Nokia dan Vodavone Akan Bangun Jaringan 4G LTE di Bulan

Home Enterprise Nokia dan Vodavone Akan Bangun Jaringan 4G LTE di Bulan

-

Perusahaan yang bergerak di bidang luar angkasa dari Jerman, PTScientists, telah merencanakan sebuah misi pergi ke Bulan. Untuk itu, perusahaan ini telah bekerja sama dengan Audi. Misinya adalah untuk memproduksi dan mengirimkan dua quattro rovers untuk menjelajahi permukaan bulan. Mereka juga mengharapkan kedua rovers tersebut dapat kembali dengan selamat ke lokasi pendaratan Apollo 17 di tahun 2019. Kini, tim tersebut juga telah bekerja sama dengan Vodafone dan Nokia untuk membangun komunikasi berbasis jaringan di Bulan. Untuk memenuhi permintaan tersebut, Nokia dan Vodavone akan bangun jaringan 4G LTE di Bulan untuk kali pertama. Tujuan dari pembangunan jaringan ini adalah untuk mengirim gambar hasil ekspolarasi kedua rovers tersebut ke Bumi dengan kualitas High-def.

Nokia dan Vodavone Akan Bangun Jaringan 4G LTE di Bulan

Dikutip dari Engadget, stasiun pangkalan Vodafone akan berkomunikasi dengan kedua rovers tersebut saat mereka sedang mengumpulkan gambar dan video dari permukaan bulan. Jaringan 4G LTE di Bulan yang digunakan sebagai alat komunikasi ini akan menggunakan pita frekuensi 1800 MHz untuk mengirim video HD ke Autonomous Landing and Navigation Module (ALINA). Kemudian, ALINA akan menghubungkan komunikasi ini ke PTScientists di Berlin. Nokia juga dikabarkan akan membuat perlengkapan jaringan ruang angkasa yang beratnya kurang dari satu kilogram.

Baca juga: Kecepatan Jaringan 5G dari Tes Simulasi Yang Dilakukan Qualcomm

Jaringan 4G merupakan teknologi komunikasi yang lebih hemat energi dibanding dengan jaringan menggunakan radio analog. Jaringan 4G juga dapat men-transfer jumlah data yang lebih besar antara kedua rovers yang dikirim oleh PTScientists dan stasiun ALINA.

Dikutip dari Engadget, berikut adalah pernyataan Nokia mengenai perjanjian dengan Vodavone:

We are very pleased to have been selected by Vodafone to be their technology partner. This important mission is supporting, among other things, the development of new space-grade technologies for future data networking, processing and storage, and will help advance the communications infrastructure required for academics, industry and educational institutions in conducting lunar research. These aims have potentially wide-ranging implications for many stakeholders and humanity as a whole, and we look forward to working closely with Vodafone and the other partners in the coming months, prior to the launch in 2019.

Sedangkan dari sisi PTScientists, berikut adalah pernyataan dari Robert Boehme, selaku CEO dan Founder dari perusahaan tersebut, mengenai misi ini:

In order for humanity to leave the cradle of Earth, we need to develop infrastructures beyond our home planet. The great thing about this LTE solution is that it saves so much power, and the less energy we use sending data, the more we have to do science.

Kisi-kisi Tentang Misi Ini:

Semua peralatan yang akan digunakan dalam misi ini akan diberangkatkan ke Bulan di tahun 2019 mendatang. Misi pemberangkatan ini akan menggunakan roket SpaceX Falcon 9. Misi ini juga menandai 50 tahun sejak manusia pertama menginjakkan kakinya di Bulan pada tahun 1969 yang diantar oleh Apollo 11; melibatkan astronot Neil Armstrong dan Edwin “Buzz” Aldrin.

SumberNokia

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Valve Rilis Aplikasi Steam Chat di iOS dan Android

Valve resmi merilis aplikasi Steam Chat untuk perangkat iOS dan Android. Aplikasi native ini dirancang khusus untuk memudahkan pengguna berkomunikasi dengan pengguna lain yang...

Adobe Premiere Rush Resmi Tersedia di Android

Telah lama dinanti, Adobe kini resmi merilis Premiere Rush untuk perangkat Android. Sebelumnya, Premiere Rush, aplikasi edit video yang dikhususkan untuk content creator, dirilis...

Windows 10 ‘May 2019 Update’ Resmi Tersedia

Microsoft merilis Windows 10 May 2019 Update beberapa hari lalu untuk semua pengguna. Sebelumnya, update ini pertama kali dirilis melalui jalur Release Preview untuk...