Fitur ‘Unsend’ di Messenger Telah Dirilis Facebook

Fitur baru ini memungkinkan pengguna untuk menghapus pesan yang telah dikirim dari kotak masuk penerima dalam selang waktu 10 menit.

Home Development Fitur 'Unsend' di Messenger Telah Dirilis Facebook

Fitur ‘Unsend’ di Messenger telah dirilis Facebook beberapa hari yang lalu. Bulan April lalu, Facebook berencana untuk merilis fitur ‘Unsend’ di Messenger yang memungkinkan pengguna untuk menghapus pesan yang telah dikirim. Fitur ini secara resmi diberi nama ‘Remove for Everyone’. Untuk sekarang, fitur ini baru dirilis untuk pengguna Android dan iOS di Polandia, Bolivia, Kolombia dan Lithuania. Facebook berencana untuk memperluas perilisan fitur ini sesegera mungkin.

Fitur ‘Unsend’ di Messenger Telah Dirilis Facebook

Fitur ini mulai dikembangkan Facebook setelah mereka diketahui telah secara diam-diam menghapus pesan yang dikirim oleh Mark Zuckerberg dari kotak masuk penerima. Karena tindakan tersebut, Facebook banyak diklaim telah melanggar kebijakan dan menyalahgunakan kekuasaan perusahaan yang dimilikinya.

Dikutip dari TechCrunch, fitur ini memungkinkan pengguna Facebook Messenger untuk menghapus pesan terkirim dari kotak masuk penerima dalam sepuluh menit pertama setelah pesan terkirim. Namun, pengguna tidak akan dapat menghapus atau mengubah pesan yang dikirim tahun-tahun yang lalu. Dengan kata lain, fitur ini hanya berfungsi untuk pesan yang baru saja dikirim setelah fitur ini dirilis.

Baca juga: Messenger 4 dengan Tampilan yang Lebih Sederhana

Pengguna tetap dapat menghapus pesan yang dikirim dari layar aplikasi ketika telah melebihi dari batas waktu 10 menit tadi. Namun, pesan tersebut akan tetap tersimpan di dalam kotak masuk pengguna.

Jika pengguna memilih untuk menghapus pesan dari percakapan, Facebook Messenger akan meninggalkan tanda bahwa pesan tersebut telah dihapus. Sehingga, setiap pengguna di dalam percakapan tersebut akan tahu jika sebuah pesan telah dihapus.

Fitur ‘Unsend’ di Messenger Telah Dirilis Facebook-0
Credit: TechCrunch

Facebook juga akan menyimpan pesan selama beberapa menit setelah pesan tersebut dihapus, sehingga pengguna lain masih dapat melaporkannya. Tindakan ini dilakukan Facebook agar fitur untuk menghapus pesan ini tidak disalahgunakan untuk melecehkan pengguna lain.

Baca juga: Onavo Protect VPN Milik Facebook Dihapus dari App Store

Meskipun begitu, fitur yang dirilis saat ini berbeda dari yang digunakan untuk menghapus pesan Zuckerberg pada bulan April lalu. Ketika itu, pesan yang dihapus tidak dibatasi oleh selang waktu 10 menit, dan tidak ada tanda di percakapan yang menunjukkan bahwa pesan tersebut telah dihapus.

Terkait dengan fitur ‘Unsend’ ini, Facebook juga dilaporkan sedang mengerjakan fitur lainnya untuk mengatur waktu kadaluwarsa dari suatu percakapan; di mana setelahnya semua pesan dalam percakapan tersebut akan dihapus. Facebook juga ingin menambahkan fitur serupa untuk suatu pesan, di mana pengguna dapat mengatur waktu kadaluwarsa dari pesan tersebut.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Browser Brave Rilis Iklan yang Membayar Pengguna

Browser Brave hari ini merilis Brave Ads, platform periklanan digital miliknya, untuk pengguna desktop di Kanada, Perancis, UK, dan Amerika Serikat. Melalui Brave Ads,...

Google Fit Resmi Tersedia untuk Perangkat iOS

Google Fit, aplikasi pencatat kesehatan yang dikembangkan oleh Google, resmi tersedia untuk perangkat iOS. Aplikasi ini pertama kali dirilis oleh Google pada 2014 lalu....

Tech & Society: Sebuah Podcast dari Mark Zuckerberg

Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg, resmi memiliki sebuah podcast sendiri. Diumumkan melalui akun Twitter milik Facebook, Zuckerberg melalui podcast-nya ingin membahas bagaimana perkembangan...