Instagram Menggunakan AI untuk Membuat Deskripsi Foto

Teknologi AI ini digunakan Isntagram untuk membuat deskripsi foto bagi pengguna tuna netra yang menggunakan screen readers.

Home Development Instagram Menggunakan AI untuk Membuat Deskripsi Foto

Instagram menggunakan AI untuk membuat deskripsi foto yang diunggah penggunanya ke platform tersebut. Perilisan fitur baru ini diumumkan Instagram hari ini memalui halaman blog resminya. Fitur baru ini diharapkan dapat membantu pengguna yang memiliki gangguan dalam indra penglihatannya untuk mendeskripsikan suatu foto. Selain menggunakan AI untuk mendeskripsikan foto yang diunggah secara otomatis, pengguna juga dapat mendeskripsikan foto tersebut secara manual.

Instagram Menggunakan AI untuk Membuat Deskripsi Foto

Deskripsi dari foto tersebut dikenal dengan istilah “alternative text,” dan telah banyak dipakai oleh media-media online. Di Instagram, deskripsi alternative text ini nantinya akan muncul sendiri bagi pengguna tuna netra yang menggunakan screen readers; suatu software yang digunakan untuk mendeskripsikan elemen yang muncul d layar perangkat pengguna. Dengan kata lain, pengguna tuna netra nantinya akan dibacakan deskripsi dari foto yang sedang muncul di layar.

Instagram Menggunakan AI untuk Membuat Deskripsi Foto
Credit: Instagram

Fitur deskripsi alternative text ini nantinya akan digunakan Instagram di menu Feed, Explore, dan Profile. Jika suatu foto tidak memiliki deskripsi alternative text, maka Instagram secara otomatis akan memberinya menggunakan AI, yaitu teknologi object recognition.

Baca juga: Instagram Akan Menghapus Follower dan Like Palsu

Selain itu, Instagram juga memungkinkan pengguna untuk mengisi deskripsi alternative text secara manual, yang dapat dilakukannya melalui menu “Advanced Settings” ketika mengunggah atau menyunting suatu foto. Deskripsi alternative text yang diisi secara manual tentu akan memiliki informasi yang lebih akurat tentang foto tersebut, daripada yang diisi secara otomatis menggunakan AI.

Selain untuk mempermudah pengguna tuna netra yang telah terdaftar, fitur ini tentu juga akan membuka peluang Instagram untuk memperluas komunitas mereka; di mana kehadiran fitur ini akana mengundang pengguna tuna netra lain yang belum mendaftar. Dikutip dari blog Instagram, saat ini tuna netra berjumlah sekitar 250 juta di seluruh dunia.

Perilisan dari fitur ini juga merupakan sesuatu yang baru dari Instagram, di mana selama ini mereka hanya fokus pada gambar visual saja. Situs media sosial lainnya, termasuk Facebook dan Twitter, telah memiliki fitur deskripsi alternative text yang tersedia bagi penggunanya yang memiliki gangguan penglihatan sejak beberapa tahun lalu.

SumberInstagram

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Browser Brave Rilis Iklan yang Membayar Pengguna

Browser Brave hari ini merilis Brave Ads, platform periklanan digital miliknya, untuk pengguna desktop di Kanada, Perancis, UK, dan Amerika Serikat. Melalui Brave Ads,...

Google Fit Resmi Tersedia untuk Perangkat iOS

Google Fit, aplikasi pencatat kesehatan yang dikembangkan oleh Google, resmi tersedia untuk perangkat iOS. Aplikasi ini pertama kali dirilis oleh Google pada 2014 lalu....

Tech & Society: Sebuah Podcast dari Mark Zuckerberg

Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg, resmi memiliki sebuah podcast sendiri. Diumumkan melalui akun Twitter milik Facebook, Zuckerberg melalui podcast-nya ingin membahas bagaimana perkembangan...