Membuat Blog dengan Mudah Bersama Niagahoster

Home Promoted Membuat Blog dengan Mudah Bersama Niagahoster

Selain media sosial, tidak sedikit pengguna yang menggunakan blog sebagai sarana untuk meningkatkan online presence mereka. Melalui sebuah blog, pengguna dapat berbagi informasi dan menyampaikan isi pikiran mereka ke dalam suatu tulisan yang dapat dibaca oleh siapapun dengan akses internet. Tidak hanya itu, dengan blogging, pengguna juga dapat berlatih untuk menjadi penulis yang lebih handal.

Membuat Blog dengan Mudah Bersama Niagahoster

Untuk memulai membuat blog, pengguna membutuhkan suatu platform. Platform yang dimaksud yaitu software untuk menjalankan blog pengguna. Saat ini, platform blogging yang paling populer adalah WordPress. Selain cocok untuk pemula, platform ini gratis untuk digunakan. Di WordPress, ada banyak sekali pilihan plugin dan tema yang dapat disesuaikan untuk mengatur tampilan blog pengguna.

Selain platform, pengguna juga membutuhkan web hosting, yang nantinya akan bertugas untuk menyimpan data dari blog pengguna, dan memberikan akses kepada pengunjung. Ada beberapa kriteria yang perlu diperhatikan sebelum menyewa layan web hosting, yaitu:

  • Uptime server: semakin besar uptime yang dimiliki, maka semakin bagus pula layanan web hosting tersebut;
  • Support: layanan bantuan yang responsif dan bisa dihubung kapan pun tentu akan lebih menguntungkan jika terjadi sesuatu terhadap blog pengguna;
  • Harga: web hosting yang bagus memiliki harga yang fair terhadap layanan yang diberikan.

Niagahoster saat ini menyediakan beberapa pilihan layanan web hosting dengan harga yang murah dan kualitas terjamin. Berikut adalah beberapa alasan kenapa Niagahoster layak dipertimbangkan untuk menjadi penyedia layanan web hosting untuk blog pengguna:

  • Mempunyai fitur Auto Install WordPress yang akan memudahkan pengguna dalam meng-install WordPress dengan satu kali klik;
  • Mempunyai data center yang terletak di Indonesia;
  • Mempunyai Server Uptime 99,9%;
  • Mempunyai layanan bantuan yang responsif dan handal;
  • Menyediakan disk space dan bandwidth unlimited;
  • Menawarkan gratis domain dan SSL selamanya;
  • Menawarkan garansi 30 hari uang kembali.

Selain itu, pengguna juga akan mendapatkan diskon yang beragam ketika membeli layanan web hosting di Niagahoster.

Memilih Paket Web Hosting di Niagahoster

Ada beberapa pilihan paket hosting murah di Niagahoster, yaitu paket Bayi, Pelajar, Personal, dan Bisnis. Masing-masing paket tersebut memiliki fitur-fitur yang berbeda sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Membuat Blog dengan Mudah Bersama Niagahoster

Untuk menghemat biaya pembuatan blog, pengguna disarankan untuk menyewa paket web hosting Pelajar atau di atasnya, karena paket-paket tersebut menyediakan domain gratis, yang memiliki harga cukup mahal ketika dibeli terpisah. Domain juga merupakan hal yang perlu dimiliki ketika ingin membuat sebuah blog.

Membuat Blog dengan Mudah Bersama Niagahoster

Setalah menentukan pilihan paket web hosting mana yang akan digunakan, pengguna akan diarahkan ke halaman Order. Di halaman tersebut, pengguna diminta untuk menentukan durasi lamanya penyewaan dari web hosting yang dipilih. Waktu idealnya adalah 1 tahun. Namun, pengguna juga bisa untuk memilih lebih dari waktu tersebut. Sebelum menuju ke proses selanjutnya, jangan lupa juga untuk mencentang pilihan Auto Install Website agar WordPress dapat di-install secara otomatis setelah order dilakukan.

Membuat Blog dengan Mudah Bersama Niagahoster

Setalah proses pemilihan durasi penyewaan web hosting, pengguna akan ditawarkan untuk memilih nama domain gratis untuk blog pengguna. Opsi ini hanya berlaku jika pengguna memilih paket hosting Pelajar atau di atasnya. Pengguna juga dapat melewati opsi ini jika telah memiliki nama domain dengan meng-klik ‘Saya Tidak Ingin Domain Gratis Karena Sudah Memilikinya.’

Setelah menentukan nama domain (contoh: blogbarusaya.com), pengguna dapat mengecek ketersediaan dari domain tersebut dengan meng-klik tombol Cari Domain. Jika domain tidak tersedia, pengguna diharuskan untuk memilih nama domain yang lain sampai ada yang tersedia. Setelah selesai, pengguna dapat meng-klik tombol Selanjutnya untuk diarahkan ke halaman Rincian Order dari web hosting pengguna.

Setalah proses order sesuai, pengguna dapat meng-klik tombol Checkout Sekarang untuk melakukan Checkout dari order tersebut.

Membuat Blog dengan Mudah Bersama Niagahoster

Jika pengguna telah memiliki akun Niagahoster, pengguna bisa langsung melakukan login. Namun, jika belum, pengguna dapat mendaftar terlebih dahulu.

Memulai Blogging

Jika proses order telah selesai, maka pengguna secara otomatis akan disuguhkan dengan formulir Setup Installation yang akan dipakai untuk meng-install WordPress di web hosting pengguna. Semua data yang diisi akan terkait dengan blog pengguna; mulai dari judul dan deskripsi blog, sampai dengan username dan password untuk akun administrator blog pengguna.

Membuat Blog dengan Mudah Bersama Niagahoster

Namun, jika formulir tersebut tidak muncul, pengguna tetap bisa meng-install WordPress dengan fitur Auto Install dari Niagahoster melalui dahshboard pengguna. Setelah login menggunakan akun Niagahoster, pengguna dapat memilih menu Hosting dan Domain yang terletak di sisi kiri dashboard. Setelah itu, pengguna dapat meng-klik hosting yang sedang aktif di mana WordPress akan di-install.

Lalu, melalui tab Install Website yang terletak di sisi paling kanan, pengguna dapat meng-klik Install. Nantinya, formulir instalasi WordPress akan dimunculkan, dan pengguna dapat mengisinya sesuai dengan pilihan pengguna. Setelah semua selesai diisi, pengguna dapat meng-klik tombol Install yang terletak di bawah formulir untuk memulai instalasi WordPress di web hosting pengguna.

Membuat Blog dengan Mudah Bersama Niagahoster

Setelah proses instalasi selesai, pengguna dapat melakukan login ke akun dashboard blog WordPress pengguna. Halaman login terletak di /homepage/wp-admin/ (contoh: blogbarusaya.com/wp-admin/). Informasi login adalah data Admin User dan Admin Password yang dimasukkan ketika pengguna mengisi formulir instalasi tadi.

Setelah berhasil login, pengguna sudah dapat sepenuhnya menggunakan blog baru tersebut. Untuk menulis dan mem-posting artikel baru, pengguna dapat meng-klik Pos > Tambah Baru yang ada di sebelah kiri dashboard WordPress.

Membuat Blog dengan Mudah Bersama Niagahoster

Di halaman Tambah Pos tersebut, pengguna dapat menentukan judul, kategori, dan label dari artikel yang ingin ditulis. Setelah proses penulisan selesai, pengguna dapat memilih tombol Terbitkan untuk menerbitkan artikel baru tersebut.

Sebagai tambahan, untuk mengatur tema, menambahkan plugin, dan lainnya, pengguna dapat mencari panduan di Google atau membaca panduan-panduan tentang WordPress yang sudah disediakan oleh Niagahoster.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update artikel terbaru dari Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Fitur Boomerang dan Mode Selfie Telah Hadir di Messenger

Kamera di Facebook Messenger mendapatkan pembaruan yang cukup signifikan hari ini. Facebook mengumumkan jika fitur Boomerang dan mode selfie telah hadir di Messenger. Tidak...

FlashScore ID: Aplikasi Skor Langsung dan Jadwal Pertandingan Berbagai Olahraga

Di zaman yang sudah serba digital ini, melihat skor langsung dan jadwal pertandingan dari sebuah pertandingan olah raga dapat dilakukan dengan mudah; salah satunya...

Instagram Menggunakan AI untuk Membuat Deskripsi Foto

Instagram menggunakan AI untuk membuat deskripsi foto yang diunggah penggunanya ke platform tersebut. Perilisan fitur baru ini diumumkan Instagram hari ini memalui halaman blog resminya....

Instagram Akan Menghapus Follower dan Like Palsu

Demi meningkatkan pengelaman penggunanya, Instagram akan menghapus follower dan like palsu, termasuk juga komentar palsu, dari akun yang menggunakan aplikasi pihak ke-tiga untuk mendapatkannya....