Kecepatan Jaringan 5G dari Tes Simulasi Yang Dilakukan Qualcomm

Home Development Kecepatan Jaringan 5G dari Tes Simulasi Yang Dilakukan Qualcomm

Pada event MWC 2018, Qualcomm memamerkan beberapa hasil test simulasi kecepatan koneksi 5G yang dilakukan di San Francisco dan Frankfurt. Dibandingkan dengan koneksi 4G sendiri yang dapat mencapai hingga 50Mbps untuk kecepatan download, 5G diharapkan lebih cepat dan stabil. Seberapa cepat koneksi 5G tersebut akan dipengaruhi beberapa faktor, seperti perangkat yang digunakan dan kondisi cuaca, namun kecepatannya dirumorkan akan mencapai 500Mbps untuk kecepatan download. Berikut lengkapnya kecepatan jaringan 5G dari tes simulasi yang dilakukan Qualcomm.

Kecepatan Jaringan 5G dari Tes Simulasi Yang Dilakukan Qualcomm

Dikutip dari The Verge, Qualcomm melakukan dua tes simulasi 5G di suatu tempat Frankfurt dan San Francisco, dengan mempertimbangkan beberapa faktor, yaitu tempat adanya cell sites dan alokasi spektrum yang ada di dua kota tersebut. Mereka mempresentasikan hasilnya di Mobile World Congress (MWC) tahun 2018 ini. Qualcommm berharap tes ini akan memberi kita pencerahan mengenai seberapa cepat koneksi 5G jika nantinya digunakan di dunia nyata.

Baca juga: Samsung Menguji Koneksi 5G Miliknya di Jepang

Di Frankfurt, tes ini didasarkan pada jaringan 100 MHz di spektrum 3,5 GHz, yang merupakan koneksi jaringan basic. Untuk kecepatan browsing, koneksi yang didapat dari tes ini melonjak dari 56 Mbps pada jaringan 4G menjadi 490 Mbps pada jaringan 5G. Ini merupakan sebuah lonjatan dengan skala 875 persen. Kecepatan download rata-rata melonjak sekitar 1.250 persen, dari 8 Mbps menjadi 100 Mbps.

Kecepatan Jaringan 5G dari Tes Simulasi Yang Dilakukan Qualcomm
Credit: Qualcomm / The Verge

Simulasi yang dilakukan San Francisco bahkan lebih menakjubkan lagi. Pengujian dilakukan pada model jaringan mmWave yang beroperasi pada jaringan 800 MHz dari spektrum 28 GHz. Kecepatan browsing rata-rata pada 4G adalah 71 Mbps, namun pada 5G melonjak menjadi 1,4 Gbps. Ini merupakan sebuah lonjatan sekitar 1,972 persen. Untuk kecepatan download, koneksi 4G memiliki kecepatan rata-rata 10 Mbps, namun koneksi 5G melonjak hingga 1,860 persen lebih cepat dengan kecepatan 186Mbps.

Kecepatan Jaringan 5G dari Tes Simulasi Yang Dilakukan Qualcomm
Credit: Qualcomm / The Verge

Qualcomm juga melakukan tes koneksi 5G ini untuk menguji kualitas video yang bisa ditonton melalui jaringan ini. Hasilnya menunjukkan bahwa pengguna dengan koneksi 5G dapat melakukan streaming video dengan resolusi 8K, pada 120 FPS, dan dengan pewarnaan 10-bit.

Untuk ketersediaan, masyarakat mungkin harus menunggu waktu yang agak lama untuk dapat menggunakan koneksi 5G ini. Sebelumnya diluncurkan, kita mungkin akan diperkenalkan dengan perangkat yang dapat menampung koneksi ini terlebih dahulu. Namun, jika dari hasil tes simulasi merupakan kecepatan sesungguhnya dari koneksi 5G, mungkin kita juga akan dapat menikmati koneksi mobile data dengan kecepatan yang juga tinggi, meskipun hanya separuh dari kecepatan koneksi 5G yang dipaparkan oleh Qualcomm.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Browser Brave Rilis Iklan yang Membayar Pengguna

Browser Brave hari ini merilis Brave Ads, platform periklanan digital miliknya, untuk pengguna desktop di Kanada, Perancis, UK, dan Amerika Serikat. Melalui Brave Ads,...

Google Fit Resmi Tersedia untuk Perangkat iOS

Google Fit, aplikasi pencatat kesehatan yang dikembangkan oleh Google, resmi tersedia untuk perangkat iOS. Aplikasi ini pertama kali dirilis oleh Google pada 2014 lalu....

Tech & Society: Sebuah Podcast dari Mark Zuckerberg

Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg, resmi memiliki sebuah podcast sendiri. Diumumkan melalui akun Twitter milik Facebook, Zuckerberg melalui podcast-nya ingin membahas bagaimana perkembangan...