Glass Enterprise 2: Perangkat AR Terbaru dari Google

Hanya dijual untuk dokter dan pekerja industri perusahaan.

Home Mobile Glass Enterprise 2: Perangkat AR Terbaru dari Google

-

Google telah merilis perangkat AR terbaru mereka yang diberi nama Glass Enterprise Edition 2. Perangkat ini merupakan perangkat kacamata pintar, dan merupakan penerus dari Google Glass yang dirilis sekitar 6 tahun lalu. Sesuai dengan namanya, perangkat AR ini tidak dijual untuk konsumen pada umumnya, melainkan hanya untuk dokter dan juga perusahaan yang memiliki pekerja industri.

Glass Enterprise 2: Perangkat AR Terbaru dari Google

Meskipun memiliki desain yang hampir sama dengan pendahulunya, Google Glass Enterprise 2 telah ditenagai dengan chipset Qualcomm Snapdragon XR 1. Google mengklaim jika chipset tersebut seharusnya dapat memberikan daya tahan baterai yang lebih lama. Chipset tersebut diklaim juga dapat meningkatkan performa ketika menjalankan tugas yang berkaitan dengan computer vision dan machine learning. Selain itu, perangkat ini juga telah disokong dengan RAM 3GB LPDDR4 dan ruang penyimpanan 32GB yang menggunakan eMMC Flash.

Google juga telah mengganti kamera 5MP yang dimiliki pendahulunya dengan kamera 8MP, namun dengan resolusi yang sama. Selain itu, Glass Enterprise 2 juga telah memiliki dukungan video dengan resolusi hingga 720p. Untuk layar, pendahulunya menggunakan layar beresolusi 640×360 yang diletakkan di dalam kotak bening di depan salah satu lensa kacamata. Dilihat dari gambar Glass Enterprise 2, sepertinya tidak ada perbedaan yang jauh dari spesifikasi layar yang digunakan sekarang; Google tidak memberi tahu secara pasti tentang adanya peningkatan layar.

Google Glass Enterprise 2
Kredit gambar: Google

Google Glass Enterprise Edition 2 sudah menggunakan safety frame dari Smith Optics, yang merupakan salah satu perbedaan yang paling menonjol dengan pendahulunya. Selain itu, perangkat ini juga sudah dilengkapi dengan port USB Type-C, dan memiliki baterai dengan kapasitas 820mAh dengan dukungan fast charging.

Untuk jaringan, Glass Enterprise 2 dilengkapi dengan WiFi 802.11ac dan Bluetooth 5.0. Koneksi nirkabel tersebut biasanya digunakan untuk menghadirkan audio, meskipun perangkat ini telah dibekali dengan speaker audio mono. Selain itu, Glass Enterprise 2 juga memiliki mikrofon untuk menjalankan perintah suara, yang dilengkapi dengan kontrol “multi-touch gesture touchpad” pada sisi frame kacamata.

Di sisi perangkat lunak, Glass Enterprise 2 akan menjalankan Android 8.0, dan akan mendukung Android Enterprise Mobile Device Management. Dengan dukungan tersebut, pengembang akan dapat dengan mudah membangun aplikasi dan mengintegrasikan perangkat Glass Enterprise 2 ke layanan atau API yang sudah tersedia.

Peluncuran ini sekaligus memindahkan produksi Google Glass dari divisi X ke divisi Google AR/VR, berdampingan dengan Daydream dan ARCore. Google Glass Enterprise Edition 2 akan dijual untuk dokter dan pekerja industri perusahaan dengan harga US$999. Pemesanan juga sudah dapat dilakukan sejak perangkat ini diumumkan.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Facebook Menguping Pesan Suara di Messenger

Facebook selama ini telah membayar orang atau kontraktor untuk menguping percakapan pengguna di Messenger, dengan mentranskrip audio dari pesan suara. Menurut laporan dari Bloomberg,...

4 Emulator SNES Terbaik di Android

SNES, atau Super Nintendo Entertainment System, adalah salah satu konsol klasik terbaik yang pernah ada. Mario, Zelda, Mario Kart, dan Metroit adalah sebagian dari...

Automattic, Pemilik WordPress, Beli Tumblr dari Verizon

Menurut laporan dari The Wall Street Journal, Verizon resmi menjual Tumblr ke Automattic Inc. Ketentuan dari kesepakatan pembelian ini dirahasiakan, namun jumlahnya 'lebih kecil'...