Files Go: Aplikasi File Manager dari Google

Home Development Files Go: Aplikasi File Manager dari Google

-

Google Files Go – aplikasi file manager dari Google yang dapat membantu pengguna Android menghemat ruang penyimpanan; menemukan file dengan cepat; dan berbagi file secara offline dengan orang-orang terdekat, – telah dirilis dan tersedia secara global. Google juga mengumumkan serangkaian fitur dan aplikasi baru yang dikhususkan untuk penggunanya di India. Jadwal rilis ini bersamaan dengan rilisnya Android Oreo Go, sebuah versi Android ramah lingkungan untuk smartphone kelas bawah dengan RAM kurang dari 1GB.

Fitur Files Go: Aplikasi File Manager dari Google

Files Go juga akan berguna dan bermanfaat bagi pengguna yang saat ini menggunakan aplikasi File Manager pihak ketiga; yang biasanya berbayar atau berisi iklan. Aplikasi ini akan memberi pengguna akses langsung ke unduhan, file, aplikasi, gambar, video, audio, dan dokumen yang diterima. Files Go juga akan menawarkan saran untuk menghemat ruang penyimpanan. Dengan menggunakan teknologi yang canggih dari Google, aplikasi Files Go akan menyarankan file mana yang harus dihapus pengguna seperti cache yang tidak terpakai, aplikasi yang tidak terpakai, file duplikat, video beresolusi rendah, dan meme yang sudah tidak terpakai lagi. Yang terakhir, aplikasi ini juga akan menawarkan untuk memindahkan file ke kartu SD, jika Anda memilikinya.

Aplikasi File Manager dari Google
© Google Blog

Aplikasi ini juga banyak kegunaannya. Mirip dengan aplikasi AirDrop dari Apple, Files Go memungkinkan pengguna mentransfer file secara langsung antar smartphone (dengan kecepatan hingga 125Mbps) tanpa memerlukan data seluler. Dengan catatan, kedua smartphone tersebut telah ter-install Files Go. Saat mengaktifkan fitur ini, pengguna dapat menemukan perangkat lain melalui Bluetooth dan membuat hotspot WiFi untuk berbagi file. File yang ditransfer akan dienkripsi, dan dikirim dengan cepat (sampai 125 Mbps) dan gratis.

Salah satu fitur menarik lainnya adalah aplikasi ini juga dapat mengingatkan pengguna saat ruang penyimpanan hampir penuh dan menyarankan untuk melakukan back up file ke Drive, OneDrive, Dropbox, dan yang lainnya.

Sebelumnya, Google meluncurkan versi beta untuk aplikasi ini pada bulan November lalu. Files Go dirancang khusus untuk perangkat edisi Go. Namun, aplikasi ini dapat bekerja dengan baik di smartphone dengan Android 5.0 Lollipop atau di atasnya. Google mengatakan bahwa, rata-rata pengguna dapat menghemat sekitar 1GB ruang penyimpanan dengan menggunakan aplikasi ini.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Valve Rilis Aplikasi Steam Chat di iOS dan Android

Valve resmi merilis aplikasi Steam Chat untuk perangkat iOS dan Android. Aplikasi native ini dirancang khusus untuk memudahkan pengguna berkomunikasi dengan pengguna lain yang...

Adobe Premiere Rush Resmi Tersedia di Android

Telah lama dinanti, Adobe kini resmi merilis Premiere Rush untuk perangkat Android. Sebelumnya, Premiere Rush, aplikasi edit video yang dikhususkan untuk content creator, dirilis...

Windows 10 ‘May 2019 Update’ Resmi Tersedia

Microsoft merilis Windows 10 May 2019 Update beberapa hari lalu untuk semua pengguna. Sebelumnya, update ini pertama kali dirilis melalui jalur Release Preview untuk...