Microsoft Akan Menghadirkan Fitur Kartu SIM untuk Laptop Windows 10

Home Development Microsoft Akan Menghadirkan Fitur Kartu SIM untuk Laptop Windows 10

-

Pembaruan (update) utama yang selanjutnya untuk Windows 10 akan memberikan fungsionalitas manajemen daya yang lebih baik. Hal ini diharapkan akan meningkatkan masa pakai baterai untuk laptop yang menggunakan OS buatan Microsoft tersebut. Selain itu juga, Microsoft akan memberikan support dalam menghadirkan fitur kartu SIM untuk laptop Windows 10. Support untuk fitur ini diklaim Microsoft dapat memberikan mobilitas yang lebih untuk pengguna, di mana pengguna dapat menggunakan layanan data seluler di laptop mereka.

Fitur Kartu SIM untuk Laptop Windows 10

Inisiatif yang dilakukan Microsoft ini didukung kuat oleh terobosan terbaru dari Qualcomm yang menghadirkan laptop dengan chipset Snapdragon 835 yang didukung teknologi LTE. Laptop-laptop ini dijuluki Always Connected PCs, yang mengutamakan daya baterai dan konektivitas yang tinggi. Maka dari itu, Microsoft akan memberikan dukungan (support) dalam menghadirkan fitur kartu SIM untuk laptop Windows 10 di masa mendatang. Support untuk fitur ini akan berlaku untuk laptop yang sudah dilengkapi dengan bundel kartu SIM atau yang sudah mempunyai slot untuk kartu SIM tersebut.

Baca juga: Qualcomm Merilis Daftar Laptop Yang Menggunakan Prosesor Snapdragon

Selain untuk menghadirkan support untuk fitur kartu SIM, update Windows 10 yang berikutnya ini juga akan memperkenalkan teknologi eSIM. Dikutip dari ZDNet, rumor ini berasal dari slide presentasi di sebuah workshop WinHEC yang berlangsung di Taipei. Kartu eSIM adalah kartu SIM yang disematkan yang sudah terpasang pada perangkat (onboard SIM card). Jadi, kita tidak perlu menggunakan kartu SIM yang terbuat dari plastik yang biasa kita gunakan di smartphone atau modem.

Fitur Kartu SIM untuk Laptop Windows 10
© Microsoft

Dengan eSIM, ada setidaknya beberapa keuntungan yang akan didapatkan oleh pengguna. Salah satunya adalah keamanan. Dengan eSIM, dikutip dari Digital Trends, keamanan trafik pengguna di internet akan lebih aman dibanding menggunakan Wi-Fi. Kedua, eSIM akan mengkonsumsi daya baterei yang jauh lebih sedikit daripada saat menggunakan Wi-Fi. Keuntungan-keuntungan seperti inilah nantinya yang akan menjadi nilai jual Microsoft.

Baca juga: Fitur Lengkap dan Unggulan dari Snapdragon 845

Support dari fitur-fitur ini akan dihadirkan Microsoft dalam update Windows 10 berikutnya yang diberi nama Redstone 4. Update ini akan dirilis Microsoft pada bulan April tahun 2018 mendatang tidak lama setelah tanggal rilis dari Always Connected PCs tadi.

Pertanyaannya adalah, apakah teknologi eSIM ini nantinya akan menggantikan peran Wi-Fi sebagai koneksi jaringan utama di laptop.

SumberZDNet

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Valve Rilis Aplikasi Steam Chat di iOS dan Android

Valve resmi merilis aplikasi Steam Chat untuk perangkat iOS dan Android. Aplikasi native ini dirancang khusus untuk memudahkan pengguna berkomunikasi dengan pengguna lain yang...

Adobe Premiere Rush Resmi Tersedia di Android

Telah lama dinanti, Adobe kini resmi merilis Premiere Rush untuk perangkat Android. Sebelumnya, Premiere Rush, aplikasi edit video yang dikhususkan untuk content creator, dirilis...

Windows 10 ‘May 2019 Update’ Resmi Tersedia

Microsoft merilis Windows 10 May 2019 Update beberapa hari lalu untuk semua pengguna. Sebelumnya, update ini pertama kali dirilis melalui jalur Release Preview untuk...