Firefox Quantum: Versi Terbaru Mozilla Firefox

Home Development Firefox Quantum: Versi Terbaru Mozilla Firefox

-

Mozilla Quantum adalah browser versi terbaru Mozilla Firefox. Browser baru ini dibangun menggunakan engine baru dan teknologi yang paling baru dari sebelumnya. Diklaim Mozilla, browser ini adalah browser paling cepat yang pernah dirilis oleh mereka. Kecepatannya mencapai 6X lebih cepat dari versi Firefox yang dirilis 6 bulan lalu. Tidak ganya engine baru, browser ini juga membawa tampilan baru dari versi sebelumnya.

Apa saja yang baru di versi terbaru Mozilla Firefox: Quantum?

Update versi terbaru ini merupakan update terbesar yang dilakukan Firefox semenjak rilisnya Firefox 1.0 di tahun 2004. Diklaim sebagai update terbesar, versi terbaru Mozilla Firefox ini diklaim sebagai browser terbaik yang pernah dirilis Mozilla.

Performa dan UI dari Frefox Quantum

Soal performa, Firefox Quantum juga melebihi performa Google Chrome dalam browser speed test battle. Poin penjualan terbesar dari Quantum versus Chrome adalah penggunaan RAM yang lebih kecil – sesuatu yang telah berulang kali dikritik Google selama bertahun-tahun. PC kalian akan memakan memori yang lebih sedikit jika menggunaka Quantum dibandingkan menggunakan Chrome. Jadi, Firefox mengklaim jika Quantum ini memiliki performa yang lebih baik dibandingkan dengan Google Chrome. Meski begitu, Firefox menggunakan Google sebagai mesin pencari default untuk Quantum di area AS, Kanada, Hong Kong, dan Taiwan. Selama bertahun-tahun, Firefox menggunakan Yahoo sebagai mesin pencari default, meski juga menawarkan Google dan Bing sebagai pilihan alternatif.

Firefox Quantum Versi Terbaru Mozilla Firefox
Credit: The Mozilla Blog

Selain performa yang lebih baik, versi terbaru Mozilla Firefox ini mempunyai tampilan (UI) yang baru. Firefox menyebut UI baru mereka dengan sebutan Photon. UI ini didesign untuk memodernisasi dan mengentalkan karakteristik Firefox sambil memadukannya dengan fast engine baru mereka. Firefox mengklaim jika Photon ini memiliki tampilan yang fast dan smooth, spesifikasi yang diidamkan semua pengguna.

Salah satu fitur yang menarik dari Firefox Quantum ini adalah adanya pilihan untuk memodifikasi toolbar sesuai selera. Firefox Quantum juga menyertakan rekomendasi dari Pocket tentang situs apa yang ingin ditelusuri di setiap tab baru. Untuk fitur Private Mode, tidak ada perubahan dari versi sebelumnya, yang ditunjukkan dengan simbol topeng berwarna ungu. Sebagai tambahan, Night Mode dan fitur lainnya juga tersedia secara gratis sebagai add-on Firefox.

Di balik pembuatan Firefox Quantum

Quantum adalah sebuah open project yang terbuka bagi sukarelawan, dengan sekitar 700 penulis berkontribusi terhadap penulisan kode dari Quantum. Selain itu, Quantum melibatkan 80 sukarelawan untuk membangun kode tersebut. Untuk lama pembuatan, Firefox menyelsaikan proyek ini dalam waktu setahun.

Firefox Quantum kini tersedia untuk didownload untuk berbagai platform: web, Andorid, dan iOS.

 

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Valve Rilis Aplikasi Steam Chat di iOS dan Android

Valve resmi merilis aplikasi Steam Chat untuk perangkat iOS dan Android. Aplikasi native ini dirancang khusus untuk memudahkan pengguna berkomunikasi dengan pengguna lain yang...

Adobe Premiere Rush Resmi Tersedia di Android

Telah lama dinanti, Adobe kini resmi merilis Premiere Rush untuk perangkat Android. Sebelumnya, Premiere Rush, aplikasi edit video yang dikhususkan untuk content creator, dirilis...

Windows 10 ‘May 2019 Update’ Resmi Tersedia

Microsoft merilis Windows 10 May 2019 Update beberapa hari lalu untuk semua pengguna. Sebelumnya, update ini pertama kali dirilis melalui jalur Release Preview untuk...