Informasi Lengkap dari Perilisan Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus

Home Mobile Informasi Lengkap dari Perilisan Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus

-

Bertempat di Mobile World Congress (MWC) pada hari Minggu kemarin, Samsung resmi mengumumkan Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus. Kedua smartphone ini merupakan smartphone flagship terbaru dari Samsung yang siap dipasarkan di tahun 2018 ini. Berikut informasi lengkap dari perilisan Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus di MWC kemarin, termasuk spesifikasi, harga, dan fitur-fitur baru yang dibawanya.

Informasi Lengkap dari Perilisan Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus

Design dan Layar

Informasi Lengkap dari Perilisan Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus
Credit: Sam Rutherford / Gizmodo

Sepintas, desain dari Galaxy S9 belum banyak berubah dari pendahulunya yaitu Galaxy S8. Namun, dikutip dari Gizmodo, Samsung mengatakan bahwa layar S9 sedikit lebih terang dan memiliki bezel yang sedikit lebih ramping. Tidak hanya itu, S9 juga dibekali layar ekstra lebar dengan rasio 18:9 AMOLED Infinity yang juga sama dengan S8. Bahkan, jika dibandingkan dengan S8, dimensi layarnya juga sebagian besar tidak berubah, dengan S9 memiliki layar 5,8 inci, dan S9+ dengan layar 6,2 inci.

Kamera

Untuk urusan kamera, S9 hadir dengan upgrade besar-besaran dari kamera yang ada pada S8. Dengan harapan bisa dikenali sebagai smartphone dengan kamera terbaik, sebagian besar informasi dari pengumuman Galaxy S9 kemarin difokuskan pada dual kamera yang dimilikinya. Dual kameranya juga dilengkapi dengan dua aperture pilihan antara f/2.4 dan f/1.5. Dengan dual kamera dan dual aperture, S9 diharapkan dapat mengambil gambar yang lebih tajam meski di kondisi yang kurang cahaya.

Fitur lainnya dari kamera di Samsung S9 adalah fitur untuk mengambil video slow motion dengan 960fps dalam 0.2 detik bursts. Pengambilan video slow-mo di S9 ini menggunakan sensor terbaru milik Samsung yang prosesnya mengambil dari memory on-board. Jadi, hasilnya akan tepat pada sasaran. Samsung meng-klaim jika S9 secara otomatis dapat mendeteksi suatu action dan memicu kameranya untuk segera mengambil video slow-mo tersebut.

Informasi Lengkap dari Perilisan Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus
Credit: Sam Rutherford / Gizmodo

Tidak hanya slow-mo, kamera pada S9 juga memiliki fitur Bixby. Dengan ini, pengguna dapat mengggunakan kamera S9 sebagai alat bantu pencari informasi atau penerjemah. Misalnya, jika pengguna mengarahkan kamera tersebut ke makanan, maka di layar akan terpampang informasi mengenai makanan tersebut, termasuk jumlah kalori yang dikandungnya. Jika pengguna juga mengarahkan kamera di S9 ke suatu papan sign dengan tulisan bahasa asing, maka secara otomatis kamera di S9 akan menterjemahkannya.

Informasi Lengkap dari Perilisan Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus
Credit: Sam Rutherford / Gizmodo

Selain itu, Samsung S9 juka memiliki fitur AR (Augmented Reality) Emoji. Pembubuhan fitur ini tidak lain untuk memberikan respon terhadap fitur Animoji yang dipasarkan oleh Apple melalui iPhone X-nya. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna cukup mengambil sebuah foto selfie, dan secara otomatis gambar yang diambil akan dirubah ke gambar avatar kartun, lengkap dengan opsi untuk mengubah warna kulit, rambut, bahkan juga pakaian yang sedang dipakai.

Spesifikasi

Untuk spesifikasi, Samsung S9 juga memiliki daya tariknya sendiri. Smartphone flagship terbaru dari Samsung ini menggunakan chip prosesor terbaru dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 845. Selain itu, smartphone ini juga didukung dengan RAM 4GB (S9+ 6GB) dan memori penyimpanan 64GB dengan tambahan slot MicroSD. Tidak seperti Motorola, HTC, Google dan Apple, yang telah membuang headphone jack pada smartphone flagship terbaru mereka, S9 ini masih dibekali dengan jack 3.5mm.

Tidak hanya itu saja, yang paling menarik adalah Samsung S9 ini juga dilengkapi stereo speakers yang dapat memanjakan telinga penggunanya. Tidak ketinggalan juga, centered fingerprint censor melengkapi fitur S9 untuk fitur keamanan dan privasi penggunanya.

Harga dan Informasi Lainnya

Dikutip dari Kompas.com, untuk harga kedua flagship ini di Indonesia, Samsung membanderol Galaxy S9 dengan harga Rp. 11.499.000 untuk model dengan RAM 4 GB dan memori 64 GB. Sedangkan harga Galaxy S9 Plus terdapat dua versi, yaitu Rp. 12.999.000 untuk model RAM 6 GB/64 GB dan Rp. 14.499.000 untuk model RAM 6 GB/256 GB.

Samsung Galaxy S9 ini akan hadir dalam tiga varian warna, yaitu black, lilac purple, dan blue coral. Pre-order smartphone ini di Indonesia akan dimulai pada tanggal 27 Februari.

Selain hal yang di atas dan ketersediaan barang di Indonesia yang belum diumumkan secara resmi oleh Samsung, mungkin itu saja informasi lengkap dari perilisan Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus yang bisa diambil dari event MWC kemarin.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Facebook Menguping Pesan Suara di Messenger

Facebook selama ini telah membayar orang atau kontraktor untuk menguping percakapan pengguna di Messenger, dengan mentranskrip audio dari pesan suara. Menurut laporan dari Bloomberg,...

4 Emulator SNES Terbaik di Android

SNES, atau Super Nintendo Entertainment System, adalah salah satu konsol klasik terbaik yang pernah ada. Mario, Zelda, Mario Kart, dan Metroit adalah sebagian dari...

Automattic, Pemilik WordPress, Beli Tumblr dari Verizon

Menurut laporan dari The Wall Street Journal, Verizon resmi menjual Tumblr ke Automattic Inc. Ketentuan dari kesepakatan pembelian ini dirahasiakan, namun jumlahnya 'lebih kecil'...