• Tutorial

Cara Membuat System Restore Point di Windows 10

Pilihan

9 Distro Linux Terbaik

Linux merupakan sistem operasi (OS) yang bersifat open source, dan telah digunakan oleh banyak pengguna dari berbagai penjuru negara....

Windows OEM dan Perbedaannya dengan Versi Retail

Dua versi Windows yang paling dikenal oleh banyak pengguna adalah Windows OEM dan Windows Retail. Keduanya merupakan produk orisinil...

Facebook Luncurkan Layanan Kencan ‘Facebook Dating’

Facebook resmi meluncurkan layanan kencan mereka, "Facebook Dating." Dimumkan pada acara F8 tahun lalu, Facebook Dating tersedia mulai hari...

iPhone 11 Pro dan Pro Max Hadir dengan Tiga Kamera

Selain iPhone 11, Apple hari ini juga mengumumkan dua model ponsel termahalnya untuk tahun 2019 ini. iPhone 11 Pro...

System Restore Point adalah cadangan pengaturan sistem Windows yang mencakup aplikasi yang diinstal, Windows Registry, dan file sistem. Restore Point sangat berguna ketika terjadi kerusakan pada sistem, misalnya setelah pengguna memperbarui versi Windows mereka ke versi yang terbaru. Ketika hal semacam tersebut terjadi, pengguna dapat menggunakan System Restore Point yang telah dibuat untuk memulihkan sistem mereka ke keadaan sebelumnya. Berikut adalah cara membuat System Restore Point di Windows 10.

Cara Membuat System Restore Point di Windows 10

Hal pertama yang harus diketahui sebelum membuat System Restore Point di Windows 10 adalah pengguna harus login melalui akun administrator. Jika tidak, maka langkah-langkah berikut tidak akan dapat dijalankan.

Melalui akun administrator, buka File Explorer dan di bilah navigasi di sebelah kiri, klik kanan This PC dan pilih Properties. Di jendela Properties yang terbuka, lihat opsi di sebelah kiri, dan klik Advanced System Settings.

IKLAN

Membuat System Restore Point

Mengaktifkan System Protection

Sebelum membuat System Restore Point, kita diwajibkan untuk mengaktifkan System Protection terlebih dahulu untuk memastikan bahwa sistem Windows kita telah diproteksi dan siap untuk dicadangkan.

Untuk mengaktifkannya, pada jendela System Properties, buka tab System Protection. Tab System Protection akan menampilkan semua drive yang saat ini dikonfigurasi pada sistem kita. Sebagai contoh pada gambar di bawah, saat ini sistem Windows yang digunakan penulis mempunyai dua drive yang aktif, yaitu drive C untuk Windows dan drive D untuk file lokal. Kita dapat membuat System Restore Point untuk setiap drive, tetapi dalam banyak kasus, membuat satu saja untuk drive Windows sudah cukup.

Baca juga: Cara Menghapus Folder 3D Objects di Windows 10

Membuat System Restore Point

Pilih drive Windows, yaitu drive yang diinstal Windows 10, dan klik tombol Configure. Setelah itu, pilih opsi Turn on system protection, dan kemudian alokasikan ruang yang akan digunakan untuk Restore Point. Biasanya, 500 MB sudah cukup, namun untuk menjaga-jaga, kita dapat mengalokasikan hingga 1 GB ruang jika memadai. Setel ruang yang akan digunakan dengan menyeret penggeser Max Usage. Klik Apply, dan kemudian tutup jendela tersebut.

Membuat System Restore Point

Selanjutnya, kembali ke jendela System Properties pada tab System Protection, dan klik tombol Create di bagian bawah untuk membuat System Restore Point untuk disk yang telah dipilih tadi, yaitu drive yang diinstal Windows yang juga telah diaktifkan system protection-nya.

Beri nama, klik Create, dan Membuat System Restore Point

Sampai pada langkah ini, System Restore Point telah berhasil dibuat. Berikut adalah langkah-langkah opsional dan lanjutan yang juga berhubungan dengan System Restore Point; yaitu langkah untuk menggunakan restore point tersebut dan langkah untuk menghapusnya.

Menggunakan System Restore Point

Tujuan untuk menggunakan System Restore Point adalah untuk mengembalikan posisi Windows, termasuk aplikasi dan sistem file, pada waktu di mana restore point tersebut dibuat.

Membuat System Restore Point

Untuk mengembalikan sistem ke suatu restore point, kita perlu membuka jendela System Properties pada tab System Protection yang tadi, lalu pilih drive yang ingin dipulihkan, dan klik tombol System Restore. Aksi ini akan membuka jendela di mana, setelah kita mengklik Next, daftar restore point yang telah dibuat akan ditampilkan. Lalu pilih restore point yang kita inginkan, dan klik Next untuk melanjutkan. Setelah itu ikuti saja petunjuk yang ada pada jendela System Restore, dan ketika proses telah selesai, maka sistem Windows kita akan dikembalikan ke restore point yang telah dipilih tadi.

Menghapus Restore Point

Jika kita ingin menghapus semua restore point yang telah kita buat, di jendela System Properties pada tab System Protection, klik tombol Configure, dan klik tombol Delete di bagian bawah untuk menghapus semua restore point.

Membuat System Restore Point

Untuk menghapus restore point satu per satu, buka Command Prompt dengan hak administrator.

Lalu ketik perintah di bawah untuk menampilkan semua daftar restore point yang telah dibuat:

vssadmin list shadows

Restore point tidak akan ditampilkan dengan nama yang kita berikan tadi. Namun, mereka ditampilkan dengan Shadow ID dan tanggal pembuatannya. Maka dari itu, untuk menghapusnya, kita hanya perlu mengetahui Shadow ID tersebut.

Membuat System Restore Point

Berikut adalah perintah untuk menghapus suatu restore point:

vssadmin delete shadows /Shadow={shadow copy ID}

Contoh:

vssadmin delete shadows /Shadow={b4bcb73a-3e5e-48d5-9972-355d720fd70f}
IKLAN

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

5 Aplikasi Keyboard Terbaik di Android

Aplikasi keyboard, atau papan tik, merupakan salah satu komponen penting, dan biasanya, semua ponsel sudah memilikinya sebagai salah satu...

Discord Segera Tutup Katalog ‘Nitro Games’

Discord mengumumkan jika akan menutup layanan Nitro Games, yang menyediakan akses terhadap beberapa gim gratis. Layanan ini merupakan salah satu keuntungan dari berlangganan layanan...

Aplikasi Slack di Desktop Dapatkan Mode Gelap

Slack, melalui sebuah artikel blognya, mengumumkan jika telah merilis 'mode gelap' untuk aplikasinya di desktop, termasuk Windows, Mac, dan Linux. Slack untuk perangkat mobile,...

Firefox Uji Coba Layanan VPN Gratis

Mozilla baru saja meluncurkan layanan VPN gratis miliknya, yang dapat diakses melalui peramban Firefox. Dinamai Firefox Private Network, layanan ini merupakan bagian dari program...