WhatsApp Merilis Fitur One-way Messaging untuk Group Chat

Fitur baru yang hanya memungkinkan admin untuk mengirim pesan; ditujukan untuk obrolan grup yang fungsional.

Home Development WhatsApp Merilis Fitur One-way Messaging untuk Group Chat

WhatsApp akhir-akhir ini meluncurkan pembaruan baru yang dikenal dengan fitur one-way messaging untuk group chat. Pada dasarnya, fitur ini memungkinkan grup obrolan dapat diatur sehingga hanya admin yang disetujui yang dapat mengirim pesan ke grup tersebut. Fitur ini diharapkan dapat membuat obrolan grup menjadi lebih fungsional. Pasalnya, opsi ini membantu mencegah hilangnya informasi penting di suatu obrolan grup karena banyaknya pesan yang diterima dari anggota.

Fitur One-way Messaging untuk Group Chat

Obrolan grup di WhatsApp merupakan salah satu fitur yang sangat esensial dalam aplikasi messenger ini. Selain untuk diskusi, WhatsApp juga mengakui bahwa fitur grup juga digunakan oleh banyak orang untuk mendapatkan pengumuman dan informasi penting seperti pada organisasi dan komunitas. Oleh karena itu, mereka merilis fitur one-way messaging untuk group chat ini. WhatApp berharap, dengan adanya fitur ini, admin grup dapat mencegah suatu anggota membanjiri anggota lain dengan pesan spam atau pesan yang mungkin tidak relevan dengan tujuan grup.

Baca juga: Menonton Video YouTube Langsung dari Chat WhatsApp

Berikut adalah pernyataan WhatsApp mengenai fitur ini yang dikutip langsung dari sebuah artikel blog perusahaan tersebut:

Salah satu fungsi dari obrolan grup adalah untuk menerima pengumuman dan informasi penting, termasuk orang tua dan guru di sekolah, pusat komunitas, dan organisasi nirlaba. Kami telah memperkenalkan fitur baru ini sehingga admin dapat memiliki opsi yang lebih baik untuk kasus penggunaan obrolan grup ini.

Telegram, yang merupakan pesaing WhatsApp, sudah memiliki fitur ini sejak 2015 lalu. Di Telegram, pengguna dapat menjadi anggota dari sebuah grup atau channel. Grup digunakan untuk percakapan di mana setiap anggota dapat berkontribusi, sementara channel hanya dimaksudkan untuk one-way messaging (pesan satu arah).

Fitur ini sudah dapat dijalankan di versi terbaru WhatsApp yang dapat diunduh melalui PlayStore untuk pengguna Android; dan App Store untuk pengguna iOS. Pengguna dapat mengaktifkan fitur ini melalui Group Info pada grup obrolan yang diinginkan. Setelah itu, pilih Group Settings > Send Messages dan pilih Only Admins.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Pandora Luncurkan Aplikasi untuk Mac

Pandora, platform streaming musik dan radio, akhirnya meluncurkan aplikasi native untuk desktop yang saat ini hanya tersedia bagi pengguna Mac, dengan dukungan untuk Windows...

Glass Enterprise 2: Perangkat AR Terbaru dari Google

Google telah merilis perangkat AR terbaru mereka yang diberi nama Glass Enterprise Edition 2. Perangkat ini merupakan perangkat kacamata pintar, dan merupakan penerus dari...

Versi Pratinjau Microsoft Edge Tersedia untuk Mac

Pertama kali diumumkan pada Desember kemarin, dan sempat dipamerkan melalui acara Microsoft Build 2019 beberapa minggu lalu, Microsoft kini resmi merilis versi pratinjau dari...