Google Merilis Android Go untuk Smartphone Kelas Menengah

Home Development Google Merilis Android Go untuk Smartphone Kelas Menengah

-

Google merilis Android Go untuk smartphone kelas menengah baru-baru ini. Sejak mengumumkan Android Go di I/O pada bulan Mei lalu, Google telah membuat sejumlah tweak untuk OS ini. Versi Android ini merupakan versi yang jauh lebih ringan dari Android Oreo. Android Go ini diluncurkan bersamaan dengan rilisnya Android 8.1 dengan nama Android Oreo (Go edition).

Google Merilis Android Go untuk Smartphone Kelas Menengah

Google mengumumkannya kemaren malam di sebuah acara di India; sebuah pasar potensial utama untuk versi baru OS ini. Dikutip dari blog Google, saat ini ada lebih banyak pengguna Android di India daripada di AS. Hal ini menjadikan India sebagai pasar yang sangat besar, bersama dengan negara berkembang lainnya.

Sekilas dari namanya, versi Android Go bukanlah sistem operasi yang sama sekali berbeda dari versi utama Android. Saking hampir sama persisnya, Google memastikan bahwa versi ini dan versi utama akan sulit dibedakan. Google juga telah membentuk sebuah tim untuk memastikan bahwa edisi Go ini akan terus mendapatkan update dengan jadwal yang hampir sema dengan versi utama.

Versi mobile OS Google yang dioptimalkan ini diciptakan khusus untuk perangkat yang hanya memiliki RAM sebesar 512MB sampai 1GB. OS ini dibangun agar dapat berjalan lebih ringan dan lebih cepat di smartphone kelas menengah yang tidak dilengkapi dengan kapasitas ROM yang besar. Aplikasi inti Android Go akan di optimalkan menjadi 50 persen lebih kecil dan 15 persen lebih cepat daripada di versi utama Android.

Google Merilis Android Go untuk Smartphone Kelas Menengah
© AndroidAuthority

Rangkaian aplikasi pra-instal yang akan ditemukan di ponsel yang menggunakan Android Go antara lain: Google Assistant Go; Files Go; Google Go; Google Maps Go; Gmail Go; YouTube Go; Gboard; Chrome; dan Google Play Store. Sebagian besar dari aplikasi ini adalah varian aplikasi yang telah dioptimalkan untuk smartphone kelas menengah. Files Go, Google Go, dan YouTube Go adalah salah satu yang telah resmi diluncurkan oleh Google baru-baru ini. Untuk kedepannya, Google juga akan merilis Play Store Go, yang akan menyediakan aplikasi-aplikasi yang ringan untuk dijalankan.

Meski versi Android Go adalah versi Android yang dipotimalkan untuk dapat berjalan di smartphone kelas menengah, Google tampaknya tidak akan banyak membuat perubahan; termasuk penghapusan terhadap fitur-fitur inti Android. Google juga tidak akan membatasi ketersediaan OS ini ke wilayah tertentu. Edisi Go sudah tersedia secara global. Namun, perangkat yang kompatibel dan mendukug Android Go ini akan tiba awal tahun depan.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Valve Rilis Aplikasi Steam Chat di iOS dan Android

Valve resmi merilis aplikasi Steam Chat untuk perangkat iOS dan Android. Aplikasi native ini dirancang khusus untuk memudahkan pengguna berkomunikasi dengan pengguna lain yang...

Adobe Premiere Rush Resmi Tersedia di Android

Telah lama dinanti, Adobe kini resmi merilis Premiere Rush untuk perangkat Android. Sebelumnya, Premiere Rush, aplikasi edit video yang dikhususkan untuk content creator, dirilis...

Windows 10 ‘May 2019 Update’ Resmi Tersedia

Microsoft merilis Windows 10 May 2019 Update beberapa hari lalu untuk semua pengguna. Sebelumnya, update ini pertama kali dirilis melalui jalur Release Preview untuk...