Google Tambah Opsi ‘Login’ dengan Sidik Jari di Situsnya

Fitur keamanan baru ini, untuk sementara, hanya tersedia di beberapa ponsel, dan akan diperluas ketersediaannya untuk semua ponsel Android yang menjalankan Android Nougat atau di atasnya dalam beberapa hari ke depan.

Home Development Google Tambah Opsi 'Login' dengan Sidik Jari di Situsnya

-

Google menambahkan opsi ‘login’ menggunakan sidik jari bagi pengguna ketika mengakses situs atau layanan dari Google menggunakan Chrome di Android. Selain sidik jari, dikutip dari halaman bantuan Google, pegguna juga dapat menggunakan metode ‘login’ lain yang tersedia di ponsel, seperti menggunakan PIN atau pola. Fitur keamanan baru ini dirilis hari ini untuk beberapa ponsel Android, seperti perangkat Google Pixel, dan akan dirilis untuk semua ponsel yang menjalankan setidaknya Android Nougat pada beberapa hari ke depan.

Google Tambah Opsi ‘Login’ dengan Sidik Jari di Situsnya

Sebelumnya, pengguna Android dapat menggunakan sidik jari sebagai autentikasi untuk masuk ke aplikasi lain, atau ketika melakukan pembelian menggunakan Google Pay. Pengguna kini dapat menggunakan fungsi autentikasi yang sama untuk melakukan ‘login’ ke layanan Google menggunakan browser Chrome. Untuk sementara, fungsi ini dapat digunakan di layanan passwords.google.com yang memungkinkan pengguna untuk mengatur kata sandi yang disimpan oleh Google.

Kredt gambar: Google

Pengguna yang memiliki perangkat yang didukung dan ingin mencoba fitur keamanan baru ini dapat mengunjungi passwords.google.com menggunakan browser Chrome. Situs tersebut berfungsi untuk mengatur kata sandi pengguna yang disimpan melalui Google Chrome. Ketika pengguna memilih salah satu kata sandi yang tersimpan, Google akan menunjukkan kotak dialog ‘Verify that it’s you’ yang dapat dibuka menggunakan autentikasi sidik jari yang sudah diatur sebelumnya di ponsel. Agar fitur ini dapat berfungsi, pengguna perlu menambahkan akun Google tersebut terlebih dahulu ke ponsel.

Artikel terkait: Google Fit Resmi Tersedia untuk Perangkat iOS

Fitur kemanan ini dibangun menggunakan protokol FIDO2 dan WebAuthn. Kedua protokol ini memungkinkan suatu situs atau aplikasi untuk melakukan autentikasi menggunakan sidik jari yang sudah terdaftar di ponsel. Semua ponsel Android Nougat atau di atasnya telah bersertifikat FIDO2. Oleh karena itu, autentikasi menggunakan protokol ini diklaim lebih aman daripada menggunakan kata sandi. Sebelumnya, menggunakan teknologi yang sama, Google juga telah memungkinkan pengguna untuk menggunakan ponsel Android sebagai kunci keamanan autentikasi dua faktor (2FA).

Akhir-akhir ini, beberapa perusahaan besar juga telah memperkenalkan fungsi ‘login’ tanpa menggunakan kata sandi. Microsoft, pada tahun 2016 silam, pernah menunujukkan jika autentikasi di situs web dapat dilakukan menggunakan Windows Hello. Apple juga menunjukkan inisiatif yang sama untuk mengurangi penggunaan kata sandi dengan autentikasi ‘Sign in with Apple’ yang diperkenalkan beberapa bulan lalu. Saya sepenuhnya mendukung inisiatif ini. Selain keamanan lebih terjamin, melakukan ‘login’ tanpa menggunakan kata sandi juga lebih efisien.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

4 Emulator NES Terbaik di Android

Setelah sebelumnya menulis tentang beberapa emulator SNES terbaik di Android, kali ini saya ingin membahas terkait hal yang sama, namun untuk pendahulunya, yaitu NES...

RPAN: Reddit Uji Coba Fitur ‘Livestreaming’

Reddit sedang mengadakan uji coba fitur livestreaming yang sering kita jumpai di platform seperti YouTube dan Twitch. Fitur ini diumumkan hari ini, dan diberi...

PUBG Hadirkan Fitur ‘Cross-play’ untuk Xbox One dan PS4

PUBG Corporation, pengembang game battle royale PlayerUnknown's Battleground (PUBG), memberikan beberapa pengumuman pada acara livestream Inside Xbox Gamescom. Mereka mengatakan jika sedang bekerja untuk menghadirkan...