Google Mencabut Lisensi Android dari Huawei

Jika terus berlanjut, ponsel Huawei yang menggunakan Android kedepannya tidak akan mendapatkan pembaruan keamanan, serta akses terhadap aplikasi dan layanan Google, seperti Play Store, YouTube, dan Gmail.

Home Enterprise Google Mencabut Lisensi Android dari Huawei

-

Google resmi mencabut lisensi Android dari Huawei, pabrikan ponsel raksasa asal Cina. Pencabutan ini, menurut laporan dari The Verge dan Reuters, dilakukan Google untuk mematuhi keputusan Commerce Department AS yang memasukkan Huawei ke dalam daftar “Entity List” beberapa hari lalu; yang merupakan daftar dari perusahaan-perusahaan yang tidak diizinkan untuk membeli teknologi dari AS tanpa persetujuan pemerintah.

Google Mencabut Lisensi Android dari Huawei

Reuters melaporkan jika “Google telah menangguhkan bisnis dengan Huawei yang melibatkan perdagangan perangkat keras, perangkat lunak, dan layanan teknis, kecuali yang tersedia untuk umum melalui lisensi open source.” Artinya, Huawei tidak dapat lagi mengimplementasikan versi penuh Android di ponsel mereka untuk kedepannya; melainkan hanya dapat menggunakan komponen open source yang tersedia di Android.

Dikutip dari The Verge, juru bicara Google mengatakan jika “Kami hanya mengikuti perintah, dan sedang meninjau ulang keputusan tersebut.” Dengan kata lain, alasan di balik Google memutuskan hubungan dengan Huawei lebih cenderung untuk patuh dengan aturan di Amerika Serikat; bukan keputusan yang hanya melibatkan pihak Google saja.

Selain itu, pencabutan lisensi ini juga tidak akan berdampak langsung kepada pengguna yang menggunakan ponsel Huawei yang sudah dibeli sebelumnya. Dikutip dari Reuters, juru bicara Google mengkonfirmasi bahwa “Google Play dan perlindungan keamanan dari Google Play Protect akan tetap berfungsi pada perangkat Huawei yang sudah tersedia.” Namun, sampai saat ini belum jelas bagaimana Huawei akan memproduksi ponsel mereka kedepannya. Pembaruan untuk ponsel Huawei yang sudah ada juga masih belum dapat dipastikan kelanjutannya; apakah kedepannya akan membawa Google Play dan Play Protect atau tidak.

Dengan pencabutan lisensi ini, satu-satunya cara yang dapat dilakukan Huawei untuk tetap menggunakan Android di ponsel mereka adalah dengan mengadopsi Android Open Source Project (AOSP). Namun, ponsel Huawei dengan AOSP tidak akan mendapatkan akses ke aplikasi Google dan layanan Google lainnya; termasuk Play Store, YouTube, dan Gmail. Huawei juga hanya akan dapat mengimplementasikan pembaruan keamanan untuk Android ketika pembaruan tersebut sudah tersedia di AOSP; yang biasanya jauh lebih lama jika dibandingkan dengan ketika mendapatkannnya langsung dari Google.

Update: Tanggapan dari Huawei

Dikutip dari The Verge, berikut adalah tanggapan resmi Huawei terkait terkait pencabutan lisensi Android ini:

“Huawei has made substantial contributions to the development and growth of Android around the world. As one of Android’s key global partners, we have worked closely with their open-source platform to develop an ecosystem that has benefitted both users and the industry.

Huawei will continue to provide security updates and after-sales services to all existing Huawei and Honor smartphone and tablet products; covering those that have been sold and that are still in stock globally.

We will continue to build a safe and sustainable software ecosystem; in order to provide the best experience for all users globally.”

Jadi, Huawei berjanji untuk tetap memberikan pembaruan keamanan untuk ponsel Huawei dan Honor yang sudah diluncurkan dan tersedia secara global. Selain pembaruan, Huawei juga berjanji untuk memberikan pelayanan purna jual untuk pengguna ponsel mereka.

SumberReuters

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Valve Rilis Aplikasi Steam Chat di iOS dan Android

Valve resmi merilis aplikasi Steam Chat untuk perangkat iOS dan Android. Aplikasi native ini dirancang khusus untuk memudahkan pengguna berkomunikasi dengan pengguna lain yang...

Adobe Premiere Rush Resmi Tersedia di Android

Telah lama dinanti, Adobe kini resmi merilis Premiere Rush untuk perangkat Android. Sebelumnya, Premiere Rush, aplikasi edit video yang dikhususkan untuk content creator, dirilis...

Windows 10 ‘May 2019 Update’ Resmi Tersedia

Microsoft merilis Windows 10 May 2019 Update beberapa hari lalu untuk semua pengguna. Sebelumnya, update ini pertama kali dirilis melalui jalur Release Preview untuk...