Google Jadikan Ponsel Android sebagai ‘Kunci’ Keamanan

Cara kerjanya hampir sama dengan kunci keamanan fisik pada umumnya.

Home Development Google Jadikan Ponsel Android sebagai 'Kunci' Keamanan

Pada acara Cloud Next kemarin, Google mengumumkan jika ponsel Android kini bisa digunakan sebagai kunci fisik untuk keamanan akun pengguna. Fitur ini menjadi salah satu bagian dari otentikasi dua faktor (2FA) yang ditawarkan Google. Ponsel yang dapat digunakan sebagai kunci keamanan adalah yang ponsel yang menjalankan Android 7+.

Google Jadikan Ponsel Android sebagai ‘Kunci’ Keamanan

Cara kerja fitur keamanan ini cukup sederhana; hampir sama dengan menggunakan kunci keamanan fisik pada umumnya. Karena menggunakan ponsel, otentikasi dilakukan dengan menghubungkan ponsel pengguna menggunakan bluetooth yang akan diteruskan ke Chrome. Protokol otentikasi yang digunakan adalah FIDO dan WebAuthn; dipilih untuk memastikan pengguna ada di situs web yang tepat dan mencegah aktifitas phishing. Oleh karena itu, otentikasi ini dapat dilakukan untuk memverifikasi login di Gmail, G Suite, atau layanan Google lainnya yang berbasis web.

Salah satu keuntungan menggunakan kunci keamanan fisik, seperti Google Titan atau ponsel Android, sebagai otentikasi dua faktor adalah adanya perlindungan ekstra terhadap aktifitas peretasan dan spoofing. Otentikasi ini akan membantu mencegah login yang tidak dikenal dari pengguna lain yang memiliki akses terhadap kata sandi akun pengguna. Pengguna harus berdekatan dengan kunci keamanan tersebut untuk melakukan login.

Artikel terkait: Google Hentikan Penjualan Pixel 2 dan Pixel 2 XL

Langkah yang perlu dilakukan untuk menggunakan ponsel Android sebagai kunci keamanan fisik juga cukup sederhana. Seperti yang sudah tertulis sebelumnya, pastikan ponsel pengguna menjalankan Android 7 atau di atasnya. Pastikan juga pengguna menggunakan komputer, baik laptop ataupun PC, yang memiliki Bluetooth. Selain itu, pengguna juga diharuskan untuk menggunakan Chrome versi terbaru, baik untuk Windows, macOS, atau Chrome OS.

Ponsel android kunci keamanan

Setelah siap semuanya, pengguna perlu melakukan login ke akun Google menggunakan ponsel tadi, dan mengaktifkan Bluetooth pada ponsel tersebut. Setelah itu, pengguna dapat mengunjungi myaccount.google.com/security melalui Chrome di komputer untuk masuk ke menu otentikasi dua faktor. Setelah itu, geser ke bawah, dan pilih ‘Add Security Key,’ kemudian ‘Your Android Phone,’ lalu pilih ponsel pengguna yang digunakan tadi.

Ketersedian fitur ini

Untuk saat ini, fitur keamanan ini hanya tersedia untuk perangkat Android, dan hanya dapat digunakan untuk melqkukan login di layanan Google saja, tidak termasuk situs web oihak ke-tiga. Menurut Google, perusahaan lain juga dapat menerapkan fitur keamanan ini di kemudian hari, karena fitur ini menggunakan FIDO, suatu protokol keamanan yang sudah banyak digunakan. Oleh kqrenq itu, browser selain Chrome juga berpotensi untuk mendapatkan dukunguan dari fitur keamanan ini.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Browser Brave Rilis Iklan yang Membayar Pengguna

Browser Brave hari ini merilis Brave Ads, platform periklanan digital miliknya, untuk pengguna desktop di Kanada, Perancis, UK, dan Amerika Serikat. Melalui Brave Ads,...

Google Fit Resmi Tersedia untuk Perangkat iOS

Google Fit, aplikasi pencatat kesehatan yang dikembangkan oleh Google, resmi tersedia untuk perangkat iOS. Aplikasi ini pertama kali dirilis oleh Google pada 2014 lalu....

Tech & Society: Sebuah Podcast dari Mark Zuckerberg

Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg, resmi memiliki sebuah podcast sendiri. Diumumkan melalui akun Twitter milik Facebook, Zuckerberg melalui podcast-nya ingin membahas bagaimana perkembangan...