restore Point

Pilih drive Windows, yaitu drive yang diinstal Windows 10, dan klik tombol Configure. Setelah itu, pilih opsi Turn on system protection, dan kemudian alokasikan ruang yang akan digunakan untuk Restore Point. Biasanya, 500 MB sudah cukup, namun untuk menjaga-jaga, kita dapat mengalokasikan hingga 1 GB ruang jika memadai. Setel ruang yang akan digunakan dengan menyeret penggeser Max Usage. Klik Apply, dan kemudian tutup jendela tersebut.

Membuat System Restore Point

Selanjutnya, kembali ke jendela System Properties pada tab System Protection, dan klik tombol Create di bagian bawah untuk membuat System Restore Point untuk disk yang telah dipilih tadi, yaitu drive yang diinstal Windows yang juga telah diaktifkan system protection-nya.

Beri nama, klik Create, dan restore point akan dibuat secara otomatis. Restore point biasanya hanya membutuhkan waktu beberapa menit untuk dibuat. Dalam proses pembuatan, tanggal juga akan ditambahkan ke restore point tersebut secara otomatis agar mudah diingat.

Membuat System Restore Point

Sampai pada langkah ini, System Restore Point telah berhasil dibuat. Berikut adalah langkah-langkah opsional dan lanjutan yang juga berhubungan dengan System Restore Point; yaitu langkah untuk menggunakan restore point tersebut dan langkah untuk menghapusnya.

Menggunakan System Restore Point

Tujuan untuk menggunakan System Restore Point adalah untuk mengembalikan posisi Windows, termasuk aplikasi dan sistem file, pada waktu di mana restore point tersebut dibuat.

Membuat System Restore Point

Untuk mengembalikan sistem ke suatu restore point, kita perlu membuka jendela System Properties pada tab System Protection yang tadi, lalu pilih drive yang ingin dipulihkan, dan klik tombol System Restore. Aksi ini akan membuka jendela di mana, setelah kita mengklik Next, daftar restore point yang telah dibuat akan ditampilkan. Lalu pilih restore point yang kita inginkan, dan klik Next untuk melanjutkan. Setelah itu ikuti saja petunjuk yang ada pada jendela System Restore, dan ketika proses telah selesai, maka sistem Windows kita akan dikembalikan ke restore point yang telah dipilih tadi.

Menghapus Restore Point

Jika kita ingin menghapus semua restore point yang telah kita buat, di jendela System Properties pada tab System Protection, klik tombol Configure, dan klik tombol Delete di bagian bawah untuk menghapus semua restore point.

Membuat System Restore Point

Untuk menghapus restore point satu per satu, buka Command Prompt dengan hak administrator.

Lalu ketik perintah di bawah untuk menampilkan semua daftar restore point yang telah dibuat:

vssadmin list shadows

Restore point tidak akan ditampilkan dengan nama yang kita berikan tadi. Namun, mereka ditampilkan dengan Shadow ID dan tanggal pembuatannya. Maka dari itu, untuk menghapusnya, kita hanya perlu mengetahui Shadow ID tersebut.

Membuat System Restore Point

Berikut adalah perintah untuk menghapus suatu restore point:

vssadmin delete shadows /Shadow={shadow copy ID}

Contoh:

vssadmin delete shadows /Shadow={b4bcb73a-3e5e-48d5-9972-355d720fd70f}

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Facebook Menguping Pesan Suara di Messenger

Facebook selama ini telah membayar orang atau kontraktor untuk menguping percakapan pengguna di Messenger, dengan mentranskrip audio dari pesan suara. Menurut laporan dari Bloomberg,...

4 Emulator SNES Terbaik di Android

SNES, atau Super Nintendo Entertainment System, adalah salah satu konsol klasik terbaik yang pernah ada. Mario, Zelda, Mario Kart, dan Metroit adalah sebagian dari...

Automattic, Pemilik WordPress, Beli Tumblr dari Verizon

Menurut laporan dari The Wall Street Journal, Verizon resmi menjual Tumblr ke Automattic Inc. Ketentuan dari kesepakatan pembelian ini dirahasiakan, namun jumlahnya 'lebih kecil'...