Firefox 63 Dirilis dengan Fitur Proteksi yang Lebih Aman

Home Development Firefox 63 Dirilis dengan Fitur Proteksi yang Lebih Aman

-

Mozilla hari ini meluncurkan Firefox 63 untuk Windows, Mac, Linux, dan Android. Firefox 63 dirilis dengan fitur proteksi yang lebih aman. Fitur proteksi ini sendiri didukung dengan teknologi Enhanced Tracking Protection dari Mozilla. Selain fitur proteksi, Firefox 63 juga dirilis dengan beberapa fitur dan hal lainnya, seperti peningkatan performa di Windows dan MacOS, search shortcut, dan fitur Picture-in-Picture di Android.

Firefox 63 Dirilis dengan Fitur Proteksi yang Lebih Aman

Firefox 63 untuk desktop kini tersedia untuk diunduh melalui situs resmi Firefox. Pengguna yang sudah mengunduh dan menginstall versi sebelumnya juga dapat memperbaruinya secara otomatis. Untuk pengguna Android, seperti biasa, Firefox 63 dapat diunduh melalui Google Play Store.

Firefox 63 di Windows, Mac, dan Linux

Firefox 63 untuk desktop dihadirkan dengan dukungan teknologi Enhanced Tracking Protection. Fitur ini merupakan fitur baru Mozilla untuk mengamankan privasi pengguna dari tracker yang diinstall di beberapa website. Untuk mengatahui lebih lanjut megenai fitur ini, berikut adalah beberapa fitur tracking protection yang telah dirilis Mozilla di versi Firefox sebelumnya.

Tracking Protection adalah fitur wajib untuk dimiliki browser

Di Firefox 42, Mozilla telah menambahkan fitur Tracking Protection pada mode Private Browsing di bulan November 2015 lalu. Fitur ini memblokir elemen situs web (iklan, pelacak analitik, dan tombol berbagi sosial) yang dapat melacak pengguna saat menjelajahi web. Pemblokiran yang dilakukan Firefox 42 didasarkan pada peraturan perlindungan terhadap tracking yang disusun oleh Disconnect, suatu startup anti-tracking.

Firefox 63 Dirilis dengan Fitur Proteksi yang Lebih Aman
Credit Mozilla

Dengan dirilisnya Firefox 57 (Firefox Quantum) pada bulan November 2017, Mozilla menambahkan opsi untuk mengaktifkan Tracking Protection di luar Provate Browsing. Tracking Protection di Quantum tidak diaktifkan secara default karena dapat menyebabkan kerusakan pada suatu situs web. Hal ini juga akan memotong aliran pendapatan dari situs web kecil dan content reator yang bergantung pada iklan pihak ketiga.

Artikel terkait: Firefox Quantum: Versi Terbaru Mozilla Firefox

Melalui Firefox 63, Mozilla akhirnya merilis Enhanced Tracking Protection, yang memblokir cookies dan akses storage dari tracker pihak ketiga. Fitur anti-tracking ini dirancang untuk menyempurnakan teknologi anti-tracking di versi sebelumnya, di mana fitur ini tidak akan merusak situs dan memengaruhi aliran pendapatan dari pemilik website. Hal ini dilakukan dengan mencegah tracker, yang sudah terdaftar di database Mozilla, untuk membuat setelan cookie pihak ketiga di browser.

Firefox 63 Dirilis dengan Fitur Proteksi yang Lebih Aman
Credit Mozilla

Selain fitur privasi anti-tracking, di Firefox 63, Mozilla juga memperkenalkan fitur search shortcut. Fitur ini menyematkan situs seperti Google dan Amazon pada halaman tab baru. Ketika pengguna mengeklik atau mengetuknya, pengguna dialihkan ke address bar Firefox, yang secara otomatis mengisi kata kunci yang bersangkutan, seperti @google atau @amazon, untuk memulai penelusuran. Dengan cara ini, penelusuran di suatu mesin pencari tertentu akan semakin mudah dilakukan. Namun, untuk saat ini, fitur ini hanya tersedia untuk pengguna di Amerika Serikat.

Firefox 63 di Android

Satu-satunya fitur baru yang dirilis Mozilla untuk Firefox di Android adalah mode picture-in-picture (Android Oreo dan di atasnya). Artinya, jika pengguna menonton video dalam layar penuh, dan ingin beralih dari Firefox, maka video yang sedang ditonton akan dipindahkan ke jendela baru yang mengambang.

Mozilla merilis versi baru Firefox setiap enam hingga delapan minggu, dan Firefox 64 saat ini dijadwalkan untuk dirilis pada pertengahan Desember.

SumberMozilla

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Valve Rilis Aplikasi Steam Chat di iOS dan Android

Valve resmi merilis aplikasi Steam Chat untuk perangkat iOS dan Android. Aplikasi native ini dirancang khusus untuk memudahkan pengguna berkomunikasi dengan pengguna lain yang...

Adobe Premiere Rush Resmi Tersedia di Android

Telah lama dinanti, Adobe kini resmi merilis Premiere Rush untuk perangkat Android. Sebelumnya, Premiere Rush, aplikasi edit video yang dikhususkan untuk content creator, dirilis...

Windows 10 ‘May 2019 Update’ Resmi Tersedia

Microsoft merilis Windows 10 May 2019 Update beberapa hari lalu untuk semua pengguna. Sebelumnya, update ini pertama kali dirilis melalui jalur Release Preview untuk...