• Buletin

Fitur Baru dan Keunggulan dari Firefox Quantum

Selain performa yang lebih cepat, Firefox Quantum juga menawarkan pengalaman penggunaan yang lebih baik dengan antarmuka baru yang elegan dan keren.

Pilihan

9 Distro Linux Terbaik

Linux merupakan sistem operasi (OS) yang bersifat open source, dan telah digunakan oleh banyak pengguna dari berbagai penjuru negara....

Windows OEM dan Perbedaannya dengan Versi Retail

Dua versi Windows yang paling dikenal oleh banyak pengguna adalah Windows OEM dan Windows Retail. Keduanya merupakan produk orisinil...

Facebook Luncurkan Layanan Kencan ‘Facebook Dating’

Facebook resmi meluncurkan layanan kencan mereka, "Facebook Dating." Dimumkan pada acara F8 tahun lalu, Facebook Dating tersedia mulai hari...

iPhone 11 Pro dan Pro Max Hadir dengan Tiga Kamera

Selain iPhone 11, Apple hari ini juga mengumumkan dua model ponsel termahalnya untuk tahun 2019 ini. iPhone 11 Pro...

Firefox Quantum, atau Firefox 57, telah diluncurkan dan tersedia untuk berbagai perangkat. Peramban ini diklam memiliki kecepatan berselancar dua kali lebih cepat dibandingkan dengan versi sebelumnya. Firefox Quantum juga merupakan upaya dari Mozilla untuk memberikan persaingan terhadap Google Chrome, yang kian menarik perhatian banyak pengguna.

Di kurun waktu sembilan tahun terakhir, banyak mengklaim jika kecepatan dan kesederhanaan yang ditawarkan Google Chrome membuat sebagian besar pengguna beralih untuk menggunakannya. Dengan perombakan baru dan beberapa penyederhanaan pada Firefox Quantum, Mozilla ingin kembali bersaing untuk menghadirkan peramban tercepat dengan performa yang bisa diandalkan.

Maka dari itu, selain meningkatkan performa, Mozilla juga harus membuat Firefox Quantum berbeda dengan versi sebelumnya. Berikut sudah saya rangkum beberapa fitur-fitur baru dan keunggulan yang ditawarkan Firefox Quantum.

1. Lebih cepat

IKLAN

Firefox Quantum terasa lebih cepat. Suatu halaman situs web dapat dimuat dalam sekejap, bahkan pada saat sedang membuka beberapa tab sekaligus dan menjalankan aplikasi online interaktif, seperti peta maupun permainan berbasis web. Kecepatannya bahkan sudah terlihat jelas ketika sedang mengetikkan alamat situs di address bar.

Fitur Baru Keunggulan Firefox Quantum
Kredit gambar: Naufal H. Rabbani / Koalakontent

Kecepatan ini diperoleh berkat engine baru yang digunakan, yang ternyata juga memiliki nama Quantum. Engine baru ini menggantikan Gecko yang digunakan di versi Firefox sebelumnya. Untuk memperoleh kecepatan yang maksimal, Quantum dioptimalkan agar dapat bekerja lebih baik di perangkat keras keluaran terbaru. Quantum juga memungkinkan Firefox untuk menggunakan lebih dari 1 core ketika menyongsong proses yang sedang berjalan.

2. Tampilan baru yang lebih elegan

Selain peningkatan performa, desain Firefox juga mendapatkan peningkatan. Desain baru memiliki antarmuka yang lebih bersih dan lebih modern jika dibandingkan dengan versi Firefox sebelumnya; elegan dan sederhana, terasa layak untuk perangkat lunak yang dirilis di tahun 2017-an ini.

Fitur Baru Keunggulan Firefox Quantum
Kredit gambar: Naufal H. Rabbani / Koalakontent

Melalui desain baru, halaman Options memperoleh sedikit perbaikan, meski terlihat hampir sama dengan yang ada di versi sebelumnya. Penataan menu juga menjadi lebih jelas, bagus, dan bersifat minimalistik. Selain itu, halaman Extensions dan Themes juga menerapkan gaya yang sama.

Tema bawaan Firefox Quantum, secara spesifik, memiliki kontras yang bagus, yang dapat membedakan antara tab aktif dan tab lainnya yang sedang dibuka. Menariknya lagi, tema bawaan ini juga menawarkan dua pilihan warna: yaitu Light dan Dark.

3. Lebih Efisien

Di samping performa cepat dan tampilan elegan, Firefox Quantum juga mementingkan efisiensi. Sebagai contoh, pengguna kini bisa menggabungkan kotak alamat dan kotak pencarian menjadi satu, seperti yang ada di Google Chrome. Selain itu, untuk akses yang lebih mudah, halaman Bookmark, History, Downloads, dan halaman utama lainnya digabung menjadi satu, dan semuanya dapat diakses melalui menu Library.

Fitur Baru Keunggulan Firefox Quantum
Kredit gambar: Naufal H. Rabbani / Koalakontent

Secara keseluruhan, sistem antarmukanya menyajikan kelengkapan fitur dengan akses yang lebih mudah. Lebih bagusnya lagi, tombol-tombol dan menu-menu di Firefox Quantum dapat menjadi lebih besar dan lebih tebal jika dibuka menggunakan PC Windows berbasis layar sentuh.

4. Banyak Fitur Bonus Lainnya

Ada banyak sekali tambahan kecil, namun sejauh ini yang paling keren adalah alat baru untuk membuat tangkapan layar, yang bisa diakses langsung dari kotak alamat. Fitur ini sangat berguna jika pengguna ingin mengambil tangkapan layar dari suatu halaman situs web. Alat ini juga menyediakan fitur untuk memotong hasil dari tangkapan layar tersebut.

Fitur Baru Keunggulan Firefox Quantum
Kredit gambar: Naufal H. Rabbani / Koalakontent

Selain keempat fitur dan keunggulan baru di atas, Firefox Quantum juga memiliki beberapa keistimewaan menarik lainnya yang tidak sempat tertulis di artikel ini. Pengguna, jika tertarik, dapat mencoba dengan mengunduhnya langsung melalui halaman resmi berikut.

Pembaruan 22/09/2019: Perubahan judul dari yang semula “Fitur-fitur Baru dan Unggulan dari Firefox Quantum,” penyesuaian gambar unggulan, dan penambahan anak judul.

IKLAN

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

5 Aplikasi Keyboard Terbaik di Android

Aplikasi keyboard, atau papan tik, merupakan salah satu komponen penting, dan biasanya, semua ponsel sudah memilikinya sebagai salah satu...

Discord Segera Tutup Katalog ‘Nitro Games’

Discord mengumumkan jika akan menutup layanan Nitro Games, yang menyediakan akses terhadap beberapa gim gratis. Layanan ini merupakan salah satu keuntungan dari berlangganan layanan...

Aplikasi Slack di Desktop Dapatkan Mode Gelap

Slack, melalui sebuah artikel blognya, mengumumkan jika telah merilis 'mode gelap' untuk aplikasinya di desktop, termasuk Windows, Mac, dan Linux. Slack untuk perangkat mobile,...

Firefox Uji Coba Layanan VPN Gratis

Mozilla baru saja meluncurkan layanan VPN gratis miliknya, yang dapat diakses melalui peramban Firefox. Dinamai Firefox Private Network, layanan ini merupakan bagian dari program...