Instagram Akan Menghapus Follower dan Like Palsu

Say goodbye kepada akun-akun yang menggunakan aplikasi pihak ke-tiga untuk mendapatkan follower dan like palsu.

Home Development Instagram Akan Menghapus Follower dan Like Palsu

Demi meningkatkan pengelaman penggunanya, Instagram akan menghapus follower dan like palsu, termasuk juga komentar palsu, dari akun yang menggunakan aplikasi pihak ke-tiga untuk mendapatkannya. Pemiliki dari akun-akun tersebut akan diberi peringatan untuk mengganti password mereka agar tidak terhubung lagi dengan aplikasi pihak ke-tiga tersebut. Kebijakan ini mulai diberlakukan Instagram hari ini, sesuai dengan Community Guidelines dan Layanan Penggunaan mereka.

Instagram Akan Menghapus Follower dan Like Palsu

Instagram mengatakan jika telah membangun alat moderasi yang didukung learning-powered machine. Alat ini akan akan membantu mengidentifikasi akun mana yang menggunakan aplikasi pihak ke-tiga untuk meningkatkan popularitasnya, dan secara otomatis akan menghapus aktivitas non-authentic yang dihasilkan, termasuk follower, like, dan komentar palsu dari akun tersebut.

Instagram Akan Menghapus Follower dan Like Palsu
Credit: Instagram

Pemilik dari akun-akun tersebut juga akan diberitahu melalui akun Instagram mereka jika like dan komentar palsu yang dibuat telah dihapus. Mereka juga akan diminta untuk mengubah password-nya, memberitahukan jika aplikasi pihak ke-tiga tersebut dapat membahayakan keamanan akun mereka.

Baca juga: Twitter Menangguhkan 70 Juta Akun dalam Dua Bulan Terakhir

Dikutip dari TechCrunch, Instagram mengatakan jika penggunaan berkelanjutan dari apilkasi pihak ke-tiga tersebut akan berdampak pada pengalaman pengguna. Instagram mungkin akan membatasi akses dari beberapa fitur untuk akun-akun tersebut.

Aplikasi pihak ke-tiga banyak digunakan oleh para ‘influencer’ di Instagram untuk meningkatkan popularitas mereka. Pengguna dapat membayar aplikasi-aplikasi ini untuk menghasilkan user-engagement dan meningkatkan audiens mereka.

Instagram sebelumnya telah berupaya untuk mengatasi aktivitas-aktivitas non-authentic yang dihasilkan dari layanan aplikasi pihak ke-tiga. Di bulan Agustus lalu, Instagram merilis fitur “Tentang Akun Ini” dalam upaya untuk megizinkan pengguna menilai sendiri keaslian dari akun lain. Tahun lalu, Instagram juga telah menutup layanan dari Instagress, salah satu aplikasi pihak ke-tiga yang paling populer. Meskipun begitu, masih ada banyak aplikasi pihak ke-tiga lainnya yang menawarkan layanan yang sama, seperti Archie, InstarocketProX, dan Boostio.

Instagram juga mengatakan bahwa hal ini bukan satu-satunya tindakan yang akan diambil untuk melawan aktivitas non-authentic di platform tersebut. Mereka mengungkapkan jika akan mengambil “langkah-langkah tambahan” dalam beberapa minggu ke depan.

SumberInstagram

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update artikel terbaru dari Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Fitur Boomerang dan Mode Selfie Telah Hadir di Messenger

Kamera di Facebook Messenger mendapatkan pembaruan yang cukup signifikan hari ini. Facebook mengumumkan jika fitur Boomerang dan mode selfie telah hadir di Messenger. Tidak...

FlashScore ID: Aplikasi Skor Langsung dan Jadwal Pertandingan Berbagai Olahraga

Di zaman yang sudah serba digital ini, melihat skor langsung dan jadwal pertandingan dari sebuah pertandingan olah raga dapat dilakukan dengan mudah; salah satunya...

Instagram Menggunakan AI untuk Membuat Deskripsi Foto

Instagram menggunakan AI untuk membuat deskripsi foto yang diunggah penggunanya ke platform tersebut. Perilisan fitur baru ini diumumkan Instagram hari ini memalui halaman blog resminya....

Instagram Akan Menghapus Follower dan Like Palsu

Demi meningkatkan pengelaman penggunanya, Instagram akan menghapus follower dan like palsu, termasuk juga komentar palsu, dari akun yang menggunakan aplikasi pihak ke-tiga untuk mendapatkannya....