Kalkulator di Windows Menjadi Perangkat Lunak Open Source

Kode sumber dari perangkat lunak Kalkulator di Windows dapat pengguna lihat dan unduh melalui GitHub. Para pengembang juga dapat berkontribusi terhadap pengembangan dari Kalkulator.

Home Development Kalkulator di Windows Menjadi Perangkat Lunak Open Source

Microsoft secara resmi mengumumkan jika mereka telah membuat perangkat lunak Kalkulator di Windows menjadi perangkat lunak open source. Artinya, siapa pun dapat berkontribusi untuk melakukan perubahan terhadap kode dari aplikasi tersebut untuk meningkatkan kinerjanya.

Kalkulator di Windows Menjadi Perangkat Lunak Open Source

Microsoft telah melisensikan Kalkulator di Windows di bawah Lisensi MIT; suatu lisensi permisif untuk perangkat lunak bebas yang berasal dari Massachusetts Institute of Technology. Sebagai lisensi permisif, ia hanya membatasi penggunaan kembali terhadap perangkat lunak yang dimaksud dengan sangat terbatas. Lisensi ini juga dipakai di beberapa aplikasi Windows lainnya, termasuk .Net Core, Visual Studio Code, dan juga MS-DOS.

Artikel terkaitMicrosoft Whiteboard Kini Tersedia untuk Windows

Kode sumber dari Kalkulator di Windows dapat diakses melalui GitHub, termasuk juga sistem build, tes unit, dan rancangan fitur yang tersedia pada apikasi tersebut. Microsoft, dikutip dari laman resminya, ingin berkolaborasi dengan para pengembang untuk mengembangkan Kalkulator. Hal ini termasuk pembuatan dan pengimplementasian fitur-fitur baru di kemudian hari. Namun, Microsoft juga tetap ingin mengevaluasi prototipe fitur baru tersebut atau jika ada perubahan antarmuka pengguna sebelum mereka mulai menerapkannya.

Kalkulator di Windows Menjadi Perangkat Lunak Open Source
Kredit gambar: Naufal H. Rabbani

Meskipun Kalkulator merupakan bagian yang relatif kecil dari Windows, membuatnya menjadi produk open source merupakan suatu komitmen dari Microsoft yang ingin mendukung komunitas open source. Sebelumnya, Microsoft telah membuat aplikasi File Manager orisinil dari tahun 90-an open source untuk memungkinkannya berjalan pada Windows 10. Mereka juga baru-baru ini membuat 60.000 paten yang dimiliki open source untuk membantu dan mendukung pengembangan Linux.

Artikel terkaitWindows 95 Kini Tersedia dalam Bentuk Aplikasi

Selain itu, dengan membuat kode sumber Kalkulator tersedia dan dapat diakses oleh siapa pun, langkah ini diharapkan dapat menjadi suatu pengenalan terhadap teknologi pengembangan Microsoft, seperti XAML, Universal Windows Platform, dan Azure Pipelines. Oleh karena itu, Microsoft juga akan melakukan kontribusi custom control dan ekstensi API yang mereka gunakan dalam Kalkulator dan aplikasi lain, untuk proyek-proyek seperti Windows Community Toolkit dan Windows UI Library.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Browser Brave Rilis Iklan yang Membayar Pengguna

Browser Brave hari ini merilis Brave Ads, platform periklanan digital miliknya, untuk pengguna desktop di Kanada, Perancis, UK, dan Amerika Serikat. Melalui Brave Ads,...

Google Fit Resmi Tersedia untuk Perangkat iOS

Google Fit, aplikasi pencatat kesehatan yang dikembangkan oleh Google, resmi tersedia untuk perangkat iOS. Aplikasi ini pertama kali dirilis oleh Google pada 2014 lalu....

Tech & Society: Sebuah Podcast dari Mark Zuckerberg

Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg, resmi memiliki sebuah podcast sendiri. Diumumkan melalui akun Twitter milik Facebook, Zuckerberg melalui podcast-nya ingin membahas bagaimana perkembangan...