Fitur-Fitur Baru dan Unggulan Dari Firefox Quantum

Home Development Fitur-Fitur Baru dan Unggulan Dari Firefox Quantum

-

Versi baru browser Mozilla, dengan nama Quantum, atau Firefox 57, telah diluncurkan dan tersedia untuk berbagai platform. Quantum diklaim memiliki kecepatan browsing yang dua kali lebih cepat dan mengkonsumsi memori (RAM) yang jauh lebih sedikit daripada Google Chrome. List di bawah adalah beberapa fitur-fitur baru dan unggulan dari Firefox Quantum.

Dalam sembilan tahun terakhir, kecepatan dan kesederhanaan Google Chrome membuat sebagian besar dari kita beralih dari browser apa pun yang pernah kita gunakan sebelumnya ke browser besutan Google tersebut. Dengan perombakan baru dan beberapa penyederhanaan, Firefox berharap bisa kembali bersaing di pasaran web browser tercepat dengan performa baik. Berikut adalah 4 fitur-fitur baru dan unggulan dari Firefox Quantum.

Fitur-Fitur Baru dan Unggulan Dari Firefox Quantum

1. Lebih Cepat

Fitur-Fitur Baru dan Unggulan Dari Firefox Quantum

Firefox Quantum terasa lebih cepat. Suatu halaman web dapat dimuat dalam sekejap, bahkan pada saat sedang membuka sekumpulan tab dan menjalankan aplikasi online interaktif, seperti map dan web-based game. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membuka halaman sampai fitur responsiveness ketika kalian mengetik URL di address bar, terlihat jelas peningkatan kecepatannya.

Kecepatan ini diperoleh berkat engine rendering web baru Firefox, yang juga disebut Quantum. Pembaruan ini menggantikan engine Gecko yang dijalankan di versi Firefox sebelumnya. Engine ini dioptimalkan agar Quantum dapat bekerja lebih baik di hardware keluaran terbaru. Engine ini juga memungkinkan Firefox untuk menggunakan lebih dari 1 core dalam membagi prosesnya yang sedang berjalan.

2. Terlihat Lebih Menawan

Fitur-Fitur Baru dan Unggulan Dari Firefox Quantum

Selain peningkatan kinerja, desain Firefox juga mendapatkan upgrade. Tampilannya lebih bersih dan lebih modern daripada versi Firefox biasa yang pernah kita gunakan sebelumnya.

Firefox akhirnya terlihat seperti browser yang layak dirilis pada tahun 2017. Kotak-kotak dan ikon di dalam browser telah dibuat lebih jernih dan sisi yang kasar telah diper-indah. Tema default menawarkan kontras yang bagus antara tab aktif dan tab lain yang sedang dibuka. Lebih menariknya, Quantum tema default juga menawarkan dua pilihan warna: light dan dark.

Halaman Options mendapat sedikit perbaikan juga, meski terlihat hampir sama dengan yang ada di versi-versi sebelumnya. Penataan menunya menjadi lebih jelas, bagus, dan minimal. Lebih lagi, halaman Ekstensi dan Tema juga menerapkan style yang sama.

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa lakukan untuk mengubah tampilan suatu browser, namun Quantum membawa pengalaman baru terhadap penggunanya dengan tampilan elegan dan sederhana-nya.

3. Lebih Efisien

Fitur-Fitur Baru dan Unggulan Dari Firefox Quantum

 

Di samping kinerja cepatnya dan kemewahan tampiliannya, Quantum juga browser yang mementingkan efisiensi. Sebagai contoh, kalian bisa menggabungkan address bar dan kotak pencarian menjadi satu.

Untuk akses yang lebih mudah, fitur Bookmark, History, Downloads, dan komponen utama lainnya dijadikan menjadi satu di balik tombol Library. Secara keseluruhan, sistem antarmuka-nya menyajikan kelengkapan fitur dengan akses yang lebih mudah.

Lebih bagusnya lagi, tombol-tombol dan menu-menu di browser menjadi lebih besar dan lebih tebal jika Quantum dibuka menggunakan PC Windows berbasis touchscreen.

4. Banyak Fitur Bonus Lainnya

Fitur-Fitur Baru dan Unggulan Dari Firefox Quantum

Ada banyak sekali tambahan kecil, namun sejauh ini yang paling keren adalah alat screenshot baru yang bisa diakses langsung dari address bar. Fitur ini sangat berguna jika kalian ingin mengambil screenshot suatu halaman web. Fitur ini juga memberi kebebasan cropping. Artinya, kalian tidak diharuskan untuk mengambil screenshot penuh dari halaman web tersebut.

Fitur-fitur baru dan unggulan dari Firefox Quantum di atas adalah beberapa contoh perbaikan penting Firefox yang patut disorot. Untuk mendapatkannya fitur-fitur baru dan unggulan dari Firefox Quantum tersebut, update-lah versi Firefox kalian ke versi terbaru. Kalian juga bisa meng-unduhnya langsung melalui website resmi Mozilla.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Valve Rilis Aplikasi Steam Chat di iOS dan Android

Valve resmi merilis aplikasi Steam Chat untuk perangkat iOS dan Android. Aplikasi native ini dirancang khusus untuk memudahkan pengguna berkomunikasi dengan pengguna lain yang...

Adobe Premiere Rush Resmi Tersedia di Android

Telah lama dinanti, Adobe kini resmi merilis Premiere Rush untuk perangkat Android. Sebelumnya, Premiere Rush, aplikasi edit video yang dikhususkan untuk content creator, dirilis...

Windows 10 ‘May 2019 Update’ Resmi Tersedia

Microsoft merilis Windows 10 May 2019 Update beberapa hari lalu untuk semua pengguna. Sebelumnya, update ini pertama kali dirilis melalui jalur Release Preview untuk...