11 Fitur Tersembunyi di Android Oreo Yang Menarik untuk Dicoba

Home Listicle 11 Fitur Tersembunyi di Android Oreo Yang Menarik untuk Dicoba

-

Android bisa dikatakan adalah Operating System (OS) sejuta umat. Hampir setiap masyarakat di Indonesia, khususnya para kaum muda, telah mencicipi OS besutan Google ini. Namun, tidak semua dari mereka mengetahui fitur-fitur tersembunyi yang dibawa OS Android ini, terutama pada versi terakhir Android pada saat artikel ini ditulis, yaitu Android Oreo. Fitur-fitur ini sangat menarik dan layak untuk diketahui semua pengguna Android karena ada banyak sekali opsi fungsionalitas yang dapat berguna bagi penggunanya. Berikut adalah 11 fitur tersembunyi di Android Oreo.

12 Fitur Tersembunyi di Android Oreo Yang Menarik untuk Dicoba

1. External Sources

Salah satu hal yang paling populer mengenai fitur tersembunyi di Android adalah bagaimana Android menangani pemasangan aplikasi pihak ke-tiga yang tidak dipercayainya. Sebelumnya, pengguna dapat mengaktifkan tombol toggle di Opsi Pengembang untuk memungkinkan pemasangan aplikasi dari Sumber Tidak Diketahui. Ketika opsi ini diaktifkan, hampir setiap aplikasi pada sistem dapat menginstal aplikasi tambahan dari sumber yang tidak tepercaya.

Di Android Oreo, hal ini telah berubah. Sekarang, pengguna juga perlu memberikan izin “external sources” ke aplikasi yang dipakai untuk men-download untrusted APK tersebut. Misalnya, pengguna harus mengizinkan aplikasi seperti Google Chrome atau beberapa store aplikasi selain PlayStore yang digunakan untuk men-download aplikasi pihak ke-tiga yang ingin di-install di perangkat. Perubahan ini diterapkan untuk meningkatkan keamanan sistem Android secara keseluruhan.

Fitur Tersembunyi di Android Oreo
Credit: Aditya Tiwari / Fossbytes

Pengguna dapat mengelola aplikasi yang memiliki izin “external sources” dengan mengunjungi Settings > Apps & Notifications > Special App Access > Install Unknown Apps.

2. Mengubah Shape dari Ikon Aplikasi

Kemampuan untuk mengubah bentuk (shape) dari suatu ikon aplikasi sudah menjadi fitur Android Oreo yang banyak dikenal. Mesikun sangat mudah dilakukan, opsi dari fitur ini tidak ada di menu Pengaturan seperti biasanya.

Fitur Tersembunyi di Android Oreo
Credit: Aditya Tiwari / Fossbytes

Pengguna dapat menemukan fitur ini di menu Pengaturan Homescreen. Ketuk dan tahan pada suatu free area di Homescreen. Ketuk Settings > Change icon shape. Dari sana, pengguna dapat memilih shape ikon antara square, rounded square, squircle, dan teardrop.

3. Notification Dots

Notification Dots juga merupakan salah satu fitur tersembunyi di Android Oreo. Jika fitur Notification Dots diaktifkan, ikon aplikasi, baik di layar Utama atau di drawer, yang mempunyai notifikasi akan mengeluarkan badge kecil. Menekan dan menahan ikon dengan badge tersebit akan menampilkan notifikasi beserta tindakan yang berkaitan dengan aplikasi tersebut.

Fitur Tersembunyi di Android Oreo
Credit: Aditya Tiwari / Fossbytes

Salah satu keuntungan dari Notification Dots adalah pengguna dapat memeriksa notifikasi untuk aplikasi tertentu, tanpa harus melihat semua notifikasi yang muncul di status bar. Selain itu, dotdot berwarna yang terlihat dapat menyesuaikan sesuai dengan tema warna pada ikon aplikasi yang bersangkutan.

4. Notification Channels

Fitur Notification Channels memungkinkan pengguna untuk memiliki perintah yang lebih besar tentang bagaimana notifikasi muncul di perangkat Android mereka. Melalui fitur ini, notifikasi dapat dimasukkan ke dalam suatu kategori, yang telah ditetapkan oleh developer, dan pengguna dapat menyesuaikan kategori tersebut seperti notifikasi untuk prioritas tinggi, aplikasi yang diperbarui, pemberitahuan akun, dll.

Baca juga: Definisi dan Fungsi dari Project Treble di Android Oreo

Pengguna dapat men-swipe notifikasi dari suatu aplikasi dari kiri ke kanan (atau kanan ke kiri) setengah layar sampai melihat ikon setelan yang berbentuk gear. Ketuk ikon tersebut, lalu pilih All Categories untuk menjelajahi dan memilih opsi kategori untuk aplikasi itu.

5. Snooze Notifications

Dengan meningkatnya jumlah aplikasi pada suatu perangkat Android, jumlah notifikasi yang muncul juga meningkat. Setelah pengguna melihat suatu notifikasi, pengguna cukup menggeseknya untuk menghapusnya dari layar Notifikasi. Tetapi, kadang-kadang pengguna ingin menyimpan suatu notifikasi tertentu, mungkin untuk mengatasinya di nanti. Namun, tentu hal ini akan menyulitkan dan membuat ribet si pengguna.

Fitur Tersembunyi di Android Oreo
Credit: Aditya Tiwari / Fossbytes

Android Oreo sekarang dapat melakukan snooze pada suatu notifikasi untuk jangka waktu tertentu. Pengguna dapat megakses fitur tersembunyi di Android Oreo ini dengan men-swipe setengah layar pada notifikasi yang ingin disentuh sampai ikon jam muncul. Dari situ, pengguna dapat menentukan berapa lama notifikasi tersebut akan di-snooze. Standarnya adalah satu jam.

6. Wi-Fi Assistant dan Google VPN

WiFi Assistant, fitur tersembunyi di Android Oreo ini sudah lama kompatibel dengan perangkat Pixel dan Nexus yang menjalankan Android 5.1 dan di atasnya. Tetapi, Android Oreo hadir dengan Wi-Fi Assistant yang lebih caggih yang membantu Android secara otomatis terhubung ke jaringan Wi-Fi terbuka bila tersedia. Namun, fitur ini juga akan menghubungkan perangkat ke Google-back VPN untuk meningkatkan keamanan.

Fitur Tersembunyi di Android Oreo
Credit: Aditya Tiwari / Fossbytes

Untuk mengaktifkan WiFi Assistant, cukup masuk ke menu Settings > Network & Internet > WiFi > WiFi Preferences. Lalu aktifkan menu toggle “Connect to open networks.”

Setelah diaktifkan, perangkat akan secara otomatis menghubungkan ke jaringan WiFi terbuka. Notifikasi VPN WiFi Assistant juga akan muncul di bar Notifikasi. Fitur ini saat ini hanya berfungsi di sejumlah negara saja, termasuk Amerika Serikat, Kanada, Denmark, Kepulauan Faroe, Finlandia, Islandia, dll.

7. Pembatasan Background Apps untuk Menghemat Daya

Android Oreo telah dikonfigurasi untuk mengawasi aplikasi yang berjalan di latar belakang dan mengkonsumsi banyak sumber daya. Saat ini, hanya beberapa aplikasi yang diperbarui ke Android API level 26, yang melarang Android untuk memonitornya. Untuk itu, fitur Background Activity pada aplikasi-aplikasi tersebut diaktifkan secara default.

Fitur Tersembunyi di Android Oreo
Credit: Aditya Tiwari / Fossbytes

Pengguna dapat memberhentikan aplikasi-aplikasi tersebut untuk berjalan di latar belakang. Buka Setting > Battery. Di bawah “App usage since full charge,” cari aplikasi yang mengonsumsi lebih banyak daya. Ketuk aplikasi tersebut dan lihat apakah waktu “While in background” untuk aplikasi tersebut besar. Matikan fitur Background Activity pada aplikasi tersebut untuk agar aplikasi tersebut tidak berjalan di latar belakan untuk menghemat lebih banyak daya.

8. Autofill

Sampai saat ini, Autofill adalah fitur yang biasanya tersedia di web browser. Namun, dengan dirilisnya Android O, Google menambahkan fungsionalitas Autofill ini pada keseluruhan OSnya.

Fitur Tersembunyi di Android Oreo
Credit: Aditya Tiwari / Fossbytes

Framework Autofill baru ini memungkinkan sistem Android untuk menyimpan dan menyarankan data autofill setelah menganalisis konten pada layar pengguna. Data yang disimpan biasanya adalah data informasi personal, seperti nama, alamat, dll. Pengguna dapat mengkonfigurasi Autofill dengan mengunjungi Settings > System > Languages & input > Advanced > Autofill service.

9. Mengaktifkan Wi-Fi Secara Otomatis

Google telah mengenalkan sebuah fitur baru di Android Oreo untuk mengaktifkan Wi-Fi secara otomatis. Ketika fitur ini diaktifkan, maka perangkat akan mencocokkan Wi-Fi yang disimpan dengan koordinat GPS tempat Wi-Fi tersebut dihubungkan. Jadi, ketika pengguna berada di dekat jangkauan Wi-Fi yang tersimpan tersebut, maka perangkat akan secara otomatis menghidupkan Wi-Fi dan menghubungkannya.

Fitur Tersembunyi di Android Oreo
Credit: Aditya Tiwari / Fossbytes

Fitur ini tidak akan berjalan jika pengguna tidak mengaktifkan fitur location service (GPS) atau perangkat dalam keadaan power saving mode.

10. Lebih Mudah Membersihkan Storage

Bagian Storage pada menu Pengaturan telah diperbarui untuk memberikan tampilan kategori dari aplikasi yang memakan banyak ruang pada perangkat. Kategori yang ada di versi Android sebelumnya bersifat umum dan tidak memberikan tingkat kemudahan seperti yang diimplemetasikan pada versi ini.

Fitur Tersembunyi di Android Oreo
Credit: Aditya Tiwari / Fossbytes

Smart Storage ini adalah fitur yang mengatu penyimpanan pada perangkat Oreo. Melalui fitur ini, perangkat secara otomatis dapat menghapus foto dan video ketika penyimpanan hampir penuh. Hal ini hanya akan dilakukan pada file yang telah dicadangkan ke Google Drive.

11. Fitur Rescue Party untuk Mencegah Boot Loop

Pengguna Android biasanya tidak sadar dan tidak peduli terhadap kerusakan sistem, bahkan yang terkecil, yang dapat menyebabkan perangkat mengalami boot loop. Boot loop adalah keadaan dimana perangkat ters-terusan melakukan booting dan tidak bisa masuk ke sistem Android. Maka dari itu, di Android Oreo, Google mengimplementasikan fitur Rescue Party, yang merupakan fitur tersembunyi di Android Oreo untuk mencegah boot loop terjadi pada perangkat pengguna.

Baca juga: Android P Developer Preview Akan Dirilis pada Pertengahan Maret

Ketika ada ancaman atau sistem Android menemukan adanya kerusakan pada sistem yang berpotensi pada terjadinya boot loop, maka, dengan Rescue Party, perangkat akan melakukan reboot ke Recovery Mode dan menyuruh pengguna untuk melakukan factory reset.

Catatan: List ini akan terus di-update ketika suatu fitur tersembunyi lainnya ditemukan seiring dengan berjalannya waktu. Jika kalian menemukan fitur tersembunyi di Android Oreo lainnya, jangan sungkan untuk membagikannya melalui kolom komentar di bawah.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Facebook Menguping Pesan Suara di Messenger

Facebook selama ini telah membayar orang atau kontraktor untuk menguping percakapan pengguna di Messenger, dengan mentranskrip audio dari pesan suara. Menurut laporan dari Bloomberg,...

4 Emulator SNES Terbaik di Android

SNES, atau Super Nintendo Entertainment System, adalah salah satu konsol klasik terbaik yang pernah ada. Mario, Zelda, Mario Kart, dan Metroit adalah sebagian dari...

Automattic, Pemilik WordPress, Beli Tumblr dari Verizon

Menurut laporan dari The Wall Street Journal, Verizon resmi menjual Tumblr ke Automattic Inc. Ketentuan dari kesepakatan pembelian ini dirahasiakan, namun jumlahnya 'lebih kecil'...