Fitur-fitur Baru dan Menarik di Android Q

Mulai dari peningkatan privasi terhadap data lokasi pengguna, beberapa dukungan untuk ponsel lipat, API baru untuk Pengaturan, dan menu sharing yang ditingkatkan, fitur-fitur baru ini sangat patut untuk dicoba.

Home Development Fitur-fitur Baru dan Menarik di Android Q

-

Beberapa hari yang lalu, Android Q mulai diperkenalkan Google kepada pengguna dengan merilis program beta dari pembaruan OS ini. Pembaruan tersebut memperkenalkan sejumlah fitur-fitur baru dan menarik di Android Q yang membuatnya berbeda dengan OS versi sebelumnya. Untuk versi final, Google kemungkinan akan merilisnya untuk konsumen pada bulan Agustus mendatang; jika tren perilisan OS Android terbaru oleh Google dari tahun-tahun sebelumnya terus berlanjut di tahun ini.

Meskipun sudah tersedia, saya tidak ingin merekomendasikan pengguna untuk mengunduh dan mencoba versi beta ini. Selain tidak stabil, layaknya versi beta, ada banyak sekali bug di dalamnya yang mungkin dapat membuat ponsel pengguna tidak dapat berfungsi dengan baik. Namun, jika pengguna mempunyai sebuah ponsel Pixel nganggur dan tidak dipakai untuk kegiatan sehari-hari, Android Q beta ini patut dicoba.

Dikutip dari The Verge, dilihat dari versi beta ini, fitur-fitur di Android Q sepertinya akan meliputi opsi keamanan yang lebih ketat pada pengaturan privasi dan lokasi pengguna; persiapan fitur-fitur dan integrasi untuk ponsel lipat; dan beberapa perbaikan dari Android sebelumnya untuk pengalaman pengguna yang lebih baik. Selangkapnya, berikut adalah fitur-fitur baru dan menarik di Android Q yang dapat dicoba melalui pembaruan pertama versi beta ini:

Fitur-fitur Baru dan Menarik di Android Q

Kendali terhadap data lokasi pengguna

Fitur-fitur Baru dan Menarik di Android
Kredit gambar: Chris Welch / The Verge

Dengan fitur dan opsi baru ini, sebuah aplikasi, jika diizinkan, hanya dapat mengakses lokasi pengguna ketika aplikasi tersebut sedang digunakan. Sebelumnya, sebuah aplikasi dapat mengakses lokasi pengguna bahkan ketika aplikasi tersebut tidak sedang digunakan, atau sedang berjalan di latar belakang. Di Android Q, Google memperbaikinya untuk meningkatkan fitur keamanan dan privasi pengguna.

Dark mode (secara teknis)

Secara teknis, fitur dark mode hadir di Android Q versi beta ini. Namun, Google masih belum menambahkan opsi untuk mengaktifkannya. Sejauh ini, pengguna dapat mencoba dark mode di Android Q dengan mengaktifkan fitur battery saver mode, yang nantinya akan merubah latar belakang ponsel dari putih menjadi hitam gelap.

Namun, sepertinya namanya, battery saver mode berguna untuk memperlama daya tahan batarai ponsel; salah satunya adalah dengan cara memberhentikan beberapa proses aplikasi yang sedang berjalan. Jadi, pengguna tidak akan mendapatkan pengalaman maksimal ketika mengaktifkannya. Saya berharap, fitur dark mode benar-benar sedang digarap Google, dan dapat kita gunakan ketika Android Q dirilis dalam beberapa bulan ke depan.

Artikel terkait: Android Q Developer Beta Telah Tersedia

Pengaturan yang lebih fleksibel

Melalui API baru untuk Pengaturan, pengguna tidak perlu lagi repot-repot membuka Pengaturan jika sebuah aplikasi ingin mengakses fitur dari ponsel kita—seperti koneksi data, lokasi, atau konseki Bluetooth. Di Android Q, pengguna dapat langsung mengaktifkan akses dari fitur-fitur tersebut melalui menu toggle yang telah disediakan.

Sisa masa pakai baterai di notifikasi

Fitur-fitur Baru dan Menarik di Android
Kredit gambar: Chris Welch / The Verge

Di Android Q, pengguna dapat dengan cepat melihat seberapa lama baterai ponsel akan bertahan. Pengguna dapat melakukannya dengan menurunkan menu pengaturan cepat di Android Q, di mana ikon persentase baterai nantinya akan berubah ke estimasi waktu daya tahan baterai. Namun, biasanya estimasi ini sangat bergantung pada bagaimana pengguna menggunakan ponsel.

Font Product Sans dari Google

Font default yang sekarang digunakan pada sistem Android Q adalah Product Sans dari Google. Font ini sebenarnya telah dikenalkan Google melalui Android Pie, namun hanya pada beberapa menu saja. Namun, di Android Q, font ini sudah digunakan di hampir semua menu dan titik di Android Q.

UX yang lebih beragam dan kustomisasi tema

Fitur-fitur Baru dan Menarik di Android
Kredit gambar: Chris Welch / The Verge

Jika pengguna mengaktifkan opsi pengembang (Developer options) di Android Q beta ini, maka pengguna akan dapat merubah font default dan warna aksen yang digunakan di OS Android ini—ada empat pilihan.

Notch di screenshot

Fitur-fitur Baru dan Menarik di Android
Kredit gambar: Chris Welch / The Verge

Tidak seperti ponsel dengan notch lainnya yang tidak menyertakan notch dalam tangkapan layar (screenshot), Google tampaknya ingin tampil beda dengan Android Q. Sejauh ini, tidak ada opsi untuk menghilangkan representasi visual dari notch tersebut. Saya berharap Google memutuskan untuk membuatnya, karena menurut saya hasil tangkapan dari Pixel 3 XL di atas terlihat aneh dan mengurangi nilai estetika dari tangkapan layar tersebut.

Menu sharing yang tampil lebih cepat

Di Android sebelumnya, menu berbagi (sharing) sangat lambat sekali untuk dapat tampil; hal ini pernah membuat saya kesal dan membatalkan niat saya untuk membagikan sesuatu di sosial media. Di Android Q, pengguna dapat mengatur aplikasi mana yang sering digunakan untuk berbagi, daripada harus menunggu semua aplikasi yang terpasang di ponsel muncul di menu berbagi.

Menu emergency pada tombol power

Pada Android Q, Google menambahkan menu emergency ketika pengguna menekan sambil menahan tombol power di Google Pixel. Hal ini bertujuan agar pengguna dapat mengakses layanan emergency dengan lebih cepat dan efisien. Sebagai informasi, fitur yang hampir sama telah diterapkan Samsung pada Samsung Experience 9.0 yang menjalankan Android Oreo.

Membagikan detail Wi-Fi melalui kode QR

Versi beta pertama dari Android ini memungkinkan pengguna untuk membagikan kredensial jaringan Wi-Fi, seperti password dan SSID, dalam bentuk kode QR. Jadi, pengguna lain dapat mengakses Wi-Fi yang telah kita akses hanya dengan memindai kode QR yang telah disediakan. Sebagai informasi lagi, fitur yang hampir sama telah ada di hampir semua ponsel Xiaomi yang menjalankan MIUI.

Dari semua fitur-fitur baru yang ditawarkan di Android Q, dark mode dan kustomisasi tema menurut saya adalah yang paling menarik. Dark mode kini telah menjadi tren yang banyak diminta pengguna agar diterapkan di suatu aplikasi; sedangkan kustomusasi tema akan membuat pengalaman menggunakan ponsel Pixel lebih menyenangkan. Saya tidak sabar menunggu versi final dari Android Q ini.

Informasi: daftar fitur-fitur baru dan menarik dari Android Q di atas akan terus diperbarui seiring dengan pembaruan versi beta dari Android Q yang akan dirilis Google sampai dengan versi final pada bulan Agustus mendatang. Terakhir diperbarui: 15/3/2019.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Valve Rilis Aplikasi Steam Chat di iOS dan Android

Valve resmi merilis aplikasi Steam Chat untuk perangkat iOS dan Android. Aplikasi native ini dirancang khusus untuk memudahkan pengguna berkomunikasi dengan pengguna lain yang...

Adobe Premiere Rush Resmi Tersedia di Android

Telah lama dinanti, Adobe kini resmi merilis Premiere Rush untuk perangkat Android. Sebelumnya, Premiere Rush, aplikasi edit video yang dikhususkan untuk content creator, dirilis...

Windows 10 ‘May 2019 Update’ Resmi Tersedia

Microsoft merilis Windows 10 May 2019 Update beberapa hari lalu untuk semua pengguna. Sebelumnya, update ini pertama kali dirilis melalui jalur Release Preview untuk...