Firefox Akan Menandai Situs Web Yang Pernah Diretas

Firefox rupanya cukup perhatian terhadap keamanan penggunanya. Browser web dari Mozilla ini akan segera memperingatkan pengguna jika situs web yang sedang atau akan mereka kunjungi pernah menjadi korban peretasan (hacking).

Home Development Firefox Akan Menandai Situs Web Yang Pernah Diretas

-

Firefox sedang berada di atas angin setelah baru saja merilis browser Firefox Quantum yang mereka klaim lebih cepat dan lebih ringan dari browser-browser sebelumnya. Saat ini mereka sedang membangun fitur baru yang akan disukai pengguna yang mengharapkan keamanan mereka tetap terjaga dan terlindungi. Firefox akan menandai situs web yang pernah diretas. Untuk itu, Firefox saat ini berkerja sama dengan Have I Been Pwned; sebuah situs populer yang dapat memeriksa email pengguna dan memberi tahu jika kredensial mereka telah dicuri oleh peretas (hacker).

Firefox Akan Menandai Situs Web Yang Pernah Diretas

Troy Hunt, pakar keamanan dari Have I Been Pwned, mengkonfirmasi kabar ini melalui halaman Twitter-nya. Dia men-tweet: “yes, we’re doing some awesome things with @mozilla and @haveibeenpwned.“. Pembaruan fitur ini masih dalam tahap awal, tapi kalian bisa mendownloadnya dari GitHub. Jika ingin mencobanya, kalian dapat melakukan kompilasi dan menambahkannya ke Firefox kalian. Perlu diingat juga bahwa jika ingin mencobanya, kalian harus menggunakan Firefox versi Developer Edition.

Add-on untuk fitur ini sepertinya masih cukup mendasar. Jika pengguna mengunjungi halaman situs web yang sudah diretas, maka pengguna akan diperingatkan dengan sebuah kalimat; yang bertuliskan seperti: “You visited hacked site blablabla.com”. Hal ini tidak akan mencegah pengguna untuk membuka website tersebut. Namun, hal ini akan memberi pengguna gagasan bahwa prosedur keamanan (security) dari situs web tersebut kurang optimal.

Troy Hunt bekera sama dengan Mozilla untuk pembuatan scriptnya (code), namun masih belum pasti terhadap apa yang benar-benar diinginkan Mozilla dari kolaborasi ini. Dikutip dari Engadget, Hunt mengakatan:

Firefox is just looking at which sites have been been breached and we’re discussing other ways of using the data in the futureThey’ve got a broad reach and surfacing this info via Firefox is a great way to get more exposure around data breaches.”

Situs yang diretas, di sisi lain, mungkin tidak terlalu senang dengan fitur yang baru ini. Pasalnya, fitur baru ini dapat membuat mereka malu tentang keamanan mereka yang sebelumnya sempat diretas. Namun, jika diterapkan dengan benar, fitur ini bisa memberikan layanan yang sangat bermanfaat bagi pengguna. Mereka akan menyadari bahwa mereka mungkin perlu mengganti kata sandinya dan tidak menggunakan kata sandi tersebut di kemudian hari. Sejauh ini, Hunt merasa senang karena banyaknya feedback yang positif terhadap fitur baru ini, yang di mana Firefox mkan menandai situs web yang pernah diretas.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Valve Rilis Aplikasi Steam Chat di iOS dan Android

Valve resmi merilis aplikasi Steam Chat untuk perangkat iOS dan Android. Aplikasi native ini dirancang khusus untuk memudahkan pengguna berkomunikasi dengan pengguna lain yang...

Adobe Premiere Rush Resmi Tersedia di Android

Telah lama dinanti, Adobe kini resmi merilis Premiere Rush untuk perangkat Android. Sebelumnya, Premiere Rush, aplikasi edit video yang dikhususkan untuk content creator, dirilis...

Windows 10 ‘May 2019 Update’ Resmi Tersedia

Microsoft merilis Windows 10 May 2019 Update beberapa hari lalu untuk semua pengguna. Sebelumnya, update ini pertama kali dirilis melalui jalur Release Preview untuk...